Beranda > Gaya Hidup > Lakukan 5 Hal Ini Kalau Kamu Mengalami Kecopetan saat Traveling

Lakukan 5 Hal Ini Kalau Kamu Mengalami Kecopetan saat Traveling

TUNAIKU
Lakukan 5 Hal Ini Kalau Kamu Mengalami Kecopetan saat Travelingwatermark

TUNAIKU.COM – Momen ketika saya kecopetan saat traveling terjadi dua tahun yang lalu, tepatnya saat mengunjungi tempat wisata di bilangan Jakarta Selatan. Waktu itu suasananya betul-betul ramai. Untung yang dicopet tidak banyak, coba kalau dokumen penting yang kena, bisa kelimpungan saya. Kalau kamu mengalami hal yang sama, coba lakukan lima hal ini sesegera mungkin.

 

Artikel terkait: Tips-Tips Traveling Cerdas

  1. Tips Traveling Bareng Pasangan yang Menjalani Long Distance Relationship
  2. 10 Tips buat Kamu yang Baru Pertama kali Traveling ke Luar Negeri Sendiri
  3. 10 Tips Antibangkrut Sepulang dari Traveling

 

1. Langsung urus dokumen pribadimu

Biasanya, ketika orang bepergian dokumen pribadi ditaruh di dalam dompet. Ironisnya, para pencopet itu selalu mengincar dompet. Alhasil, dokumen penting yang ada di dalamnya jadi ikut hilang. Iya kalau ketemu. Kalau tidak? Langsung saja pangkas usia traveling-mu, lalu sesegera mungkin pulang.

 

Jangan sampai dokumen penting itu disalahgunakan oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Beberapa dokumen penting, seperti SIM, STNK, dan KTP selalu menjadi dokumen vital dalam kehidupan warga negara Indonesia. Langkah urus dalam waktu cepat ini bertujuan agar status dokumen lama nonaktif dan digantikan punyamu yang baru.

2. Telepon orang terdekatmu yang berada di tempat tujuan

Syukur-syukur kalau ada yang kamu kenal tinggal di kota kamu traveling yang saat dompet atau barangmu kecopetan. Jadi kamu bisa langsung minta bantuan pada mereka karena rata-rata lebih tahu jalanan di daerah tersebut. Ketika kamu berhasil mengenali sedikit dari identitas pencopet, misal pergi ke arah mana, mereka bisa melacaknya dengan mudah.

 

Kalau toh tidak ditemukan, setidaknya orang terdekat bisa memberikan tempat untuk menginap. Syukur-syukur mereka memberi bantuan soal finansial. Tapi jangan terlalu berharap diberi bantuan lebih. Bila tak ada bantuan finansial, kamu toh bisa pinjam uang sama mereka. Minimal biaya untuk kepulanganmu nanti. Meski urung tak jadi jalan-jalan.

 

3. Lapor ke kepolisian setempat

Ketika kecopetan saat traveling baru terjadi, langsung laporkan saja kejadian itu ke kantor kepolisian. Tidak mengapa kalau E-KTP, SIM, dan dokumen penting lainnya ikut tercuri. Pihak kepolisian pasti memahami masalahmu. Sebelum melapor, pastikan kronologi kejadian yang kamu alami bisa diceritakan dengan runut.

 

Dokumen penting yang hilang, entah itu akibat lalai, kecopetan, dan sebagainya memang harus diproses lebih dulu di kantor kepolisian tempat dokumen hilang. Bukan di kantor kepolisian domisilimu. Ketika surat kehilangan dari kantor kepolisian sukses dibikin, fotokopi dulu untuk kepentingan pembuatan dokumen. Semisal SIM dan ATM.

 

4. Buru-buru blokir ATM

Rawan sekali kalau sampai ATM ikut dicopet. Apalagi kalau di dalam tabunganmu ada banyak uang. Kalau kamu menyimpan password lewat ingatan sih tidak apa-apa. Tapi masalahnya, kebanyakan orang tidak mau menghafal password dan lebih suka ditulis di kertas kecil. Malangnya, kertas tersebut berada dalam satu dompet bersama ATM.

 

Bayangkan apa yang akan terjadi kalau pencopet itu berhasil memasuki akun rekeningmu dan membawa semua atau sebagian uang yang ada. Rugi besar. Oleh karena itu, kamu buru-buru pulang saja setelah melapor kejadian ke kantor polisi. Bilang pada petugas bank agar memblokir kartu ATM lamamu. Baru dibuka setelah kamu memiliki ATM baru.

 

Artikel terkait: Pengen Liburan ke Jakarta? Ini Referensinya

  1. Danau di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Akhir Pekan Ini
  2. 5 Solusi Liburan Lebaran di Jakarta Buat yang Tidak Mudik
  3. Di Mana Wisata Alam Eksotis yang Dekat dari Jakarta? Berikut Daftarnya!

 

5. Teriak keras-keras dan histeris

Cara ini mungkin terkesan mendramatisasi, namun terbukti ampuh. Khususnya kalau kamu menyadari tindakan pencopet pada waktu yang sama. Orang-orang di lokasi kejadian pasti banyak yang bersimpati. Petugas keamanan akan langsung memburu si pencopet. Tapi kalau kamu seorang cowok, tidak ada salahnya mengejar sendiri sampai tertangkap.

 

Riskan memang kalau sampai mengejar pencopet sendiri. Soalnya para pencopet itu sering bergerombol dan membentuk jaringan. Ada baiknya kamu latihan bela diri dulu sebelum traveling ke mana-mana. Minimal untuk jaga diri dari kecopetan saat traveling. Kalau saya sih lebih suka pakai empat cara pertama, biar tidak ribet kasusnya. Anggap saja sedekah.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett