Beranda > Gaya Hidup > Tips Menuangkan Hobi Agar Dapat Meningkatkan Kreativitasmu

Tips Menuangkan Hobi Agar Dapat Meningkatkan Kreativitasmu

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Tips Menuangkan Hobi Agar Dapat Meningkatkan Kreativitasmuwatermark

TUNAIKU.COM – Walau punya segudang aktivitas, pastilah kamu memiliki hobi. Akan sangat membahagiakan kalau hobi tadi bisa dilakukan di tengah-tengah kesibukan. Apalagi kalau hobimu itu bisa meningkatkan kreativitas. Wah, betapa beruntungnya kamu!

 

Ngomongin masalah hobi, sebenarnya kamu bisa memilih apa yang harus dijadikan hobi. Saya sendiri memilih menulis sebagai hobi, sejak teman sepermainan saya waktu SMP menggeluti aktivitas ini. Setelah dicoba, lama-lama nyaman juga. Jadilah hobi ini bisa bertahan sampai sekarang. Saya sendiri merasa sejak menggeluti hobi ini daya kreativitas saya jadi meningkat.

 

Lalu, apakah hobi yang bisa meningkatkan kreativitas hanya menulis saja? Rasanya nggak. Ada banyak hobi di luar sana yang bisa meningkatkan kreativitasmu bahkan bisa jadi ladang penghasilanmu. Beberapa di antaranya adalah:

 

1. Menulis

Ini adalah hobi yang saya maksud tadi. Menulis itu pada dasarnya ada banyak jenis. Penulis fiksi maupun non fiksi. Jenis tulisan apapun bisa kamu coba. Namun, menurut saya, penulis fiksi seperti novel, puisi, bisa meningkatkan kreativitas dan daya imajinasimu lebih liar.

 

Arikel terkait: Hal-hal seputar dunia tulis-menulis

  1. Tips Memiliki Domain Blog Sendiri buat yang Ingin Menekuni Hobi Menulis
  2. Kesuksesan Nama-nama Berikut ini Ternyata 7 Media Massa untuk Publikasikan Tulisanmu
  3. Berawal dari Hobi Menulis Mereka

 

Selanjutnya, kamu bisa menjadi penulis buku. Kalau itu dirasa terlalu jauh dari angan-angan, kamu bisa kok memulainya dari jadi penulis di blog, alias menjadi blogger. Kamu juga bisa mendaftar pekerjaan sebagai penulis freelance di perusahaan. Kegiatan ini bisa menambah penghasilanmu, lho.

 

2. Bikin cover lagu

Dewasa ini, banyak yang suka bikin cover lagu dari penyanyi yang sudah terkenal. Dan karenanya, mereka pun ikutan terkenal. Apakah kamu juga memiliki ketertarikan di dunia musik? Kalau iya, cobalah untuk memainkan imajinasi dan kreativitasmu untuk membuat cover lagu. Selanjutnya, jangan biarkan cover-anmu hanya mengendap di album pribadi saja. Unggahlah di media sosial seperti Instagram dan YouTube.

 

3. YouTuber

Sebenarnya nggak harus bisa meng-cover lagu baru bisa diunggah di YouTube. Pada dasarnya, apa pun bisa kamu unggah di YouTube sehingga kamu bisa menjadi YouTuber. Kamu menyukai dunia make up? Buatlah review skin care dan kosmetik lalu unggah di YouTube. Kamu menyukai traveling? Buat videonya dan unggah di YouTube. Kamu suka bikin video lucu? Buatlah bersama teman-temanmu lalu unggah di YouTube. Ternyata menjadi YouTuber bisa dari bidang apa pun, ya!

 

4. Fotografi

Dewasa ini juga banyak yang memiliki hobi foto-foto. Mulai dari jalan-jalan, event, potret kehidupan sosial, dan bentuk apa pun bisa jadi objek seorang fotografer. Namun, apakah hasil foto tadi hanya cukup diendapkan pada folder komputer? Rasanya sayang, ya? Coba sekarang kamu ikutkan kontes foto atau mengikuti pameran sekalian. Siapa tahu karyamu mendapatkan juara atau justru mendapatkan apresiasi lebih.

 

Artikel terkait: Hal-hal seputar fotografi

  1. Rekomendasi Kamera untuk Anak yang Suka Fotografi
  2. Ini Lho Keuntungan Belajar Fotografi, Tertarik Mendalami?
  3. Hobi Fotografi? Beli Kamera Plus Aksesoris dengan Tunaiku, Pinjaman Sampai Rp20 Juta!

 

5. Ilustrator

Kamu suka mengedit gambar atau membuat kartun melalui program sejenis Photoshop? Menjadi ilustrator adalah ide yang bisa kamu coba. Kamu bisa bergabung pada komunitas sejenis untuk mengembangkan hobimu. Kamu bahkan bisa mendaftar mengikuti pameran atau lomba-lomba.

 

6. Mural

Beberapa orang juga memiliki hobi menggambar dan melukis tapi nggak punya media untuk publikasi. Sedangkan mereka ingin menyampaikan suatu kritik sosial lewat karyanya tadi. Nah, cobalah sekarang kamu aktif mengikuti mural. Namun, usahakan mural yang formal, ya. Maksudnya formal di sini adalah menggambar pada tempat-tempat yang sudah diizinkan pemerintah kota setempat. Jangan sampai kamu mencoret-coret tempat publik.

 

Itu dia beberapa hobi yang bisa meningkatkan kreativitasmu. Apakah salah satunya sudah kamu coba?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett