Beranda > Gaya Hidup > Tips Menata Kamar Tidur Si Kecil Agar Enggak Terasa Sempit

Tips Menata Kamar Tidur Si Kecil Agar Enggak Terasa Sempit

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Tips Menata Kamar Tidur Si Kecil Agar Enggak Terasa Sempitwatermark

TUNAIKU.COM-Sebagai peminat dekorasi, saya selalu dimanjakan dengan feed Instagram dekorasi kamar sempit karya para ibu rumah tangga. Ternyata, dengan adanya keterbatasan, bisa membuat seseorang lebih kreatif, ya? Demi si buah hati, mereka pun bersusah payah menata kamar agar nggak terasa sempit.

 

Biasanya, anak-anak suka menyimpan banyak barang di dalam kamar. Seperti mainan, buku, makanan, hingga boneka yang tentunya memakan tempat. Kamu pun jadi butuh tempat penyimpanan yang banyak.

 

Nah, di sini pentingnya penataan. Kalau kamu jago menata kamar, pasti nggak akan terasa sempit lagi. Simak dulu tips menata kamar si kecil agar nggak terasa sempit disarikan dari Furnizing.com.

 

1. Membeli furnitur multifungsi

Kalau satu furnitur bisa dipakai untuk beberapa kebutuhan, kamu jadi bisa menghemat ruang. Apabila biasanya kamu harus memasukan rak, lemari, dan meja di dalam kamar, kini kamu cukup memasukan satu furnitur saja. Meski jumlahnya hanya satu, tetapi memiliki fungsi layaknya tiga buah furnitur sekaligus. Praktis!

 

2. Beralih ke daybed

Kalau belum terlanjur membeli bed, pertimbangkan untuk beralih ke daybed. Daybed adalah sofa multifungsi yang bisa dipakai untuk tidur saat malam dan buat duduk bersantai saat siang. Biaya lebih hemat, praktis, dan nggak makan tempat.

 

3. Pilih furnitur built-in

Penggunaan furniture built-in memang bisa membuat kamar sempit terasa sedikit longgar. Furnitur built-in adalah furnitur yang langsung terpasang di dinding, seperti rak atau lemari.

 

Artikel Terkait: DIY Pakaian Lama Jadi Baru

  1. Buat Jeans Kamu Lebih Keren dan Gaya dengan 5 Jenis DIY ini!
  2. DIY Kaos Polos Dengan Cara Sederhana Berikut Supaya Lebih Kekinian
  3. DIY Jeans Lama Supaya Tampak Baru

 

Dengan cara ini, kamu bisa memanfaatkan area dinding yang nggak terpakai. Rak atau lemari ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan buku sampai mainan anak. Sudah pasti nggak akan memakan tempat dan kamar jadi bersih serta rapi.

 

4. Memasang cermin

Ada cara kreatif untuk memberikan kesan luas pada kamar yang sempit. Caranya adalah dengan memasang cermin. Tempatkan cermin pada lemari dan coba lihat hasilnya. Jadi terlihat lebih luas, bukan?

 

5. Pilih lampu tidur dinding

Kalau bisa ditempel di dinding, kenapa harus diletakkan di atas meja? Kamu pasti sering menjumpai meja di samping ranjang, biasanya dipakai untuk meletakkan lampu tidur. Dekorasi seperti ini kurang cocok untuk kamar yang sempit.

 

Kamu bisa memakai lampu tidur dinding agar bisa lebih hemat ruang. Bonusnya, dekorasi kamar terlihat lebih nyeni. Tampak seperti kamar-kamar model Belanda, nggak, sih?

 

6. Headboard menjadi pilihan terakhir

Saat masih ngekos, saya melakukan banyak cara untuk menghemat ruang kamar. Salah satunya adalah membeli tempat tidur tanpa headboard. Meski hanya menghemat ruang beberapa centimeter, tetapi lumayan juga, kok.

 

Kamu bisa menempelkan tempat tidur ke dinding. Untuk sandaran, kamu bisa menggunakan dinding kamar. Kalau khawatir dengan safety, silakan letakkan beberapa bantal ekstra.

 

7. Menggantung headboard

Jika sudah terlanjur membeli tempat tidur dengan headboard, masih ada cara untuk mengakalinya. Kamu bisa menggantung handboard dan posisikan tempat tidur menempel dinding. Alhasil, headboard nggak akan makan tempat.

 

Artikel Terkait: Ide Dekorasi Terbaru

  1. 10 Ide Dekorasi Tema Rustic yang Cocok untuk Apartemen Studio
  2. 5 Ide Dekorasi Apartemen Studio yang Bikin Hunian Makin Nyaman
  3. Intip 5 Ide Dekorasi Ala Korea yang Percantik Rumah dan Bikin Betah

 

8. Tempelkan wallpaper

Wallpaper dengan pelbagai corak mudah sekali untuk dibeli secara online atau offline.  Pilih wallpaper dengan corak atau gambar yang bikin ruangan lebih luas. Bisa memilih memilih wallpaper dengan gambar rak buku yang bisa memberikan kesan luas pada kamar.

 

9. Kotak penyimpanan di bawah tempat tidur

Saya sering melihat ide storage di bawah ranjang saat scrolling Instagram. Kalau ada ruang kosong di bawah tempat tidur, kamu bisa menambahkan tempat penyimpanan dari kayu. Barang-barang yang seharusnya kamu simpan di dalam laci atau lemari, bisa dipindahkan ke storage.

 

Nggak ada salahnya buat mencoba. Siapa tahu beberapa tips menata kamar ini benar-benar bisa membuat kamar si kecil lebih luas, bukan?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

CTABARU3

Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett