Beranda > Gaya Hidup > Tips Ampuh Batasi Penggunaan Gadget!

Tips Ampuh Batasi Penggunaan Gadget!

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
Tips Ampuh Batasi Penggunaan Gadget!watermark

TUNAIKU.COM – Bukan hal yang aneh lagi ketika kita melihat di mana-mana orang selalu menggenggam gadget dan memainkannya berlama-lama untuk berbagai tujuan. Memang saat ini gadget sudah menjadi sebuah ketergantungan yang sangat susah untuk dilawan.

 

Setiap pagi, kamu memeriksa smartphone, di kantor atau di kelas, di sela-sela aktivitas, saat bosan, bahkan nggak jarang saat sedang mengendarai kendaraan masih memeriksa gadget. Di antara semua kesempatan memeriksa gadget, saat menjelang tidurlah yang hampir pasti dilakukan seseorang.

 

Gadget memang sebuah inovasi yang sejatinya diciptakan untuk memberikan manfaat bagi seseorang. Namun, acap kali sang pemiliklah yang justru kurang bijak dalam memanfaatkannya. Sehingga, alih-alih manfaat yang didapat, justru mudarat yang terjadi. Seperti kebiasaan terlalu asyik bermain gadget saat menjelang tidur malam hingga lupa waktu.

 

Entah bermain game, streaming video, atau memeriksa sosial media, gadget pun akhirnya jadi “teman tidur”. Dalih melepas penat setelah seharian beraktivitas malah membuat seseorang lupa waktu.

 

Lalu bagaimanakah cara paling ampuh mengatasi “kecanduan” gadget? Nggak susah, kamu bisa menerapkan beberapa langkah berikut dan memantapkan niat. Niscaya, “kecanduan” gadget akan berkurang dengan sendirinya.

 

Artikel terkait: Aplikasi untuk smartphone.

  1. 10 Aplikasi Musik Streaming Pilihan yang Bikin Hari Lebih Berwarna
  2. Jangan Manual, Nih Ada Aplikasi yang Bikin Hitung-Hitungan Patungan Dengan Teman Jadi Lebih Mudah
  3. Persiapkan Aplikasi Ini di Saat Darurat Sebelum Bencana

 

1. Renungkan berapa banyak waktu terbuang

Anthony Robbins dalam bukunya Awaken the Giant Within menyarankan, kalau mau mengubah kebiasaan buruk. Kamu perlu mengaitkan kebiasaan lama itu dengan kepedihan. Misalnya waktu yang kamu buang sia-sia untuk berselancar ria dengan gadget.

 

Maksudnya adalah, dengan memunculkan mindset buruk dari kebiasaan main gadget, alam bawah sadarmu akan secara otomatis memunculkan tekad untuk berubah. Biasanya setelah berlama-lama nggak produktif karena gadget, kamu akan mulai merasa menyesal… Nah! Itu bisa jadi starting point untuk menumbuhkan tekad berubah.

 

2. Ganti tampilan smartphone ke grayscale

Bicara tentang psikologi warna, ada penjelasan psikologis mengapa notifikasi pada aplikasi smartphone diberi warna merah. Hal ini karena, otak kita akan lebih cepat merespon segala sesuatu yang berwarna merah.

 

Oleh karena itu, saat muncul notifikasi di icon aplikasi pada layar smartphone, kamu akan cepat-cepat membukanya, dan jika membiarkannya, kamu akan dihantui rasa penasaran.

 

Belum lagi kalau mengingat teknologi tampilan smartphone yang makin hari makin jernih. Mata akan semakin betah menatap berlama-lama.

 

Jadi, mengubah tampilan smartphone ke mode grayscale (hitam-putih) bisa kamu jadikan solusi. Bisa kamu atur pada menu setting bawaan gadget, atau dengan mengunduh aplikasi khusus untuk mengubah warna tampilan.

 

2. Merdeka atau mati!

Kamu tentu udah nggak asing dengan slogan di atas. Ya! Kalah is not an option guys! Ya atau enggak sama sekali, jangan ada pilihan lain.

 

Kalau kamu ingin merdeka dari candu gadget, kamu perlu pahami betul apa yang membuat kamu betah membuang-buang waktu berhargamu untuk berlama-lama menatap gadget.

 

Biasanya aplikasi unduhan seperti sosmed, atau game. Hapus aplikasi-aplikasi nir-manfaat pada smartphonemu, kembalikan fungsi gadget ke sebagaimana mestinya, komunikasi. Selain untuk keperluan komunikasi, hapus saja.

 

3. Lawan aplikasi dengan aplikasi hobi baru

Hidup itu kan seni menyeimbangkan. Di mana ada hal negatif, di situ juga harus ada hal positif. Kalau kamu sudah mengeliminir hal-hal negatif dari candu gadget, kini saatnya kamu munculkan kebiasaan-kebiasaan baru yang lebih bermanfaat.

 

Dari yang sebelumnya berseluncur di IG lihat gambar dan foto, kenapa nggak kamu saja yang mulai menggambar atau hunting foto. Dari yang sebelumnya baca status doang, boleh banget kamu ubah dengan hobi menulis atau baca novel.

 

Kalau belum ketemu juga ide untuk mengisi kekosongan, cobalah untuk manfaatkan waktu luang dengan berolahraga, atau main musik, atau hal apapun yang jauh lebih bermanfaat.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, batasi penggunaan gadget, kecanduan gadget

 

4. Jadwalkan

Kalau berhenti nggak bisa, cobalah untuk membatasi. Mungkin memang duniamu nggak bisa lepas dari gadget. Bisa saja, gadget adalah instrumen penghasilanmu, misalnya untuk olshop, influencer, dan lain sebagainya.

 

Agar kebutuhan pekerjaan nggak berubah jadi candu, kamu bisa lho menjadwalkan kapan dan berapa lama fokus pada gadget. Di rentang waktu ini, pastikan kamu nggak terganggu hal lain. Jika waktu habis, pastikan gadget nggak mengganggu aktivitas kamu yang lainnya.

 

Artikel terkait: Seputar gadget lainnya

  1. Tren Teknologi Smartphone 2018, Kamu Tertarik yang Mana?
  2. Agar Hidup Berjalan Lancar, Ini 5 Gadget yang Harus Dimiliki Perempuan Bekerja
  3. Rekomendasi Laptop Untuk Anak Kuliahan Sesuai Dengan Jurusan Kuliah

 

Nah, itulah lima tips yang bisa kamu terapkan untuk melawan candu gadget. Nggak sulit, asal kamu memang sudah bertekad untuk lepas dari kecanduan gadget.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett