Beranda > Gaya Hidup > Sehat #TunaikanRamadan, Yuk, Kenali Pola Makan Terbaik Berdasarkan Golongan Darah!

Sehat #TunaikanRamadan, Yuk, Kenali Pola Makan Terbaik Berdasarkan Golongan Darah!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Sehat #TunaikanRamadan, Yuk, Kenali Pola Makan Terbaik Berdasarkan Golongan Darah!watermark

TUNAIKU.COM – Sudah tahu belum golongan darahmu? Selain digunakan untuk keperluan medis dan memprediksi kepribadian, ternyata golongan darah juga dapat dimanfaatkan untuk mencari tahu makanan yang paling sesuai buatmu, lho!

 

Sejujurnya, saya nggak pernah kepikiran kalau golongan darah bisa berpengaruh terhadap pola makan. Namun, begitulah menurut dr. Peter D’Adamo, seorang dokter naturopati dalam buku bestseller-nya yang berjudul Eat Right for Your Type. Menurutnya, golongan darah merupakan susunan biokimia yang dapat menentukan banyak hal, mulai dari penyakit yang berpotensi diidap sampai bagaimana tubuhmu bereaksi terhadap makanan.

 

Meskipun hasilnya belum diketahui secara ilmiah, tapi pola makan berdasarkan golongan darah berikut ini cukup populer dan bisa dijadikan pengetahuan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Terlebih, selama berpuasa. Yuk, intip penjelasannya!

 

Artikel Terkait: Tips Diet untuk Memperoleh Berat Badan Ideal

  1. Siapa Bilang Diet Itu Mahal? Ini 5 Cara Memiliki Bentuk Tubuh Ideal Tanpa Menguras Kantong!
  2. Tips Diet Paling Mudah Untuk Kamu yang Selalu Sibuk!
  3. Ini Jus Murah dan Sehat Cocok untuk Program Diet, Yuk Bikin Sendiri!

 

1. Golongan darah A memperoleh manfaat terbaik dari diet berbahan dasar tumbuh-tumbuhan

Orang dengan golongan darah A cenderung memiliki sistem imun yang lebih sensitif. Maka dari itu, ahli gizi menyarankan agar kamu yang memiliki tipe darah ini untuk lebih mengutamakan konsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, termasuk kacang-kacangan untuk protein.

 

Kamu juga disarankan untuk menghindari aneka olahan susu serta mengurangi kafein. Golongan darah A biasanya mampu memecah karbohidrat lebih baik dibandingkan golongan lain, tapi kesulitan untuk mencerna protein hewani dan lemak.

 

2. Sementara, golongan darah B bisa mengonsumsi makanan yang bervariasi tanpa masalah

Kabar baik buat kamu yang bergolongan darah B. Pasalnya, kamu bisa menikmati beragam makanan tanpa masalah, baik hewani maupun nabati. Mulai dari daging sapi, kambing, sayuran hijau, sampai olahan susu, semua bisa kamu hajar. Namun, kamu sebaiknya mewaspadai beberapa jenis makanan seperti jagung, gandum, tomat, kacang tanah, wijen, lentil, dan ayam.

 

3. Peskatarian bisa menjadi pola makan terbaik bagi golongan darah AB

Dr. D’Adamo menyebutkan bahwa golongan darah AB memiliki proses biologis paling kompleks dibandingkan dengan golongan darah yang lain. AB memang cukup rumit, karena merupakan gabungan dari tipe A dan B, termasuk soal diet.

 

Golongan darah AB memang nggak sebebas tipe B soal pola makan. Seperti halnya tipe A, kamu juga sebaiknya menghindari protein hewani. Namun, makanan laut masih boleh banget kamu nikmati. Tahu juga bisa menjadi sumber protein yang bagus, tapi sebaiknya kamu menghindari jagung, sapi, dan ayam.

 

Artikel Terkait: Tips Semangat #tunaikanRamadan

  1. 7 Cara Bikin Badan Fit Meski Kurang Tidur dan Bantu #TunaikanRamadan dengan Maksimal
  2. 7 Cara #TunaikanRamadan dengan Menebar Kebaikan di Lingkungan Kampus
  3. 7 Tips Kerja Cerdas Saat Berpuasa untuk #TunaikanRamadan dengan Profesional

 

4. Golongan darah O patut mengambil manfaat dari diet kaya protein

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya, dr. D’Adamo menyebut golongan darah O sebagai “pemburu”. Menurutnya, tipe O mampu mengambil manfaat terbaik dari diet yang kaya protein, terutama yang berasal dari hewan. Jadi, mencerna daging-dagingan dan telur sama sekali bukan masalah buatmu. Hanya saja, tubuhmu kurang baik dalam mencerna susu dan gandum.

 

Itu dia beberapa pola makan terbaik berdasarkan golongan darah menurut para ahli. Siapa tahu bisa bermanfaat bagi puasamu! Namun, tentu saja mengatur pola makan nggak bisa dilihat dari faktor golongan darah saja, faktor-faktor kesehatan lainnya juga patut dipertimbangkan.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU3 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett