Beranda > Gaya Hidup > Ini Dia Jenis Lantai yang Cocok untuk Hunianmu

Ini Dia Jenis Lantai yang Cocok untuk Hunianmu

Artikel ini ditulis oleh:
Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Ini Dia Jenis Lantai yang Cocok untuk Hunianmuwatermark

TUNAIKU.COM – Membuat sebuah hunian yang nyaman melibatkan serangkaian proses dan komponen yang mendukung, seperti bujet, ukuran, warna, desain interior, dan masih banyak lagi. Pemilihan tipe lantai merupakan salah satu poin penting yang harus kamu pikirkan untuk mendapatkan hunian yang nyaman. Memilih tipe lantai nggak bisa asal-asalan, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal, misalnya kesesuaian warna lantai dengan tembok, kenyamanan untuk tempat berjalan dan lain sebagainya.

 

Pada umumnya orang menggunakan keramik untuk lantai rumahnya. Selain mudah dibersihkan, keramik juga memberikan suasana sejuk. Sangat cocok untuk Indonesia yang beriklim tropis. Namun, ada beberapa bahan penutup lain yang bisa kamu jadikan alternatif lho.

 

Kamu sedang bingung memilih tipe lantai yang tepat? Berikut sedikit panduan memilih yang bisa kamu pelajari sebelum membeli.

 

Artikel Terkait: Trik Menata Ruangan Agar Terlihat Lebih Luas

  1. 8 Tips Mendekorasi Rumah Tipe 21 Agar Terlihat Lebih Luas
  2. 10 Langkah Mengatur Kamar Kos Agar Lebih Rapi dan Luas
  3. 7 Rekomendasi Ide Penataan Apartemen Studio Agar Terlihat Lapang

 

1. Lantai vinil

1

Sumber: http://www.kiosparquet.com/2017/03/cara-memasang-lantai-vinyl.html

Merupakan tipe penutup lantai yang terbuat dari polimer sintetik, yang diperindah dengan pigmentasi penambahan warna. Tipe lantai ini umumnya menghadirkan beberapa motif simpel seperti, motif kayu, motif bebatuan alam, klit hewan, ubik, keramik, dan beberapa motif lantai terkini. Ada dua macam bahan vinil yaitu, papan vinil dan ubin vinil. Semua motif hampir menyerupai aslinya, mudah dipasang, dan harga relatif murah yakni, Rp160 ribu per meter.

 

2. Lantai bambu

2

Sumber: http://www.lbhandymanondemand.net/blog/have-you-heard-of-bamboo-flooring-no-this-is-why-you-need-to-write-it-in-your-books.html

Bangunan berbahan bambu memiliki ketahanan yang sangat baik. Ada beberapa jenis lantai bambu yakni lantai bambu alami, lantai bambu cetakan, dan lantai bambu buatan. Tipe lantai ini bisa kamu jadikan alternatif karena mudah diapasang dan mengandung hypoallergenic, artinya nggak menimbulkan reaksi alergi pada orang walaupun berbahan alami. Harga mulai dari Rp150 ribu.

 

 

3. Lantai gabus

3

Sumber: https://economy.okezone.com/read/2013/12/09/472/909547/lantai-gabus-mulai-dilirik-pakar-desain-interior

Sifatnya yang nyaman dan ramah lingkungan bisa dipilih untuk alas hunian. Lantai gabus terbuat dari bahan styrofoam yang biasa dipakai untuk membungkus barang elektronik. Permukaan lantai gabus mengandung bahan yang lembut karena penuh dengan sel udara. Kamu bisa tempatkan lantai jenis ini di bagian rumah yang rawan kecelakaan, misalnya dekat kamar mandi. Umumnya lantai gabus dijual dengan harga mulai dari Rp158 ribu.

 

 

4. Lantai karpet

4

Sumber: https://economy.okezone.com/read/2013/12/09/472/909547/lantai-gabus-mulai-dilirik-pakar-desain-interior

Jika rumahmu menggunakan AC di seluruh ruangan, baiknya kamu menggunakan jenis lantai karpet, karena bisa meredam udara dingin di musim hujan, peredam bising, dan membungkam debu. Kalau ingin memasang di ruangan tertentu saja, kamu bisa pasang lantai karpet di kamar anak, hal ini dapat mengurangi potensi luka atau cedera saat anak jatuh kala bermain. Per 1 rolnya diberondol dengan harga Rp1.320.000.

 

 

Artikel Terkait: Ikuti Tips Berikut untuk Bujet Pernikahan yang Lebih Hemat

  1. Budget Pernikahan Terbatas, Ini 14 Cara Menghemat Biaya Pernikahan!
  2. Tidak Perlu Beli, Kamu Bisa Menyewa Gaun Pengantin di 7 Tempat Ini!
  3. Mau Membagi Biaya Pernikahan dengan Calon? Perhatikan Tujuh Hal Ini

 

5. Lantai kayu alami

Sumber: https://www.biopolish.com/poles-lantai-kayu-alami-kualitas-terbaik-dari-biopolish-3458/

Orang semakin suka menggunakan lantai dengan tampilan yang natural. Lantai kayu, kalau sebelumnya kita bahas jenis tiruannya, sekarang dibahas jenis aslinya. Biasa disebut hardwood floor yang terbuat dari potongan-potongan kayu. Diolah tanpa bahan campuran appaun sehingga lantai kayu memiliki kualitas yang sangat baik. Karena bahannya asli, maka harganya pun tergolong mahal, untu ukuran 1.5 x 9 x 120 cm sekitar Rp220 ribu.

 

Sebelum memilih sesuaikan juga dengan kondisi rumah, kenyamanan yang dibutuhkan, dan bujet yang tersedia, ya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

4

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett