Beranda > Gaya Hidup > Tipe-tipe Cat Rumah dan Tips Aplikasinya

Tipe-tipe Cat Rumah dan Tips Aplikasinya

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Tipe-tipe Cat Rumah dan Tips Aplikasinyawatermark

TUNAIKU.COM – Pada dasarnya, setiap warna memiliki efek dan manfaatnya sendiri-sendiri. Tentu efek ini memberikan pengaruh berbeda untuk setiap orang. Ada warna yang bisa membuat senang, mood membaik, menaikkan nafsu makan, memancing inspirasi, dan lain sebagainya.

 

Ternyata keberadaan warna sangat berpengaruh untuk kehidupan sehari-hari, ya. Nah, nggak ada salahnya kamu dikelilingi oleh warna favoritmu dan yang pasti memberikan pengaruh positif buatmu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengisi perabot rumah dengan warna favorit sampai mengecat rumah.

 

Kamu bisa memilih warna cat dinding sesuai dengan selera. Tapi, perhatikan tipe cat saat hendak mengaplikasikannya, ya. Tentu dalam memberikan warna pada dinding rumah nggak boleh sembarangan. Beberapa tipe cat rumah dan aplikasi yang bisa kamu coba antara lain:

 

Artikel Terkait: Perhatikan Ini dalam Mengisi Perabot Rumah Tangga

  1. Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Furnitur Kayu
  2. Pinjaman Tunaiku Bisa Bantu Lengkapi Perabotan untuk Rumah Baru
  3. Hati-Hati, 7 Perabot Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Sumber Penyakit

 

1. Tipe glossy

Pada dasarnya, tipe glossy dibagi menjadi dua, high gloss dan semi gloss. High gloss merupakan warna yang bisa memantulkan cahaya sehingga saat diaplikasikan dinding akan tampak berkilau. Kelebihan tipe ini adalah dinding menjadi mudah untuk dibersihkan. Tipe ini akan sangat cocok bila diaplikasikan di eksterior yang sering terpapar sinar matahari, misalnya pilar rumah atau dinding teras depan rumah.

 

Sedangkan tipe kedua, semi gloss memiliki tingkat kilap lebih rendah bila dibandingkan dengan high gloss. Kelebihan dari tipe ini adalah cat nggak akan mudah mengelupas. Tipe ini sangat cocok diaplikasikan pada dinding yang kemungkinan terkena nodanya tinggi. Kamar mandi dan dapur contohnya. Jika menggunakan cat Dulux dengan seri Pentalite warna standar 2,5 liter, kamu menghabiskan dana sebesar Rp135 ribu.

 

2. Tipe matte atau doff

Tipe matte atau yang juga dikenal dengan doff memiliki kelebihan mudah meresap sehingga tampak menempel sempurna pada dinding. Cocoklah bila diaplikasikan pada dinding yang sering terpapar panas matahari seperti dinding luar rumah. Selain itu, cat ini juga lembut di dinding. Sangat cocok bila diaplikasikan di dinding kamar. Jika menggunakan cat Catylac sebanyak 5 liter, kamu cukup menghabiskan Rp90 ribu.

 

3. Tipe satin

Saat dilihat, dinding dengan tipe cat ini akan tampak mewah, meskipun bukan glossy. Lalu saat disentuh, warnyanya akan terasa lembut di tangan. Tipe ini cocok diaplikasikan di ruang gallery dan resto. Jika menggunakan cat Avitex sebanyak 5 liter, kamu cukup menghabiskan Rp75 ribu saja.

 

Artikel Terkait: Biaya yang Digunakan untuk Renovasi Rumah

  1. Mau Renovasi Rumah Dengan Bujet 10 Juta, Ini Caranya Plus Rincian Biayanya!
  2. Renovasi Rumah di Bawah Rp5 Juta? Berikut Rinciannya!
  3. 4 Tips Renovasi Rumah Dengan Biaya 2 Juta, Makin Cantik dan Kekinian

 

4. Tipe eggshell   

Tipe ini bisa dikatakan seperti telur, memiliki tekstur tapi halus, ya. Kelebihan dari tipe ini adalah lebih mudah saat dibersihkan, meskipun nggak begitu memantulkan cahaya. Tipe cat ini bisa diaplikasikan di ruang tamu dan keluarga. Dengan cat Dulux seri Pearl Glo warna standar sebanyak 2,5 liter, kamu bisa mendpaatkan tipe eggshell seharga Rp180 ribu.

 

Dari 4 tipe cat rumah di atas, saya tertarik pada tipe matte atau doff. Bagaimana denganmu?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

2

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett