Beranda > Gaya Hidup > Sarapan Sebelum Olahraga Miliki Banyak Manfaat, Ini Kata Ahli!

Sarapan Sebelum Olahraga Miliki Banyak Manfaat, Ini Kata Ahli!

NOBERTA JEANIENoberta Jeanie
Sarapan Sebelum Olahraga Miliki Banyak Manfaat, Ini Kata Ahli!watermark

TUNAIKU. COM – Selama ini, saya selalu yakin bahwa olahraga di pagi hari akan membakar lemak lebih efektif karena belum ada satupun makanan yang masuk di hari itu. Ketika sedang melakukan diet pun, saya sampai melewatkan waktu sarapan agar tubuh bisa lebih fokus membakar dan membereskan lemak-lemak yang sudah ada sebelumnya. Namun ternyata cara tersebut nggak sepenuhnya benar, lho.

Artikel Terkait: Kiat untukmu agar tetap sehat meski sibuk

  1. Yuk, Lakukan Kegiatan Ini, Tanpa Disadari Seperti Berolahraga!
  2. 5 Workout Ringan Rekomendasi Personal Trainer Buat Kamu yang Sibuk
  3. Lakukan Olahraga Sederhana Berikut Ini Agar Tetap Fit Yuk

 

Mitos atau fakta?

Hal tersebut saya sadari ketika membaca sebuah artikel yang memuat penelitian para ahli tentang manfaat sarapan sebelum berolahraga. Awalnya saya nggak percaya sama sekali. Menurut saya kurang masuk akal saja, bagaimana bisa makan sebelum olahraga? Bukannya justru tidak baik untuk kesehatan ya? Bukankah tubuh perlu beristirahat setelah mencerna makanan?

Menurut studi yang dilakukan oleh beberapa peneliti di University of Bath, Inggris, tersebut, makan-makanan bergizi saat sarapan justru akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam mencerna makanan. Kemampuan metabolisme tubuh menjadi lebih tinggi dan dampaknya bisa bertahan seharian.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology: Endocrinology and Metabolism tersebut didapat berdasarkan hasil percobaan terhadap 12 orang laki-laki dewasa. Mereka diharuskan sarapan terlebih dulu sebelum mulai beraktivitas dan berolahraga. Setiap pagi, setelah mereka makan semangkuk bubur susu, mereka melakukan sejumlah tes darah untuk melihat bagaimana tubuh mencerna makanan yang masuk. Setelah itu, mereka bersepeda selama satu jam, kemudian melakukan tes darah kembali.

Hasilnya pun cukup mengejutkan. Kemampuan metabolisme tubuh memang menjadi cukup tinggi, bahkan menjadi lebih efektif. Tubuh juga jadi lebih siap mencerna asupan makanan setelah berolahraga.

CTABARU4

Mobile Site CTA

Lalu apakah sarapan memang benar-benar bermanfaat sebelum berolahraga?

Memang penelitian tersebut tidaklah cukup besar untuk benar-benar membuktikan besarnya manfaat sarapan sebelum berolahraga. Lihat saja, sample percobaan yang dilakukan hanya melibatkan 12 orang laki-laki dewasa. Hal tersebut belum tentu berlaku bagi wanita atau anak-anak, bukan? Meskipun begitu, ide penelitian tersebut perlu diacungi jempol. Pasalnya, sudah terlalu banyak orang yang menyiksa diri untuk berolahraga tanpa makan-makanan apapun (termasuk saya). Alasannya, ya, untuk membakar lemak, menurunkan berat badan, dan mendapat tubuh ideal.

Lagipula, perlu kamu ketahui, bahwa ada beberapa jenis olahraga yang memang mengharuskanmu untuk sarapan lebih dulu, lho. Seperti yang diungkapkan Freguson, CEO Diet Free Life, dalam Huffington Post, olahraga dengan tujuan kebugaran atau menguji kekuatan justru akan menjadi kurang efektif, jika tubuhmu tidak memiliki asupan makanan yang cukup sebelumnya.

Bagi penderita diabetes pun, ternyata nggak dianjurkan lho, berolahraga tanpa sarapan. Hal ini dikarenakan adanya potensi tubuh mengalami hipoglikemia atau kekurangan kadar gula darah. Oleh karena itu, mereka perlu makan sedikit camilan atau sarapan kaya serat sebelum berolahraga.

Artikel Terkait: Tips kurangi berat badan bagi kamu yang banyak aktivitas

  1. Kiat Bakar Lemak dengan Rutin Berjalan Kaki
  2. Lakukan 10 Cara ini Kalau Ingin Kurangi 5 Kg dalam 2 Minggu
  3. Tips Diet Paling Mudah Untuk Kamu yang Selalu Sibuk!

 

Nah, itulah manfaat sarapan sebelum berolahraga dan beraktivitas menurut para ahli. Tanpa sarapan mungkin kamu bisa membakar lebih banyak kalori dan lemak ketika berolahraga. Namun, kamu juga perlu ingat, bahwa sarapan memegang peran yang sangat penting bahkan menjadi kunci sukses dalam aktivitas harianmu, lho.

 

Tanpa sarapan, kamu nggak akan punya energi untuk memulai hari yang baru. Tanpa sarapan kamu juga akan sulit fokus dalam melakukan pekerjaan. Oleh karena itu, mulai biasakan sarapan dengan pilihan makanan yang bergizi, ya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett