SWARA – Banyak anggapan bahwa rumah mungil itu terkesan sempit. Karena itu ruangan yang tersisa terkadang dianggap sebagai harta karun. Ruangan yang tersisa bisa dijadikan ruang bersantai. Akan tetapi, kamu memerlukan kiat agar ruangan ini nggak terkesan sempit, tetapi tetap enak dan nyaman. Berikut adalah tips memilih furnitur agar ruangan terlihat lega. Yuk, simak!

 

Artikel Terkait: Tips Menempati Rumah Baru

  1. Baru Pindah Rumah? Supaya Lebih Aman dan Nyaman, Yuk Lakukan Hal Ini
  2. Ini Dia Jenis Lantai yang Cocok untuk Hunianmu
  3. Tipe-tipe Cat Rumah dan Tips Aplikasinya

 

1. Pilihlah bentuk dan gaya yang simpel

Rumah mungil berarti sederhana dengan ruang yang terbatas. Karena itu, pilihlah furnitur berbentuk dan bergaya simpel atau nggak terlalu ramai. Untuk menampilkan ruangan yang nggak sesak, tempatkan furnitur yang simpel, tetapi ekspresif. Contohnya, furnitur minim ukiran dengan unfinished style. Nggak membosankan, dan bakal terkesan modern minimalis.

 

2. Motif dan warna yang kalem

Saat memilih warna furnitur dan cat rumah secara keseluruhan, jatuhkan pilihan pada warna netral seperti putih, krem, atau cokelat pastel. Hal ini bertujuan agar ruangan nggak sesak. Warna-warna netral bakal memberikan kesan yang ringan dan luas. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan motif dan warna kontras dengan posisi yang berseberangan. Oh ya, usahakan agar motif dan warna bergradasi sama, supaya nggak tabrakan.

 

3. Ukuran nggak bulky

Ini penting, pilihlah furnitur dengan bentuk yang bulky. Misalnya, untuk bantal, kamu bisa memilih yang berukuran mungil tetapi ekspresif. Pasalnya, ukuran besar cuma bikin ruangan terlihat sempit dan ramai. Sebaliknya, gunakan furnitur yang sesuai dengan ukuran ruangan rumah kamu. Kalaupun ingin menempatkan furnitur yang besar, kamu harus memilih yang multifungsi agar mengurangi jumlah barang yang ada di ruangan tersebut.

 

4. Furnitur dengan rongga

Furnitur yang memiliki rongga cocok untuk rumah mungil karena memberi kesan yang lega. Ruangan juga bakal terlihat ringan karena furnitur jenis ini nggak padat. Kamu bisa menempatkan furnitur yang terbuat dari anyaman, seperti bambu atau rotan.

 

5. Furnitur beroda

Kamu bisa memilih furnitur beroda bila ingin furnitur yang besar. Dengan adanya roda, kamu bisa lebih mudah untuk memobilisasi furnitur ruangan. Dengan begini, kamu bisa dengan bebas mengganti gaya dan tata letak ruangan kapan pun kamu mau, tanpa harus khawatir dengan furnitur yang besar dan padat. Karena kamu dengan gampang bisa memindahkannya.

 

6. Pilih sofa berbentuk L

Untuk sofa, bentuk L adalah yang paling tepat. Pilihan ini bisa menghemat banyak ruangan sekaligus memberikan kenyamanan buat kamu. Alasannya, sofa berbentuk L bisa lebih memaksimalkan sudut ruangan yang biasanya kosong melompong atau diisi meja kecil yang kadang nggak terlalu berfungsi.

 

7. Bentuk kompak

Banyak contoh dari furnitur berbentuk kompak. Coba bayangkan furnitur yang bisa dilipat sekaligus multifungsi. Tentu saja ini bakal menghemat banyak tempat sebab kamu nggak perlu butuh ruangan luas serta nggak butuh banyak furnitur. Dengan furnitur kompak, kamu bisa menghemat lebih banyak ruangan.

 

Artikel Terkait: Hemat Listrik dan Air di Rumah

  1. 4 Hal yang Dapat Dilakukan untuk Hemat Air di Dapur
  2. Apa Saja yang Dapat Dilakukan untuk Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah?
  3. Perangkat Ini yang Sering Bikin Boros Listrik di Rumah, Coba Dicek!

 

8. Furnitur tanam

Furnitur tanam atau build-in furniture bisa menjadi solusi yang tepat buat kamu yang memiliki rumah mungil. Furnitur ini nggak bisa berpindah lagi, karena sudah dirancang sedemikian rupa dan menyatu dengan struktur ruangan. Walau kamu nggak bisa bereksperimen untuk mengubah tata letak ruangan, akan tetapi solusi ini bisa menjadikan ruangan lebih luas dan lega.

 

Itulah kiat memilih furnitur yang sederhana, tetapi tetap ekspresif. Jangan sampai salah pilih, ya. Supaya rumah mungilmu tetap terkesan cantik dan ekspresif, sekaligus ringan dan nyaman dihuni. Selamat berburu furnitur!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

3 Mobile Site CTA


KENNY CAROLINE   KENNY CAROLINE