SWARA – Di masyarakat modern sekarang ini, keberadaan mesin cuci sudah menjadi hal yang biasa, bahkan wajib dalam rumah. Mesin cuci membuat kegiatan cuci-mencuci yang mulanya sangat menguras waktu dan tenaga menjadi jauh lebih ringan. Jadi, kamu pun bisa mengerjakan pekerjaan lain sembari menunggu cucian selesai.

 

Meskipun begitu, ternyata masih banyak orang yang belum paham cara menggunakan mesin cuci dengan efektif. Akibatnya, tagihan PLN dan air jadi membengkak. Lebih parah lagi, mesin cuci pun jadi mudah rusak. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memaparkan tips untukmu pengguna mesin cuci agar lebih hemat penggunaan listrik dan air. Dicatat, ya!

 

Artikel Terkait: Lakukan dan Pelajari Hal-hal Ini untuk Menghemat Listrik!

  1. Yuk, Terapkan 5 Cara Berikut untuk Menghemat Biaya Pengeluaran Listrik!
  2. 5 Benda Rumah Tangga Ini Bisa Membuat Tagihan Listrikmu Melonjak
  3. Pulsa Listrik Prabayar dan Pascabayar: Mana yang Lebih Cocok untuk Berhemat?

 

1. Periksa spesifikasi mesin cucimu

Saat kamu membeli mesin cuci baru ataupun menerima mesin cuci lungsuran dari keluargamu, biasakan untuk memeriksa spesifikasi mesin cuci tersebut. Carilah informasi mengenai daya listrik yang dibutuhkan, kapasitas, dan fitur-fitur tambahan yang ada pada mesin cuci. Biasanya, spesifikasinya tertera langsung di bagian samping atau bagian belakang mesin cuci. Jika mesin cucimu nggak menyertakan spesifikasinya, kamu bisa mencarinya dengan mudah di internet.

 

Terdapat dua macam model mesin cuci, yaitu mesin cuci bukaan atas dan bukaan depan. Masing-masing model memiliki keunggulannya masing-masing. Mesin cuci bukaan atas lebih cepat dalam proses pencuciannya, sedangkan mesin cuci bukaan depan lebih minim suara bising dan memberikan tingkat kebersihan cucian yang lebih maksimal.

 

2. Perhatikan dan atur suhu pada mesin cuci

Jika kamu terbiasa menggunakan mesin cuci keluaran terdahulu, mungkin kamu kurang familier dengan pengaturan suhu pada mesin cuci. Pengaturan suhu pada mesin cuci biasa diterapkan pada mesin cuci keluaran baru dengan teknologi yang lebih canggih.

 

Kegunaannya pengaturan suhu adalah untuk lebih mempercepat proses membunuh kuman dan bakteri serta menghilangkan bekas minyak dengan cepat. Kedengarannya memang menarik, tetapi jika kamu menggunakan pengaturan suhu setiap kali kamu mencuci, tagihan listrikmu dapat dipastikan akan melonjak tajam. Pasalnya, bagi mesin cuci, proses yang paling banyak menghabiskan energi listrik adalah proses menaikkan suhu air. Solusinya, untuk pakaian yang nggak terlalu kotor, gunakanlah air dingin dalam proses mencucinya.

 

3. Jangan mencuci terlalu sering

Jika ingin menghemat biaya listrik dan air, kamu harus mengurangi frekuensi mencuci pakaianmu. Normalnya, kamu dapat mencuci pakaian sebanyak tiga hari sekali atau seminggu sekali. Dengan cara ini, kamu bukan hanya akan menghemat biaya listrik dan air, tetapi juga kamu dapat menghemat penggunaan detergen dan mengalokasikan waktumu untuk kegiatan lain. Untuk menambah efektivitas dan efisiensi proses pencucian, masukkanlah jumlah pakaian dalam satu kali pencucian. Namun, jangan memasukkan pakaian dalam jumlah terlalu banyak, karena itu akan memperberat kinerja mesin pencuci.

 

4. Jangan menggunakan pengering secara maksimal

Maksudnya adalah, janganlah menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan pakaian sampai benar-benar kering, karena mesin pengering akan menyedot daya listrik sangat banyak untuk meningkatkan suhu dalam tabung pencuci. Solusinya adalah dengan mencucinya dengan air dingin, sudahi proses pencucian dan jemurlah baju pada terik Matahari. Negara Indonesia yang menganut iklim tropis membuat sinar Matahari sangat mudah untuk ditemui dan digunakan untuk membantu proses pengeringan.

 

Artikel Terkait: Tips-tips untuk Menjaga Kebersihan Rumah dan Kendaraanmu

  1. 4 Tips Bersih-bersih Rumah dalam Setahun
  2. Hati-Hati, 7 Perabot Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Sumber Penyakit
  3. 5 Tips Jaga Kebersihan Kabin Mobilmu

 

5. Cuci dan kucek noda membandel secara manual

Cara terakhir untuk menghemat penggunaan listrik dan air pada mesin cuci, sekaligus tetap menjamin hasil cucian yang tetap bersih adalah dengan mencuci dan mengucek pakaian dengan noda membandel secara manual. Setelahnya, masukkan pakaian ke mesin cuci bersamaan dengan baju yang lain. Untuk mempercepat proses, kamu dapat memilih siklus cuci cepat. Metode siklus cuci cepat sudah sangat efektif untuk menghilangkan noda-noda standar.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

4

 

Mobile Site CTA


Timotius    TIMOTIUS TRISETIAWAN