Beranda > Finansial > Yuk, Terapkan 5 Cara Berikut untuk Menghemat Biaya Pengeluaran Listrik!

Yuk, Terapkan 5 Cara Berikut untuk Menghemat Biaya Pengeluaran Listrik!

Yuk, Terapkan 5 Cara Berikut untuk Menghemat Biaya Pengeluaran Listrik!watermark

TUNAIKU.COM – Kebutuhan listrik merupakan hal yang penting dalam keseharian kita. Mulai dari mengisi baterai smartphone, bekerja di kantor, menyalakan lampu sampai menonton TV kita membutuhkan listrik.

 

Listrik yang digunakan hampir setiap hari tentunya menjadi salah satu hal yang memerlukan budget khusus setiap bulannya yang harus kamu persiapkan. Jangan sampai pemakaian listrik yang tak terkendali malah membuat danamu terkuras. Yuk, lakukan langkah-langkah berikut untuk menghemat biaya pengeluaran listrik:

 

1. Cabut semua kabel alat elektronik ketika sudah selesai digunakan

Kabel yang masih terhubung dengan saklar ternyata masih mengalirkan arus listrik

lho baik dalam keadaan off ataupun stand by. Jadi sebaiknya, ketika kita sudah selesai memakai listrik, kita langsung mencabut semua kabel yang tersambung ke sumber listrik. Dengan begini, kita bisa menghemat biaya pengeluaran listrik kamu.

 

2. Mulai gunakan lampu LED

Cara lain untuk menghemat pengeluaran listrik adalah dengan menggunakan lampu LED. Lampu LED lebih hemat 80-90% dibandingkan lampu pijar. Jika lampu pijar rata-rata bertahan 1000 jam pemakaian, maka lampu LED bisa bertahan hingga 50.000 jam atau jika digunakan 10 jam per hari berarti dapat bertahan hingga 15 sampai 20 tahun lamanya.

 

3. Lebih cermat dalam menggunakan kulkas

Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara menempatkan kulkas minimal 15 – 20 cm dari tembok agar sirkulasi udara ke kondensor lancar. Lalu hindari juga meletakkan makan & minum yang terlalu panas ke dalam kulkas dan atur suhu yang sesuai dengan kebutuhan karena semakin rendah suhu semakin besar energi listrik yang digunakan.

 

4. Memilih pendingin ruangan / AC yang hemat listrik

Pastikan memilih AC yang memiliki EER (Energy Efficiency Rating) dengan angka yang tinggi (umumnya di atas angka 12). Untuk melihat angka EER pada AC yang akan dibeli, kamu bisa melihatnya pada brosur produk tersebut.

 

5. Kurangi penggunaan vacuum cleaner saat membersihkan rumah

Jika pekerjaan membersihkan rumah tidak terlalu berat, sebaiknya gunakan sapu atau alat pembersih lainnya biar sekalian olahraga kecil-kecilan. Hal ini bisa membantu kita untuk menghemat pengeluaran listrik karena penggunaan listriknya pun jadi semakin kecil.

 

Nah, itu dia 5 cara yang bisa kamu coba suntuk menghemat biaya pengeluaran listrik kamu setiap bulannya. Jangan tunda-tunda lagi untuk langsung dilakukan, ya!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett