Beranda > Gaya Hidup > 5 Benda Rumah Tangga Ini Bisa Membuat Tagihan Listrikmu Melonjak

5 Benda Rumah Tangga Ini Bisa Membuat Tagihan Listrikmu Melonjak

5 Benda Rumah Tangga Ini Bisa Membuat Tagihan Listrikmu Melonjakwatermark

TUNAIKU.COM – Pusing melihat tagihan listrik yang terus melonjak? Padahal kamu sudah mematikan lampu setiap kali keluar ruangan. AC juga sudah dimatikan bila tidak digunakan. Lantas, kenapa ya tagihan listrik tetap melambung?

Stop Kontak
Coba cek stop kontak TV, DVD, microwave, pemanas air listrik, charger handphone, dan elektronik lainnya. Apakah stop kontaknya masih tersambung meski kamu sedang tidak menggunakannya? Jika ya, bisa jadi itu salah satu sumber bengkaknya tagihan listrikmu. Dikutip dari foxbusiness.com, TV dengan standby mode dapat menyedot hingga 20% dari total tagihan listrik. Nah, baiknya biasakan untuk mencabut stop kontak peralatan yang tidak kamu gunakan ya.

Lampu
Kampanye hemat listrik sudah sering didengungkan dengan aksi mematikan lampu. Nyatanya, mematikan lampu saja belum cukup. Kamu harus memperhatikan juga jenis lampu yang kamu gunakan. Lampu LED (Light Emitting Dioda) kini dapat menjadi pilihan karena lebih tahan panas dan memiliki ukuran watt yang relatif kecil.

Mesin Cuci
Pilihlah mesin cuci yang hemat listrik dan ukuran yang sesuai kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga bisa memilah pakaian mana yang perlu dicuci dengan mesin dan mana yang tidak. Hal ini akan meringankan beban cucian setiap hari, sehingga kamu hanya perlu melakukannya dua hari sekali. Jika memungkinkan, hindari juga pemakaian mesin pengering terlalu sering, kecuali di musim hujan.

Lemari Es atau Kulkas
Terbiasa membuka-tutup kulkas bila sedang lapar? Atau ingin mengecek persediaan makanan sebelum berbelanja? Ternyata kebiasaan tersebut dapat memberatkan kinerja kondensor dalam lemari pendingin. Bila suhu dingin belum sesuai pengaturan, maka kondensor akan semakin banyak mengonsumsi listrik untuk mendinginkan suhu kulkas tersebut. Oleh karena itu, hindari menyimpan makanan minuman yang masih panas ke dalam kulkas. Usahakan juga untuk membuat catatan persediaan makanan yang dapat kamu tempel di pintu kulkas. Lalu, jangan lupa untuk bersihkan kondensor secara teratur ya.

Air Conditioner (AC)
Sama seperti lampu, himbauan untuk mematikan AC bila sedang tidak digunakan, pasti sudah sangat sering kamu dengar. Selain mematikan AC, pengaturan suhu saat sedang menggunakan pendingin ruangan juga berpengaruh terhadap konsumsi listrikmu, lho. Atur suhu standar dan jaga agar jangan ada kebocoran udara luar. Karena bila suhu meningkat, maka seperti kondensor kulkas, AC akan lebih banyak menyedot listrik untuk mendinginkan ruangan.

Jadi dapat disimpulkan, bahwa sebenarnya kunci agar tagihan listrik aman terkendali ada pada si pengguna itu sendiri. Bagaimana kamu sebagai pengguna memilih, menggunakan, serta merawat barang elektronik tersebut dengan bijak dan disiplin.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett