Beranda > Gaya Hidup > Hati-Hati, 7 Perabot Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Sumber Penyakit

Hati-Hati, 7 Perabot Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Sumber Penyakit

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Hati-Hati, 7 Perabot Rumah Tangga Ini Bisa Jadi Sumber Penyakitwatermark

TUNAIKU.COM – Suka parno dengan kebersihan kadang bikin saya repot sendiri. Saya punya ritual khusus yang sering diremehkan oleh teman-teman, yaitu merendam sendok di air panas sebelum dipakai untuk makan.

 

Ya, ampun lebay banget nggak, sih? Saya sendiri santai-santai saja disebut orang lebay. Meski sedikit repot, tetapi sendok saya sudah bebas kuman. Satu lagi, pikiran saya pun jadi tenang tanpa harus waswas soal kebersihan.

 

Memang butuh tenaga ekstra, sih. Namun, kamu nggak akan tahu penyakit apa saja yang bersumber dari perabot rumah. Karena tanpa kamu sadari, banyak perabot rumah tangga yang menjadi sarang kuman.

 

Apa saja perabot rumah tangga yang perlu kamu waspadai kebersihannya? Yuk, cari tahu di sini!

 

Artikel Terkait: Informasi Kesehatan

  1. Sering Insomnia, Segera Lakukan 6 Tips ini untuk Kebiasaan Tidur yang Lebih Baik
  2. Ingin Cepat Langsing, Atur Metabolisme Tubuhmu Lewat 5 Cara Ini!
  3. Waspada, Ini 7 Risiko Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatanmu

 

1. Remote

Menurut penelitian dari University of Virginia, remote merupakan perabot rumah tangga bertabur kuman, salah satunya adalah bakteri E.coli.  Kuman ini bisa berasal dari sofa, mulut binatang peliharaan, atau justru dari tanganmu sendiri. Semakin sering disentuh, makin besar risiko barang mengandung kuman.

 

Akan tetapi, penyebaran kuman ini bisa diantisipasi, lho. Kamu bisa membersihkan remote secara berkala dengan alkohol. Satu lagi, kamu harus rajin cuci tangan menggunakan sabun, terutama sehabis keluar toilet.

 

2. Tas

Tas bisa jadi gudang kuman seperti E.Coli, MRSA, norovirus, dan lain sebagainya. Mengapa? Karena tas sering kali kamu sentuh, bahkan kerap kali jadi tempat menaruh makanan dan uang. Nutrisi mikroskopis yang tertinggal di tas ini bakal jadi sumber makanan bakteri. Yikes!

 

Biar nggak jadi sumber penyakit, bersihkan tas bagian luar selama sebulan sekali, ya. Lalu, kalau sedang ke toilet jangan sampai meletakkan tas di lantai. Apalagi kalau sampai meletakkan tas di dekat makanan, sumber penyakit bisa menyebar dengan mudah.

 

3. Spons dapur

Ini dia yang suka bikin saya naik darah. Karena tipe orang yang picky soal kebersihan, saya paling nggak suka memakai spons dapur bareng di kos. Sayangnya, sering kali banyak anak kos yang menggunakan spons saya tanpa izin. Alhasil, saya nggak tahu, spons sudah digunakan untuk mencuci apa saja.

 

Padahal, spons dapur adalah salah satu sumber penyakit. Soalnya, kuman mudah banget berkembang biak di sana karena kondisinya yang lembap, hangat, dan sering digunakan untuk mencuci limbah makanan.

 

Solusinya, saya biasa mengganti spons setiap bulan. Kalau perlu, menyimpannya di dalam kamar biar nggak dipakai oleh sembarang orang. Daripada stres mikir yang aneh-aneh, lebih baik saya repot sendiri.

 

4. Ponsel

Beb, ponsel itu banyak banget, lho, kumannya.

 

Beberapa hari yang lalu teman kantor mengingatkan kalau ponsel itu sumber penyakit. Benar saja, nggak terpisahkan dari manusia, ponsel juga sering dibawa saat ke toliet. Hayo ngaku, kamu salah satunya, kan?

 

Ini dia yang menjadi penyebab kenapa ponsel banyak kumannya. Ponsel bisa terpapar kuman yang jadi sumber penyakit, seperti E.coli dan Acinetobacter. Kuman ini bisa berasal dari keran wastafel, toilet, dan pegangan pintu.

 

So, kalau memang masih mau membawa ponsel ke toilet, kamu perlu persiapan ekstra. Seperti, membersihkan tangan sampai bersih agar nggak ada lagi kuman yang menempel.

 

5. Tempat tidur

Ada satu hasil riset yang bikin horor. Ternyata, tempat tidur di hotel menjadi sarang bagi banyak kuman. Fakta ini dikeluarkan oleh peneliti dari Universitas Leeds Becket. Niatnya liburan, kamu bisa malah terserang sakit.

 

Nah, satu solusi yang bisa kamu contek, yakni dengan membawa selimut tipis saat bepergian. Biasanya, saya akan memakai selimut ini untuk alas tidur agar kulit nggak bersentuhan langsung dengan seprai hotel.

 

Jika kamu sedang backpacker-an dan menginap di hotel murah, wajib bawa kain bersih dari rumah. Sementara itu, untuk tempat tidur di rumah, kamu bisa mengganti seprai seminggu sekali. Biar nggak ada kuman dari binatang peliharaan atau lingkungan sekitar yang akan menempel di kulit.

 

6. Sepatu

Sepatu yang sering dipakai untuk beraktivitas di luar rumah, sudah pasti jadi sumber penyakit. Jika dalam kondisi kotor, sepatu bakal dihuni oleh bakteri bernama C.diff. Bakteri jenis ini bisa menyebabkan diare dan infeksi.

 

Lakukan langkah pencegahan dengan nggak memakai sepatu di dalam rumah. Jika bepergian, bungkus sepatu dengan kain sebelum dimasukan ke dalam koper. Cukup sederhana, bukan?

 

Artikel Terkait: Bangkit dari Kegagalan

  1. Ini Dia 10 Tips Sukses Bangkit dari Kegagalan
  2. 5 Alasan Kamu Sulit Dapat Promosi Jabatan di Kantor
  3. Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini Menghambat Kesuksesanmu

 

7. Gelas

Gelas bisa jadi sumber penyakit saat nggak dicuci dengan bersih. Bisa juga,  karena setelah dicuci bersih, dilap dengan kain kotor. Akibatnya, kuman yang menempel jadi banyak sekali.

 

Kalau nggak ingin tertular penyakit, kamu bisa mencuci gelas dengan air panas. Setelahnya, gunakan tisu untuk mengeringkan gelas yang ingin kamu pakai.

 

Beberapa barang di atas adalah perabot rumah tangga yang sering kamu pakai. Maka, perlu membersihkannya secara berkala agar nggak jadi sarang penyakit.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett