SWARA – Berkreasi sendiri itu asyik, lho! Pikiran kita akan ditantang untuk membuat sesuatu yang unik. Hebatnya, sesuatu itu sangat disukai oleh kita. Termasuk saat bikin souvenir pernikahan. Sebelum menikah, saya sering mengajarkan teknik bikin kreasi tangan dalam bentuk souvenir ke anak gadis satu-satunya. Meski lelah, tapi senang bisa bikin 5 benda ini.

 

Artikel terkait: Yuk Hitung Anggaran Biaya Pernikahanmu

  1. 5 Perkiraan Biaya Tidak Terduga yang Kerap Muncul saat Hari Pernikahan
  2. 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menyiapkan Pernikahan dengan Modal Gaji Rp 3 Juta
  3. Merealisasikan Pernikahan sesuai Kemampuan

 

1. Gelang manik-manik

Bikin gelang manik-manik juga seru daripada beli barangnya secara grosir. Anak saya itu memang mudah memahami ilmu yang saya berikan. Dalam 3 kali coba saja sudah langsung bisa. Saya cuma bilang kalau bikin souvenir berupa gelang manik-manik, maka harus ada souvenir lainnya. Gelang ini diberikan pada para tamu undangan sebagai wujud syukur.

 

Daripada beli, lebih murah bikin sendiri. Harga manik-manik di pasar itu tidak sampai 5000 Rupiah. Itu sudah termasuk 200 bijian. Untuk bikin gelang manik-manik, kamu cuma butuh tali, manik-manik, dan kesabaran. Cukup ambil 15-20 manik-manik saya rasa sudah cukup. Tali untuk gelangnya bisa dibeli secara grosir. Kan ini acara pernikahan, jadi harus banyak.

 

2. Bibit tanaman

Di tempat saya belum banyak orang yang membuat souvenir dari bibit tanaman. Itulah yang menurut saya unik dan sayang kalau dilewatkan. Inti dari souvenir kan memberikan oleh-oleh berupa barang pada tamu undangan. Isinya bisa bibit bunga, cabai, sawi, kacang, dan lain-lain. Jenis souvenir ini bahkan bisa dijadikan bisnis untuk para tamu sepulangnya.

 

Cara bikin souvenir bibit tanaman tidak terlalu sulit. Hanya perlu siapkan kertas karton, gunting, dan lem. Kali ini kita bikin amplopnya sebagai tempat bibit tanaman itu tadi. Bikin saja kertas itu jadi persegi panjang. Buat pola tertentu dan gunting sesuai pola. Lem pada bagian-bagiannya. Intinya bisa untuk masuk bibit. Terakhir, tuliskan kata-kata mutiara.

2

 

Mobile Site CTA

3. Buket bunga

Souvenir pernikahan buat sendiri atau handmade yang ini mudah sekali dibuat. Pakai buket bunga mini saja untuk menghemat biaya pengeluaran. Paling-paling hanya 5000 Rupiah. Untuk isinya, beli bunga, misalnya mawar dalam jumlah banyak (grosir). Harganya murah kok, hanya 1000-2000 Rupiah per tangkai bunga.

Satukan tangkai-tangkai bunga yang sejenis itu. Masukkan ke buket bunga. Jangan lupa kemas dengan kertas krep agar tampilan lebih menarik. Bubuhkan beberapa kalimat penting semisal ucapan terima kasi sudah datang, kata mutiara, atau sebait puisi indah yang merepresentasikan pernikahanmu. Biasanya tamu suka sekali diberi bunga seperti ini.

 

4. Mini notebook

Apa pun barang yang bermanfaat dan mudah dibikin, menurut saya sudah masuk ke kategori souvenir. Beri gambar dan ucapan terima kasih pada permukaan minibook-nya. Dibanding souvenir sebelumnya, minibook lebih murah. Hanya membutuhkan kertas, gunting, dan lem. Kertas HVS kan sangat murah. Per lembar saja tidak sampai 1000.

Cara bikinnya mudah saja. Susun kertas yang ada. Kemudian satukan baik-baik. Bentuk biar mirip dengan buku kecil. Bubuhkan puisi atau kata-kata yang bagus. Jangan lupa pula di dalam minibook, cantumkan gambar yang melambangkan pernikahanmu. Kalau mau yang unik, bikin gambar bagus sendiri. Biaya yang dipakai sangat murah kok.

 

Artikel Terkait: Masih Kendala Biaya untuk Menikah? Baca Ini!

  1. Cara Kreatif Menekan Bujet Pernikahan untuk 10 Jenis Pengeluaran Berikut
  2. Haruskah Pernikahan di Indonesia Memakan Biaya yang Fantastis?
  3. Musim Nikah Tiba, Apakah Pinjaman Uang Bisa Bantu Selesaikan Masalah?

 

5. Pot tanaman

Kali ini bukan bikin pot yang berbahan tanah liat. Lebih pada kreasi tangan saja. Potnya tetap berasal dari kertas bikinan kita sendiri. Kalau tidak telaten, kamu bisa kok beli sendiri. Untuk tanamannya sendiri paling-paling seharga 1500 sampai 5000. Saran saya, ketika mau bikin souvenir buatan sendiri langsung diberikan ke pembeli.

Menjelang hari-H, posisi souvenir lebih baik sudah dalam jumlah yang banyak. Apalagi kalau jumlah tamu undangan kamu banyak. Maka mau tidak mau wajib mengajak teman untuk bikin souvenir pernikahan tersebut. Kasih tahu cara membuatnya biar cepat selesai. Tanamkan hati kamu ke dalamnya. Biar para tamu undangan memiliki kesan yang baik.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


SWARA LOGOSWARA TUNAI