Beranda > Gaya Hidup > Para ‘Riders’, Ini 8 Hal Penting Persiapan Motor untuk Touring

Para ‘Riders’, Ini 8 Hal Penting Persiapan Motor untuk Touring

Artikel ini ditulis oleh:
Para ‘Riders’, Ini 8 Hal Penting Persiapan Motor untuk Touringwatermark

TUNAIKU.COM – Ketika touring dengan motor, saya lebih suka tarik gas dengan kecepatan sedang. Kesannya lebih santai dan menikmati suasana. Apa pun yang terjadi, saya selalu melakukan persiapan motor untuk touring. Ini merupakan upaya wajib untuk menjaga keamanan sekaligus kenyamanan pribadi. Bagaimana persiapan yang saya lakukan?

Artikel terkait: hal-hal yang wajib diperhatikan saat beli mobil bekas

  1. Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Membeli Innova Bekas
  2. Sebelum Membeli Mobil Avanza Bekas, Perhatikan Hal Berikut!
  3. Tips Membeli Kendaraan Bekas Taksi 

1. Sertakan GPS untuk memandu jalan

Zaman sekarang bukan lagi modelnya orang tanya-tanya lokasi ke warga setempat. Dengan bantuan GPS, tempat mana pun di bumi ini bisa ditempuh tanpa bertanya-tanya lagi. Ada motor khusus touring dengan fitur GPS. Tapi kalau kamu nggak punya, lekatkan saja smartphone depan motor dengan GPS aktif. Fungsinya sama saja.

2. Bawa senter dan pemantik api

Persiapan ini dibawa untuk memenuhi kebutuhan touring ketika malam hari. Jalanan itu enggak selalu terang. Apalagi dalam keadaan motor berjalan. Kadang melintasi daerah terang karena banyak penduduk yang tinggal. Kadang melewati jalanan yang serba gelap. Sedangkan untuk pemantik api digunakan ketika istirahat dengan membuat api unggun.

3. Bawa pisau lipat

Pisau lipat itu enggak akan makan banyak tempat. Masukkan ke dalam saku juga sudak cukup. Alat ini memiliki banyak fungsi yang akan melengkapi agenda touring. Sebelum berangkat, asah dulu pisau lipatmu kalau perlu. Siapa tahu di perjalanan nanti kamu istirahat di dekat pantai dan berburu ikan di sana. Kan bisa langsung disayat dan dibakar di tempat.

4. Periksa ban cadangan dan bawa alat perbaikan

Bawalah ban cadangan dan tempatkan di jok maupun ransel. Posisi ban bagi penjelajah bermotor itu sangat vital. Bahkan tidak bisa digantikan oleh apa pun. Memang, tiada seorang pun yang menginginkan suatu hal buruk terjadi selama perjalanan. Namun bukan tidak mungkin terjadi ban bocor, ban kempis, aus, dan sebagainya. 

cta2

Mobile Site CTA

5. Simpan tool kit yang lengkap

Persiapan motor untuk touring yang ini wajib kamu bawa. Jalan-jalan sendiri maupun bersama dengan pasangan ataupun sahabat. Obeng, kunci, dan lain-lain. Motor yang dilajukan di jalanan sulit akan membuat komponennya terasa longgar. Nah, untuk mengencangkan baut-bautnya kan perlu alat. Nggak akan bisa maksimal hanya dengan tangan. 

6. Siapkan uang tunai secukupnya

Ke manakah tujuanmu untuk touring dengan motor? Enggak mungkin cuma di belantara hutan saja kan? Pasti akan berhenti di tempat untuk makan, beli bensin, beli air mineral, dan sebagainya. Kenapa nggak bawa ATM saja? Cukup riskan, kawan. Touring dengan motor itu menjelajahi banyak tempat. Termasuk kawasan terpencil, mana mungkin ada ATM. K

7. Jangan ketinggalan kotak P3K

Perjalanan dengan motor itu sama dengan penjelajahan yang dilakukan siapa pun. Hanya saja kendaraan untuk menjangkaunya yang berbeda. Risikonya tetap sama. Siapa tahu kamu di perjalanan nantinya masuk angin, luka-luka, atau kena benturan. Dengan adanya P3K, mau benturan di kawan hutan atau terpencil pun bisa mengobati sendiri.

 

Artikel terkait: kenali asuransi kendaraan bermotor

  1. Yuk, Kenali Jenis Asuransi Kendaraan Bermotor di Indonesia
  2. Perbedaan Biaya Memperbaiki Mobil Dengan dan Tanpa Asuransi
  3. Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Asuransi Motor

8. Jaket anti hujannya jangan lupa

Jas hujan modern sudah menyesuaikan dengan bentuk badan. Enggak kalah kece dengan baju maupun jaket yang biasa dipakai sehari-hari. Seakurat-akuratnya prediksi manusia, kekuasaan semesta tetap milik Tuhan. Dia yang menentukan kapan mau hujan atau belum. Daripada bergantung pada prakiraan cuaca, bawa jaket anti hujan saja.

Persiapan motor untuk touring dilakukan untuk menghindari hal-hal buruk yang mungkin terjadi sepanjang jalan. Jadilah rider yang logis selama touring. Mencapai tempat-tempat sulit memang sangat menantang nyali. Tapi pertimbangkan pula kekuatan motormu. Apakah mampu melewati medan sulit tersebut atau tidak.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett