Beranda > Gaya Hidup > Sebelum Membeli Mobil Avanza Bekas, Perhatikan Hal Berikut!

Sebelum Membeli Mobil Avanza Bekas, Perhatikan Hal Berikut!

TUNAIKU
Sebelum Membeli Mobil Avanza Bekas, Perhatikan Hal Berikut!watermark

TUNAIKU.COM – Kali ini saya mau membahas tentang pertimbangan sebelum membeli Avanza bekas. Walaupun statusnya sebagai Avanza bekas, mobil MPV ini masih menjadi incaran banyak orang. Saya berani jamin kalau ke depannya masih tetap diburu. Sebelum kamu beli mobil bekas ini, ada baiknya simak hal-hal berikut. Kemudian dipikirkan kembali masak-masak.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Mobil Terbaik untuk Perempuan

  1. 10 Rekomendasi Mobil yang Cocok untuk Perempuan Muda
  2. 5 Rekomendasi City Car untuk Perempuan yang Paling Cocok
  3. Ini Dia Rekomendasi Mobil Segmen SUV Terfavorit untuk Perempuan

1. Pastikan mobil belum pernah kena kebanjiran

Umumnya, hal ini terjadi di ranah perkotaan. Soalnya kalau di pedesaan lebih sering longsor daripada banjir. Beberapa pengamat mobil bekas berkualitas memperhitungkan hal ini karena memang sangat penting. Lihat apakah di bagian bawah pada kursi depan mobil bidikanmu terdapat sisa-sisa lumpur atau nggak. Kalau nggak lumpur, lihat karatnya.

 

Kalau sampai ada lumpur maupun karatnya, kamu wajib ekstra hati-hati. Mendingan jalan kembali dan pilih mobil lainnya. Pada mobil bekas yang berkarat gara-gara bekas terendam banjir, mesinnya juga pasti kena pengaruh. Ini bukan hal yang baik untuk dibicarakan memang. Setidaknya kamu sudah hati-hati dalam memilih mobil.

 

2. Pilih yang sesuai dengan hatimu

Mobil Avanza itu nggak terhitung banyaknya, baik yang dijual maupun yang tengah digunakan. Berbagai tipe hingga yang berseri juga ada. Jangan hanya tergiur oleh harganya yang murah. Cek juga nilainya. Apakah cocok dengan hatimu atau nggak. Misalnya dengan melihat body-nya, warnanya, maupun ketika kamu tengah mencoba-coba handling-nya.

 

Kalau kamu menyukai mobil Avanza agar tampak modern, mungkin Avanza Veloz cukup. Apalagi mobil ini memiliki harga jual kembali yang tinggi, walaupun kamu belinya sudah bekas. Bagi yang sering memanfaatkan jalan tol, Avanza yang bertipe G barangkali cocok. Pokoknya, apa pun itu, sesuaikan dengan passion-mu.

 

3. Cek bagian interiornya

Mobil Avanza bekas itu cukup banyak yang jual. Jadi, harus pastikan cek dulu interiornya sebelum membeli Avanza bekas tersebut. Saya senang berjalan-jalan dengan keluarga ketika menggunakan mobil berkapasitas besar. Nah, mobil ini sangat cocok untuk diajak jalan-jalan dengan membawa keluarga besar.

 

Untuk memastikan bagian interiornya bagus, cek secara teliti. Apakah banyak baretnya atau nggak. Tadi di awal-awal kita sudah bahas, kalau mobil pernah terendam banjir, bagian dalamnya kena. Tentu saja termasuk bagian interiornya. Beda ceritanya kalau bagian interiornya itu sudah sobek dan kusam. Itu, sih, karena pemiliknya dulu kurang merawatnya.

 

4. Cek bagian mesin dan penampung oli

Dua bagian ini masih satu area. Kalau kamu kurang paham dengan mesin mobil Avanza, ajak saja mekanik atau teman yang lebih tahu. Biar kamu terbebas dari upaya nakal penjual yang ingin memanfaatkan keadaan. Bagian mesin sangat berpengaruh terhadap kinerja mobil secara keseluruhan. Sedangkan bagian oli, jadi sumber tenaganya.

 

Mobil Avanza yang sudah tua itu rentan dengan kebocoran pada bagian oli. Kebocoran ini juga bisa menimpa radiator, minyak kopling, maupun minyak rem. Saran saya, belilah yang belum terlalu lama. Toh, yang bekas juga banyak variasinya. Cuma harganya memang memiliki selisih tergantung umur.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi tentang Kredit Mobil Bekas

  1. Hati-Hati, Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Kredit Mobil Bekas
  2. Kredit Mobil Baru atau Bekas? Ini 5 Kelebihan dan Kekurangannya!
  3. Mau Kredit Mobil Bekas di Bank atau Leasing? Pahami Kelebihan dan Kekurangannya

 

5. Periksa bagian eksteriornya

Bagian eksterior dan interior nggak boleh dilupakan. Terutama pada bagian kap mesin, sasis, maupun lain-lainnya. Mobil Avanza yang pernah menghadapi benturan hebat akan tampak sekali jejaknya. Nggak mungkin bisa dimanipulasi dengan cat tertentu sekalipun. Inilah hebatnya Avanza. Desain aslinya halus dan cukup kuat selama bertahun-tahun.

 

Membeli Avanza bekas memang cukup berisiko. Khususnya untuk para pembeli yang awam terhadap mesin maupun perkembangan versi Avanza bekas dengan seri tertentu. Namun bukan berarti mustahil untuk mendapatkan yang terbaik. Asalkan kamu membeli di dealer terpercaya, mereka dengan senang hati akan membeberkan kelebihan dan kelemahannya.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

Tunaiku, KTA Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett