SWARA – Beberapa produsen gencar mengeluarkan mobil baru dengan desain menarik berteknologi unggulan. Hal ini membuat konsumen yang nggak mau ketinggalan zaman ingin segera memilikinya.

 

Daripada menambah mobil, ada baiknya kamu menjual mobil lama lalu membeli mobil baru. Nggak hanya menghemat biaya pajak kendaraan bermotor, kamu juga nggak perlu menyediakan lahan yang lebih luas untuk parkir 2 mobil. Selain itu, memiliki lebih sedikit kendaraan akan membuatmu terhindar dari gaya hidup konsumtif.

 

Banyak orang yang enggan menjual mobil lamanya karena takut harga jualnya rendah. Padahal, kalau dipoles sedikit saja, mobil bekasmu bisa terjual lebih mahal, lho! Berikut cara yang bisa dilakukan agar mobil bekasmu cepat laku dengan harganya tinggi.

 

Artikel Terkait: Beli Mobil Bekas

  1. 5 Alasan Membeli Mobil Bekas Lebih Banyak Diminati dan Jadi Pilihan Utama
  2. Beli Mobil Bekas, Lebih Untung Tunai atau Kredit?
  3. Mobil Bekas Tahun 2000 yang Harganya di Bawah Rp100 juta

 

1. Bersihkan mobil dan cek fungsi

Tips pertama agar mobil bekas cepat laku adalah bersihkan mobil, baik di bagian luar maupun dalam. Orang akan mudah jatuh cinta pada pandangan pertama, begitu pula ketika melihat mobilmu yang bersih dan mulus mereka akan menyukainya.

 

Pastikan mobil dalam kondisi prima. Cek seluruh bagian dan fungsinya, lakukan perbaikan jika perlu. Teliti AC mobil apakah masih dingin, rem dan pedal kopling masih bagus, lalu cobalah apakah mesin masih ringan dan nyaman digunakan?

 

Selain mengecek bagian interior, kamu juga wajib mengecek bagian eksterior. Teliti apakah jendela dapat berfungsi lancar, nyala lampu apakah masih terang, body mobil apakah masih mulus?

 

Lakukan service ringan di bengkel untuk memastikan mobil yang akan kamu jual sudah dalam kondisi terbaik. Setidaknya, ganti oli mesin dan oli persneling agar mobil mulus saat dikendarai.

 

2. Siapkan surat-suratnya

Siapkan STNK, BPKB dan beberapa dokumen penting lainnya. Kelengkapan surat-surat menjadi faktor yang krusial, karena pembeli enggan melirik mobil yang pajaknya mati sehingga harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membayar denda. Pastikan bahwa kamu adalah warga negara yang tertib membayar pajak sebelum jatuh tempo.

 

3. Cek harga di pasaran

Sebelum menentukan harga jual mobil, ada baiknya kau mengecek harga mobil bekas di pasaran. Cara ini bisa dilakukan melalui koran, majalah otomotif, dan internet. Hal ini bertujuan agar harga yang kamu patok nggak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

 

Mematok harga terlalu rendah akan membuatmu rugi. Mematok harga terlalu tinggi pun akan membuat mobil yang kamu jual sulit laku. Jadi, sebaiknya pasang harga rata-rata saja, ya!

 

4. Jujur

Meski sudah berusaha untuk memperbaiki mobil bekas, jika pada akhirnya masih ada beberapa kerusakan yang belum bisa diperbaiki, kamu wajib menyampaikan kekurangan ini pada calon pembeli. Ini berarti, kamu harus menyesuaikan harga yang kamu tawarkan dengan kondisi mobil.

 

Jujur terhadap kondisi mobil akan menghindari komplain dari pembeli di kemudian hari. Bahkan, kalau kamu memang berbisnis jual-beli mobil, ketidakjujuran dapat mencoreng nama baikmu, lho! Bicarakan baik-baik kalau AC kurang dingin karena beberapa bulan lagi wajib diganti, atau ban belakang tiga bulan lagi harus diganti karena sudah tipis. Dengan kejujuran yang kamu utarakan, pembeli pasti yakin bahwa kamu menjual barang yang baik disertai pelayanan yang memuaskan.

 

Artikel Terkait: Tips Merawat Mobil

  1. 8 Hal yang Harus Diketahui saat Merawat Mobil Manual
  2. 8 Hal yang Harus Diketahui Saat Merawat Mobil Matic
  3. 7 Cara Merawat Mobil di Musim Hujan Agar Kondisinya Prima

 

5. Tawarkan di beberapa tempat

Di beberapa daerah biasanya ada lokasi khusus untuk menjajakan mobil-mobil bekas, seperti di gedung TVRI Yogyakarta yang setiap hari Minggu pagi rutin menggelar parade jual mobil bekas. Ikutilah acara semacam ini, karena kamu dapat bertemu langsung dengan calon pembeli yang ingin membeli mobil bekas.

 

Manfaatkan internet untuk menjual kendaraanmu. Kamu bisa menawaran di sosial media yang kamu miliki, meminta bantuan teman untuk ikut menawarkan, atau bisa juga menawarkan di beberapa marketplace terkenal. Buatlah foto yang bagus dengan pencahayaan yang baik agar orang-orang tertarik. Foto semua detail mobil. Cantumkan spesifikasi dan deskripsi yang lengkap.

 

Itulah beberapa cara agar mobil bekas cepat laku dijual. Sudah siap untuk mempraktikkan?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

   PAULUS RISANG