Beranda > Gaya Hidup > 8 Hal yang Harus Diketahui saat Merawat Mobil Manual

8 Hal yang Harus Diketahui saat Merawat Mobil Manual

Artikel ini ditulis oleh:
8 Hal yang Harus Diketahui saat Merawat Mobil Manualwatermark

TUNAIKU.COM – Mobil manual itu sudah dikenal sejak lama di Indonesia. Waktu saya masih SMA saja sudah ada. Berbeda dengan mobil matic yang baru ramai belakangan ini. Merawat mobil manual sebetulnya sama mudahnya dengan perawatan untuk mobil matic. Sudah saya buktikan sendiri soalnya. Untuk memaksimalkan perawatan, perhatikan 8 hal ini dengan cermat.

 

Artikel terkait : Hadapi musim hujan, ini cara agar kendaraan pribadi tetap optimal

  1. 9 Cara Merawat Kendaraan di Musim Hujan yang Mudah Diterapkan
  2. Penting, Ini 5 Trik Jitu Memilih Jenis Ban Motor saat Musim Hujan
  3. 7 Cara Merawat Mobil di Musim Hujan Agar Tidak Cepat Rusak

 

1. Penuhi tangki bahan bakar dan selalu cek

Hal ini seringkali disepelekan oleh para pengguna mobil di Indonesia. Padahal masalah kecil yang disepelekan bisa menjelma jadi masalah besar. Kalau bahan bakar dalam tangki kosong atau minim, maka kotoran dan kerak di dalamnya mudah muncul. Kan bahaya kalau sampai bahan bakar dan kotoran tercampur. Nantinya bisa mempengaruhi kinerja mesin mobil.

 

2. Coba sesekali tarik gas sekuat-kuatnya

Untuk menerapkan cara ini, kamu harus berada di area yang tepat. Kriterianya harus jalanan lurus, panjang, dan tidak banyak mobil melintas. Momen seperti ini sangat banyak ditemui di jalanan tol. Lakukan pada waktu para karyawan belum berbondong-bondong pergi kerja. Tujuannya untuk menghilangkan kerak yang menempel di saluran pembuangan gas.

 

3. Pengecekan mesin dan tune Up secara berkala

Proses ini melibatkan montir atau teknisi yang bertugas untuk menanganinya. Tune up pada mobil di bengkel terpercaya merupakan upaya kita untuk membuatnya jadi lebih awet. Bukan hanya untuk body-nya saja, tetapi untuk komponen-komponen pada mesin mobil. Harap selalu sediakan bujet yang cukup untuk menerapkan proses ini.

 

4. Gunakan kopling dengan cara yang benar

Penggunaan kopling yang benar akan membuat mobil jadi lebih awet dan terhindar dari potensi aus. Harap tidak menyentuh pedal kopling pada waktu kamu memasukkan gigi. Kalau kamu buru-buru menyentuh pedal kopling, maka untuk menerapkan cara merawat mobil manual lainnya akan terhambat. Soalnya kamu telah memungkiri satu faktor penting.

 

5. Lengkapi suku cadang orisinal selama berkendara

Suku cadang mobil manual yang orisinal hanya bisa kamu dapatkan di bengkel remsi dan terpercaya. Harganya mungkin agar mahal, tapi dari segi keawetannya tidak perlu diragukan lagi. Dibanding dengan suku cadang murah, tapi mudah rusak, pilih mana? Ketemunya kan jadi sama-sama mahal. Cuma yang satu dibayar cash, sedang satunya terkesan menyicil.

 

6. Menjaga agar timing belt  mobil agar tidak mengalami kerusakan

Saat mobil bekerja, roda-roda gigi akan menghubungkan antar komponen di dalam mobil. Nah, posisi timing belt ini berguna untuk meneruskan roda gigi yang terhubung dengan komponen lainnya itu. Oleh karena itu, pada waktu mobil dikendarai dan terdengar suara yang tidak enak di telinga, kemungkinan besar yang rusak itu timing belt-nya.

 

7. Jangan lupa cek cairan radiatornya

Apa sih kegunaan cairan radiator? Salah satunya untuk menetralkan suhu yang ada pada mesin mobil. Suhu yang panas jelas bukan kabar bagus untuk kesehatan mobilmu. Lakukan pengecekan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kalau sudah menempuh sekitar jarak 1000 kilometer, lakukan penggantian cairan radiator tersebut.

 

Artikel terkait: Jangan sampai kamu melakukan kesalahan berkendara ini

  1. Untukmu Para Wanita, Ini 7 Tips Aman Berkendara di Malam Hari!
  2. Hindari 6 Kesalahan yang Tanpda Disengaja Dilakukan Saat Mengendarai Mobil Matik
  3. Pengendara Mobil Matic Wajib Hindari 7 Kesalahan Ini

 

8. Rajin mengecek stater mobil

Tentu sangat merepotkan kalau ada mobil di-stater saja sulit. Alhasil, setiap kali mau jalan harus dorong dan dorong. Apa kamu tidak kasihan sama yang dorong mobilmu tiap hari? Biar hal itu tidak terjadi, rajin-rajinlah cek stater mobil. Biasanya masalah stater ada pada suplai bahan bakar dan kesehatan penyaring udara dalam mobil.

Cara merawat mobil manual tidak terlalu sulit, kan? Jangan lupa untuk rajin-rajin mengganti oli mesin ketika sudah menempuh jarak sekitar 500 kilometer. Cara ini juga bisa membuat mobil jadi lebih awet. Saya juga sering lupa untuk melakukan perawatan mobil. Setidaknya dengan artikel ini, kita semua jadi ingat agar mobil kita selalu dirawat.

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

1


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett