Beranda > Gaya Hidup > 8 Hal yang Harus Diketahui Saat Merawat Mobil Matic

8 Hal yang Harus Diketahui Saat Merawat Mobil Matic

SWARA TUNAIKUSwara
8 Hal yang Harus Diketahui Saat Merawat Mobil Maticwatermark

TUNAIKU.COM – Cara merawat mobil matic hampir sama dengan perawatan pada motor matic. Hanya saja skalanya lebih besar. Komponennya lebih rumit pula. Saya sudah 5 tahun yang lalu beli mobil matic. Sampai sekarang masih berfungsi dengan baik tanpa bolak-balik pergi ke bengkel. Kira-kira, apa yang saya lakukan untuk menjaga kualitas performa mobil saya?

 

Artikel Terkait: Tips Merawat Motor Agar Tetap Awet

  1. Ini Tips Merawat Motor Sport Agar Tungganganmu Lebih Awet
  2. Rawat Motor Vespamu dengan Beberapa Tips Ini!
  3. Tips Rawat Motor Matic Supaya Awet Terus

 

1. Cek kondisi persneling

Sebagai pengemudi sekaligus pemilik mobil matic yang baik, saat menggunakan persneling harus benar. Harap untuk tidak menggunakan persneling “P” pada waktu mobil sudah berhenti. Penggunaan persneling “P” bisa menyebabkan kerusakan serius pada bagian tersebut. Persneling “P” dipakai untuk memarkir mobil. Bukan untuk melajukan mobil.

 

2. Rajin memanaskan mobil sebelum dipakai

Apa pun kesibukanmu, harap beri jeda lebih dulu untuk memanaskan mobil matic. Paling-paling hanya makan waktu beberapa belas menit saja. Ketika lagi memanaskan, kamu bisa sambil makan bersama keluarga. Nanti tidak terasa sudah siap. Soalnya kalau tidak dipanaskan, konsumsi bahan bakar selama berkendara jadi menggila.

 

3. Lakukan uji jalan lebih dulu sebelum bawa ke bengkel

Rajin membawa mobil matic ke bengkel memang bagus. Namun, sebaiknya kamu mengenali lebih dulu kerusakan yang terjadi pada mobilmu. Jadi ketika sudah berada di bengkel, kamu tahu apa yang salah dengan mobilmu. Potensi dibohongi oleh orang-orang bengkel jadi minimal. Biasanya kerusakan pada mobil mudah dideteksi pada waktu dibawa jalan.

 

4. Uji kinerja transmisi mobil

Transmisi pada mobil matic menjadi nyawa yang tak terpisahkan. Lancar tidaknya berkendara sangat bergantung pada kesehatan transmisi mobil. Cara mengujinya cukup mudah. Coba mulai lajukan kendaraan, mainkan persneling “D” ataupun “R”. Kemudian injak rem. Kalau proses hentinya mulus, berarti transmisi mobil masih aman.

 

5. Rajin mengganti oli transmisi

Penggantian oli transmisi termasuk cara merawat mobil matic yang cukup esensial. Minimal oli transmisi harus diganti setelah kamu melakukan perjalanan sekitar 500 kilometer. Apalagi kalau terkena banjir yang menyebabkan air memasuki kawasan transmisi mobil. Penggantian oli bisa lebih sering. Kalau kamu tidak tahu cara menggantinya, tanya ke teknisi saja.

 

6. Cek kondisi oli transmisi pada mobil

Masih berkaitan dengan poin kelima tadi. Penggantian oli transmisi jangan sampai kering lebih dulu. Saat komponen pada mesin itu kering, maka mesin jadi mudah rusak. Begitu pula ketika pemberian oli transmisi dilakukan secara berlebihan. Itulah pentingnya mengecek lebih dulu kondisi oli transmisinya. Biar pemberian oli bisa sesuai takaran yang pas.

 

7. Rajin servis mobil

Cara ini wajib kamu lakukan kalau belum benar-benar tahu perawatan mobil matic yang efektif. Siapa tahu kamu terlalu sibuk untuk mengurus kesehatan mobil sendiri. Jadi mau tidak mau harus menggunakan jasa orang lain. Biaya untuk check-up maupun perbaikan itu tidak mahal kok, asalkan mobil matic bisa dilajukan dengan aman itu sudah cukup.

 

Artikel Terkait: Yuk, Buat Kendaraanmu Lebih Memesona

  1. Pilah Pilih Lampu Mobil, Ini Tips Mudahnya
  2. Percantik Mobil Klasik dengan Bujet Minim, Ini 5 Bengkel yang Direkomendasi
  3. Rekomendasi 5 Bengkel Motor Modifikasi Terbaik di Jakarta

 

8. Hindari parkir mobil di tempat panas

Parkir mobil matic juga tidak boleh sembarangan. Soalnya kalau di tempat panas, komponen di dalam mobil bisa cepat memuai. Jadi, carilah tempat yang agak teduh atau teduh. Kalau kamu nyaman dengan tempat itu, pasti nyaman juga untuk mobil kamu. Saya sarankan, jangan parkir sembarangan. Apalagi kalau sampai mengambil hak para pejalan kaki.

 

Lakukan cara merawat mobil matic di atas untuk menjaga performa mobil dan biar bisa tahan lama. Selain ke-8 poin di atas, ada satu hal yang tak kalah pentingnya. Usahakan setiap pekan atau setiap hari, mobil kamu dicuci sampai bersih. Tujuannya untuk menghindari potensi serangan bakteri maupun mikroorganisme yang menyebabkan mobil berkarat.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

2

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett