Beranda > Gaya Hidup > Miliki 5 Alat Wajib Ini untuk Dukung Jadi Pelukis Profesional

Miliki 5 Alat Wajib Ini untuk Dukung Jadi Pelukis Profesional

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Miliki 5 Alat Wajib Ini untuk Dukung Jadi Pelukis Profesionalwatermark

TUNAIKU.COM – Kamu merasa punya bakat melukis? Dari pada kamu hanya coret – coret di kertas, menggambar atau hanya membuat sketsa – sketsa dengan pencil atau spidol lebih baik tekuni bakatmu dan mulai untuk menjadi pelukis profesional. Tetapi kalau cuma modal bakat saja nggak akan cukup, kamupun harus mulai membeli beberapa peralatan penunjangnya.

 

Nah, kira – kira untuk mulai jadi seorang pelulis profesional butuh peralatan lukis apa saja, ya? Berikut ulasannya.

1. Kuas

Hal yang mendasar untuk kamu belajar menjadi seorang pelukis profesional adalah kuas. Untuk menghasilkn sebuah karya lukis kamu membutuhkan beberapa jenis kuas. Macam jenis kuas inipun sangat beragam. Bentuk dan kegunaannyapun berbeda – beda sehingga kamu harus tau kuas yang seperti apa yang kamu butuhkan. Beberapa bentuk kuas yang biasa dipakai pelukis – pelukis profesional diantaranya yaitu kuas round, flat, bright, filbert, fan, angle, mop dan rigger.

 

Artikel Terkait: Untuk Kamu yang Hobi Melukis

  1. Jenis-jenis Cat Buat Kamu yang Suka Melukis
  2. Ingin Investasi dengan Lukisan? ini Tipsnya Sebelum Membeli
  3. 5 Ide Hias Dinding dengan Wall Gallery, Yuk Berkreasi Percantik Rumah!

 

Untuk harga sendiri berbeda setiap jenis dan merknya. Satu kuas sendiri bisa dihargai mulai dari Rp 8 ribu hingga ratusan ribu. Kamu bisa menyicil satu persatu kalau memang terlalu mahal jika membeli berbagai jenis kuas.

Tetapi jika ingin menghemat kamu bisa membeli kuas satu set dengan berbagai tipe dan bentuk. Meski agak mahal di awal tetapi kamu bisa lengsung memiliki banyak kuas dari berbagai jenis dengan harga yang lebih murah jika kamu membeli kuas satu persatu. Bisanya satu set kuas standar dihargai mulai dari Rp 100 ribu tergantung berapa jenis kuas dan bahan dari kuas tersebut.

2. Cat

Selain kuas, peralatan lainnya yang wajib kamu miliki adalah cat. Kamu nggak akan bisa melukis kalau kamu nggak punya cat. Karena sesungguhnya sebuah karya lukis itu sangat didominasi dari warna – warna yang dihasilkan cat yang dipakai si pelukis. Seperti halnya kuas, cat juga banyak macam dan jenisnya. Tergantung kegunaan dan selera dari si pelukis. Ada yang memang suka menggunakan cat air, cat minyak, cat akrilik dan cat poster, cat tekstil dan cat semprot.

Untuk harga sendiri tergantung dari jenisnya. Cat air mungkin masuk kedalam jenis cat yang paling murah. Bahkan untuk merk yang paling murah saja kamu bisa mendapatkan berbagai warna cat air hanya dengan Rp 20 ribu saja. Untuk cat minyak sendiri satu set berkisar di harga Rp 50 ribu hingga ratusan ribu tergantung merk dan ukurannya.

Sementara cat akrilik, cat poster, lebih banyak dijual persatuan namun juga banyak yang menjual satu set lengkap hanya saja harganya lebih mahal yaitu diatas Rp 100 ribuan. Dan kalau kamu tertarik menggunakan cat semprot kamu juga harus membelinya persatuan dengan harga sekitar Rp 17 – 30 ribu satu botolnya.

 

3. Palet

Sudah ada kuas, dan cat, maka pelengkapnya adalah pallet. Alat ini akan kamu butuhkan untuk mencampurkan cat sebelum mengaplikasikannya ke media lukismu. Saat kamu mencari pallet pilihlah pallet dengan bahan yang licin agar nggak mudah meresap.

Kamu bisa memilih pallet dari bahan plastik atau kayu sesuai dengan seleramu. Untuk harganya sendiri pallet dijual dengan harga mulai dari Rp 15 ribu.

CTABARU1

Mobile Site CTA

 

Artikel Terkait: Menjalani Hobi Sebagai Penghilang Stres

  1. 8 Hobi Favorit dan Jadi Pilihan Bagi Perempuan Bekerja, Anti Stres dan Bikin Rileks
  2. Punya Hobi Menggambar? Ini Peluang Bisnis yang Bisa Kamu Jalani
  3. Hobi Traveling Pasti Kadang Tidak Sadar dengan Biaya Tak Terduga Ini, Berikut Tips Antisipasinya!

4. Media lukis

Untuk mengaplikasikan imajinasi dengan goresan warna – warna cat yang kamu punya kamu memerlukan suatu media. Media yang bisa kamu gunakan yaitu kertas atau kanvas. Kertas mungkin akan lebih baik digunakan jika kamu memakai cat air.

Tetapi kalau kamu menginginkan hasil yang lebih bagus dan awet kamu bisa menggunakan media kanvas. Untuk harganya sendiri kanvas dijual dari harga Rp 15 ribu.

5. Easle

Kalau kamu ingin lebih profesional serta mendapatkan hasil lukis yang bagus kamu akan membutuhkan perlengkapan lukis yang satu ini. Easle adalah alat untuk meletakan atau menjepit media lukis. Easle ini bisa dibilang seperti tripod yang memiliki kaki penyangga. Hanya saja easle berdiri agak miring dan memiliki papan atau penyangga media lukis.

Nah, itu dia beberapa peralatan lukis yang wajib kamu miliki kalau kamu ingin menjadi pelukis yang profesional. Kalau sudah punya peralatan diatas jangan lupa untuk terus mencoba melukis, ya. Karena menjadi seorang pelukis profesional membutuhkan banyak waktu untuk praktik. Jadi, jangan malas – malas untuk terus belajar melukis, ya.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett