Beranda > Gaya Hidup > Jenis-jenis Cat Buat Kamu yang Suka Melukis

Jenis-jenis Cat Buat Kamu yang Suka Melukis

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Jenis-jenis Cat Buat Kamu yang Suka Melukiswatermark

TUNAIKU.COM-Apakah kamu suka melukis dan ingin mempelajarinya? Selain buat hobi, melukis juga bisa jadi sumber penghasilan yang menjanjikan kalau benar-benar kamu tekuni, lho. Seperti salah satu teman saya yang jago banget melukis, akhirnya terjun jadi pelukis sepatu.

 

Saya pun kepincut dan pengin nyobain juga. Ternyata, cat lukis cukup banyak jenisnya. Semua tergantung pada media yang kamu gunakan untuk melukis. Biar nggak salah pilih, dikutip dari Bukalapak.com, ini dia penjelasan jenis-jenis cat lukis beserta kelebihan dan kekurangannya, ya.

 

1. Cat Minyak

Kalau kamu ingin melukis di atas kanvas, bisa memakai cat minyak. Sesuai dengan namanya, kamu harus mencampur cat ini dengan minyak khusus untuk bisa digunakan. Dengan cat minyak, kamu bisa menciptakan lukisan natural dengan hasil yang memuaskan, lho.

 

Artikel Terkait: Pilihan Hobi yang Bisa Kamu Coba

  1. 8 Hobi Favorit dan Jadi Pilihan Bagi Perempuan Bekerja, Anti Stres dan Bikin Rileks
  2. Punya Hobi Menggambar? Ini Peluang Bisnis yang Bisa Kamu Jalani
  3. Hai Para Introvert, Coba Tekuni Hobi yang Asyik Ini!

 

Apalagi, lukisan yang memakai cat minyak bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama. Kalau memang pakai cat dengan kualitas yang bagus, lukisanmu bisa bertahan hingga puluhan tahun.

 

2. Cat Air

Ini adalah jenis cat yang pertama kali saya pakai, yaitu cat air atau watercolor. Biasanya, dipakai untuk sentuhan akhir pada sketsa. Kamu harus menggunakan air untuk mengencerkannya. Karena pakai air, harus benar-benar hati-hati karena bisa belepotan kemana-mana dan gampang luntur. Kalau ingin menggambar di kertas, kamu bisa mempertimbangkan untuk pakai cat air.

 

Cat air punya beberapa kelebihan sehingga disukai banyak orang. Seperti menghasilkan warna yang khas dan mudah buat dibersihkan. Saya dan teman memakai satu warna, tetapi hasil akhirnya sangat berbeda. Ini tergantung dari teknik sapuan yang kamu terapkan. Satu lagi, cat air ini tergolong cat yang ramah dengan lingkungan.

 

3. Cat Acrylic

Nah, ini dia pilihan buat kamu yang pengin coba melukis di dua media, baik kertas maupun kanvas tanpa menimbulkan bau yang menyengat. Karena jenis cat ini adalah pilihan pas. Sebelum menggunakann cat acrylic, kamu mesti mengencerkannya dengan air. Mirip dengan cat air, bukan?

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Drama Korea

  1. 10 Drama Korea Berepisode Sedikit yang Cocok Ditonton di Perjalanan
  2. Drama Korea Bertemakan Profesi Jurnalistik atau Reporter
  3. 7 Drama Korea Bertema Pengacara atau Jaksa yang Seru untuk Ditonton

 

Karena cepat kering, jangan terlalu berharap untuk mendapatkan transparasi gambar yang bagus, ya. Kalau memang ingin mendapatkan transparasi gambar, bisa memilih cat air.

 

Setelah tahu beberapa jenis cat di atas, kamu bisa mulai untuk belajar melukis. Bisa secara mandiri dengan melihat tutorial di Youtube atau ikut painting class, ya.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett