Beranda > Gaya Hidup > Lakukan 5 Cara Ini untuk Menjaga Motor Sport agar Awet

Lakukan 5 Cara Ini untuk Menjaga Motor Sport agar Awet

TUNAIKU
Lakukan 5 Cara Ini untuk Menjaga Motor Sport agar Awetwatermark

TUNAIKU.COM – Bagi saya, motor sport selalu memiliki tempatnya sendiri. Karena memang terlihat keren kalau mengendari motor sport, merawat nya pun menyenangkan. Di rumah, saya punya satu motor tipe ini. Setiap hari saya pakai untuk jalan-jalan, nongkrong, maupun pergi ke pameran. Untuk membuatnya senantiasa awet, saya memiliki beberapa cara yang bisa dilakukan oleh siapa pun dengan mudah.

 

Artikel terkait: Tips Beli Kendaraan Murah

  1. Ini 10 Trik Membeli Motor Murah Berkualitas Tinggi Tanpa Tertipu
  2. Tertarik Membeli Mobil Murah Bekas Rental? Simak Dulu Pro-Kontranya Berikut Ini!
  3. Rekomendasi 10 Motor Hemat Bensin yang Nggak Bikin Boros

 

Selalu perhatikan kelistrikan pada motor

Kamu tahu enggak kalau motor sport itu cuma pakai sistem starter electric saja? Artinya apa? Kalau bagian kelistrikan ini enggak dirawat, secara otomatis motor pun enggak bisa jalan. Ketika kamu mau pergi ke acara jadi enggak bisa. Service-nya juga enggak murah, jadi jangan sampai deh belum lama beli, tiba-tiba ganti starter.

 

Oleh karena itu, selalu perhatikan kelistrikan pada motor sport. Caranya, cek kondisi akinya secara berkala apakah masih layak atau enggak. Kemudian bersihkan pula terminal pada aki, agar enggak mengganggu jalannya arus listrik. Sama hal nya seperti arus jalan raya, begitu ada tabrakan, jalanan pasti macet. Terlebih lagi kalau ada di kota besar. Jadi tetap perlu diperhatikan juga.

 

2. Selalu perhatikan kondisi ban motor

Selain kelistrikan, ban pada motor sport juga enggak kalah pentingnya. Tanpa ada ban yang sehat maka hati selalu waswas. Jangan-jangan pas jalan nanti malah terganggu, jangan-jangan bannya gampang meletus, dan lain-lain. Berkendara di jalan raya dengan perasaan waswas benar-benar enggak menyenangkan.

 

Saya seringkali menyisihkan waktu untuk fokus merawat ban motor sport saya. Caranya, lihat saja apakah jalur pada permukaan ban sudah licin atau belum. Kalau sudah licin maka menurut saya wajib diganti. Jangan sampai ban meletus, baru diganti. Bahaya! Merawat motor sport juga bicara tentang merawat bannya.

 

3. Selalu perhatikan kondisi rantai motor

Ini ada hubungannya dengan ban yang tadi kita bicarakan. Ban yang berkualitas akan cepat habis riwayat hidupnya kalau enggak dibarengi dengan perawatan pada rantai motor sport. Perawatan pada rantai enggak perlu jauh-jauh ke bengkel, cukup dengan pengetahuan dasar maka semua beres.

 

Caranya cukup mudah. Langsung saja kendarai motor sport milikmu lalu rasakan apakah lajunya sangat berisik atau enggak. Terutama pada bagian ban. Kalau iya, tandanya kamu harus menepi dulu lalu periksa rantainya. Kondisi rantai yang bagus itu enggak terlalu kencang dan enggak terlalu longgar. Jangan lupa rajin-rajin kasih oli, ya.

 

3 CTA

4. Selalu pakai BBM yang betul-betul bagus

Penggunaan BBM yang asal-asalan bisa membuat motor sport milikmu juga mudah rusak. Kenapa? Soalnya motor digerakkan oleh BBM. Tanpanya, seperti tubuh manusia yang tak berisi jiwa. Oleh karena itu, pakailah yang betul-betul bagus. Sebisa mungkin, beli di tempat-tempat yang biasa dikunjungi orang banyak. Ingat, enggak pepatah ini? “Di dalam tubuh yang kuat, jiwanya selalu sehat.” Pepatah tersebut juga berlaku untuk motor sport ini. Sayang kalau sampai motor mudah macet dan sebagainya gara-gara salah pilih BBM.

 

Artikel terkait: Rekomendasi Kendaraan

  1. Butuh Sepeda Motor Untuk Bekerja? Ini Kiat Beli Motor Kredit Pakai Pinjaman Tunaiku!
  2. Minati Moge, Ini 5 Pilihan Moge Keren dan Gagah
  3. Tertarik Membeli Mobil Keluarga? Simak 7 Rekomendasi Ini!

 

5. Rutin servis ke bengkel

Rutin itu enggak wajib setiap hari. Biasanya, setiap kendaraan bermotor memiliki jadwal rutin untuk servis. Selain untuk menjaga performa motor, servis secara berkala juga bisa membuat garansi motor terjaga.

 

Setelah membaca cara merawat motor sport seperti di atas, kira-kira bagaimana menurutmu? Enggak terlalu susah, kan? Semua kalau sudah terjalani dengan baik pasti mudah. Saya dulu juga begitu. Beruntung saya punya teman yang ahli utak-atik motor sport. Begitu saya ada yang enggak paham, dia langsung bantu saya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett