Beranda > Gaya Hidup > Lagi Tegang? Begini 7 Kiat Redakan Stres Dalam 5 Menit!

Lagi Tegang? Begini 7 Kiat Redakan Stres Dalam 5 Menit!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Lagi Tegang? Begini 7 Kiat Redakan Stres Dalam 5 Menit!watermark

TUNAIKU.COM – Sering menghadapi intensitas dan tekanan kerja kerjaan yang tinggi? Wah, harimu pasti hectic banget, ya. Hati-hati, soalnya stres bisa mengancam kesehatan mental dan mempengaruhi kondisi fisikmu.

 

Ketika tekanan kerjaan lagi tinggi-tingginya, saya harus mengelola stres dengan baik. Kalau nggak, bisa-bisa tubuh saya malah drop dan terpaksa meninggalkan tumpukan kerjaan yang nggak bisa selesai dengan sendirinya.

 

Ada beberapa cara sederhana yang sering saya lakukan untuk meredakan stres dengan cepat, cukup lima menit. Kamu juga bisa mencontohnya!

 

1.Tingkatkan detak jantung lewat gerakan ringan

Ketika stres mulai melanda, biasanya saya akan bangkit dari kursi dan melakukan gerakan-gerakan ringan seperti jumping jack, push-up, squat, atau sekadar naik-turun tangga. Nggak perlu banyak-banyak, yang penting cukup untuk meningkatkan denyut jantung.

 

Kalau gerakan yang saya contohkan masih terasa berat, kamu bisa melakukan gerakan-gerakan peregangan atau gerakan olahraga apapun yang kamu sukai. Joget juga boleh!

 

Gerakan olahraga terbukti mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak, sekaligus mendorong produksi hormon serotonin yang mampu mencegah depresi dan bikin mood-mu lebih baik.

 

Artikel terkait: Hal-hal pemicu stres

  1. 8 Kebiasaan Ini Bikin Millennial Gampang Stres dan Kurang Produktif
  2. Waspadai 7 Penyakit yang Disebabkan Pernikahan Bermasalah
  3. Hati-Hati, 6 Masalah Ini Datang Gara-Gara Berpikiran Negatif

2. Jalan-jalan ke luar untuk menikmati udara segar dan paparan sinar matahari

Di sekitar area kantormu ada taman atau tempat nongkrong? Nggak ada salahnya “kabur” sejenak untuk menghilangkan penat. Jalan-jalan ke luar untuk menikmati udara segar dan paparan sinar matahari adalah cara ampuh untuk meningkatkan kadar hormon serotonin yang dapat menghaiau stres.

 

3. Makan es krim

Siapa yang nggak doyan es krim? Selain rasanya manis, es krim ternyata mampu meredakan stres, lho! Kandungan susu dan krim di dalamnya mengandung triptofan yang memiliki efek menenangkan. Tapi, jangan keseringan, soalnya es krim bisa bikin gemuk!

 

4. Mencium aroma jeruk

Kalau kamu kerja di lingkungan dengan tingkat stres tinggi, nggak ada salahnya menyiapkan minyak aromaterapi beraroma jeruk lemon di sakumu. Lebih bagus lagi, kalau kamu bawa jeruk betulan. Peneliti dari Cardiff University School of Bioscience menemukan bahwa aroma dan warna jeruk lemon membantu menenangkan otak dan meredakan stres.

 

5. Mewarnai gambar

Sediakan buku mewarnai dan krayon di laci meja kerjamu. Setiap kali stres melanda, lakukanlah aktivitas mewarnai gambar. Berdasarkan sebuah penelitian, mewarnai gambar membantu kamu mengelola tingkat stres dan mampu meningkatkan produktivitas kerja.

 

6. Lakukan olah pernapasan

Apakah kamu lagi stres sekarang? Coba luruskan punggung, pejamkan mata, lalu tarik napas dalam-dalam. Lewat teknik pernapasan yang benar, kamu bakal lebih gampang merasa rileks. Stres pun reda dengan segera.

 

Artikel terkait: Berbagai tips atasi stres

  1. 7 Tanaman Anti Stres yang Cocok Ditanam di Rumah
  2. 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental, Bantu Lawan Depresi dan Stres
  3. 5 Buku Ilustrasi Karangan Penulis Indonesia yang Bisa Dibaca untuk Mengurangi Stres

 

7. Tersenyumlah!

Ketika mood lagi nggak mendukung, tersenyum mungkin bukan hal yang mudah. Tapi, nggak ada ruginya dicoba. Cara sederhana ini mampu meningkatkan kadar serotonin yang bikin kamu merasa senang. Selain itu, pikiranmu juga bakal jadi lebih positif. Smile!

 

Nah, lewat kiat-kiat redakan stres di atas, kamu bisa mengucapkan selamat tinggal pada stres yang menekan. Bye-bye, stres!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman tanpa agunan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa kartu kredit, kredit tanpa jaminan, kredit tanpa agunan, motor rilis 2018, motor baru

 

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett