SWARA – Belakangan ini dunai sedang dihebohkan dengan virus mematikan bernama corona atau 2019-nCoV. Virus yang merebak pertama kali di Wuhan, Tiongkok ini seakan mengingatkan kita kepada tragedi SARS di tahun 2002 dan MERS di tahun 2012. 

 

 

Ketiga virus ini, baik corona, SARS, maupun MERS sama-sama menyerang pernapasan. Namun, ketiganya juga memiliki perbedaan. Corona sendiri termasuk jenis virus zoonosis yang artinya ditularkan dari hewan ke manusia, baru selanjutnya dari manusia ke manusia.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Virus dan Penyakit yang Merebak Belakangan Ini

  1. Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Pneumonia Biasa dan Pneumonia Akibat Virus Corona
  2. Viral Virus Corona, Ini yang Perlu Kamu Ketahui!
  3. Usai Banjir, Waspadai Tujuh Penyakit Ini!

 

Gejala yang disebabkan oleh virus ini antara lain flu, demam, sesak nafas, batuk-batuk, dan sakit pernafasan dari ringan hingga berat. Gejala bisa lebih parah lagi jika sudah menyebabkan pneumonia.

 

Untuk penyakit selanjutnya, SARS, merupakan sebutan bagi ancaman virus korona. Ketiganya memiliki perbedaan yang di antaranya!

 

1. Lokasi awal mula

Dua dari tiga virus ini berasal dari negara yang sama. Virus korona pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Tiongkok pada 31 Desember 2019. SARS juga ditemukan di China pada tahun 2002. Sedangkan untuk MERS ditemukan di Timur Tengah pada tahun 2012.

 

2. Sumber

Untuk virus corona, sejumlah ilmuwan mengatakan kalau virus ini berasal dari kelelawar dan ular. Sedangkan SARS berpindah dari kelelawar ke musang, baru ke manusia. MERS juga berasal dari kelelawar yang berpindah ke unta dan akhirnya menular ke manusia.

 

3. Penyebaran

Penyebaran corona ini diduga melalui sentuhan atau memakan binatang inang virus. Jadi, ketika kamu menyentuh atau memakan kelelawar yang terjangkit bisa tertular. Sedangkan untuk MERS bisa tertular jika bersinggungan langsung dan mengonsumsi susu dan daging unta yang terkena infeksi virus.

 

Artikel Terkait: Terapkan Gaya Hidup Sehat Ini Biar Nggak Mudah Sakit

  1. Tahukah Kamu, Terapkan Gaya Hidup Sehat Bisa Bikin Kantongmu Lebih Hemat!
  2. 5 Manfaat Terong Bagi Kesehatan yang Tak Banyak Orang Ketahui
  3. Tahukah Kamu? Kacang Edamame Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung, lho! Yuk, Simak Manfaat Lainnya

 

4. Gejala umum

Ketiga vorus ini memiliki gejala umum yang sama, yaitu demam. Perbedaannya, untuk corona diikuti dengan batuk, kelelahan, sakit kepala, hemoptis, dan diare. Untuk SARS, gejala diikuti dengan menggigil, batuk kering, dan sakit bagian dada. Sedangkan pada MERS, gejala diikuti dengan batuk, gangguan pernapasan akut, dan diare.

 

5. Tingkat kematian

Untuk virus corona, SARS, dan MERS memiliki tingkat mematikan yang berbeda. SARS sendiri memiliki tingkat kematian sebesar 10%, sedangkan MERS 37%. Untuk corona virus sendiri jumlah penderita dan korban meninggal masih terus bertambah. Menurut katadata.co.id, sampai tanggal 12 Februari 2020 korban meninggal sudah mencapai 1.110 jiwa.

 

Itu dia perbedaan antara corona virus, SARS, dengan MERS. Ketiganya sebenanrya sama-sama satu rumah dan berbahaya karena mematikan. Untuk itu, jaga kebersihan diri dan lingkungan serta terapkan gaya hidup sehat, ya.