SWARA – Di zaman serba sibuk seperti sekarang ini, orang menghendaki kehidupan yang serba praktis Makan makanan cepat saji, pergi ke car wash, laundry, dan memilih menggunakan kendaraan pribadi ketika bepergian. Beberapa contoh praktis tersebut memang terlihat sangat mudah dan menyenangkan. Namun, tanpa disadari gaya hidup serba praktis itu justru tak jarang akan menggerogoti dompet kita.

Tak masalah jika kamu memiliki penghasilan lebih. Namun jika penghasilanmu pas-pasan, tak ada salahnya untuk sedikit lebih repot demi berhemat. Asal kamu tahu, hidup hemat juga bisa membuatmu sehat, lho. Berikut beberapa contohnya.

1. Masak makananmu sendiri
Membeli makanan di warung atau resto langganan memang terlihat praktis dan lezat. Tinggal pilih menu sesuai keinginanmu, makan, bayar, lalu tinggal pergi. Tak perlu repot-repot masak, atau bahkan cuci piring. Namun, ternyata kebiasaan tersebut justru membuat keuanganmu menipis. Kamu juga tak bisa menjamin kebersihan dapur si warung maupun cara memasaknya, sehingga tingkat kesehatan makanan-pun meragukan. Oleh sebab itu, tak ada salahnya kamu masak sendiri di rumah. Apalagi jika kamu selalu masak sayur, maka dijamin tubuhmu akan semakin sehat dan segar.

2. Cuci kendaraan dan baju sendiri
Jangan malas untuk mencuci baju dan kendaraanmu sendiri. Meski memakai jasa laundry terlihat praktis, namun ternyata mencuci sendiri justru lebih hemat. Kamu hanya perlu detergen, ember, air, jemuran, serta tenagamu. Cukup keluarkan uang tak lebih dari lima ribu, kamu sudah bisa mencuci berkilo-kilo baju. Ongkos yang sama juga berlaku ketika kamu mencuci motormu sendiri. Nilai plus-nya, kamu akan membakar lebih banyak kalori.

3. Nggak begadang bisa menghemat tagihan listrik
Apa sih yang kamu lakukan jika malam menjelang? Begadang? Nonton tv atau main game di PC? Jika memang demikian, mulai sekarang batasi jam tidurmu sampai maksimal pukul sepuluh malam. Pasalnya, tubuhmu butuh istirahat setelah seharian lamanya bekerja. Jika dipaksakan begadang hampir setiap hari, dikhawatirkan kesehatanmu akan memburuk. Selain itu, dengan tidak menyalakan TV dan PC semalaman, kamu juga bakal menghemat pengeluaran listrik di rumahmu.

4. Bangun lebih pagi dan gunakan sepeda untuk berangkat ke kantor
Daripada menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkutan umum, tak ada salahnya kamu mulai berjalan kaki atau naik sepeda ke kantor. Pasalnya, dengan menggunakan sepeda ke kantor, kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli bensin ataupun untuk ongkos angkutan umum. Tak perlu takut telat. Mulailah bangun lebih pagi dan siap-siap berangkat ke kantor sekaligus olahraga. Jika dilakukan tiap hari, bukan tidak mungkin jika perut sixpack dan betis atlestis bisa terwujud.

5. Hindari merokok
Berapa rupiah uang yang kamu habiskan untuk membeli sebungkus rokok? Limabelas ribu, atau bahkan duapuluh ribu? Lalu berapa bungkus rokok yang kamu habiskan dalam kurun waktu satu minggu? Sebungkus, dua bungkus, atau bahkan tiga bungkus? Jika kamu perokok berat, mulailah sedikit demi sedikit mengurangi kebiasaan merokokmu itu. Pasalnya selain boros, merokok juga berdampak buruk bagi kesehatan. Ingat, biaya rumah sakit sekarang ini nggak murah lho.

6. Olahraga Calisthenic
Tak perlu bayar uang hingga ratusan ribu untuk menggunakan fasilitas di gym. Pasalnya, untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar, serta otot yang kuat, kamu hanya perlu berolahraga dirumah saja. Gunakan beban tubuhmu untuk olahraga. Jika kamu bosan olahraga sendirian dirumah, kamu bisa ikut bergabung dengan komunitas-komunitas street workout atau calisthenic di kotamu. Coba deh googling kedua kata itu. Hasilnya nggak jauh beda dengan olahraga di gym kan? Gratis pula.