Beranda > Gaya Hidup > Kenali Lebih Dalam Proses Jual dan Beli Kendaraan Sistem Lelang

Kenali Lebih Dalam Proses Jual dan Beli Kendaraan Sistem Lelang

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Kenali Lebih Dalam Proses Jual dan Beli Kendaraan Sistem Lelangwatermark

TUNAIKU.COM – Proses membeli kendaraan memang ada beragam cara. Ada yang membeli langsung cash secara perseorangan, membeli cash di shoroom, sistem kredit ke perseorangan, sampai kredit melalui leasing. Namun, ada juga sistem pembelian yang bisa dicoba dengan harga miring. Sistem lelang namanya.

 

Membeli kendaraan dalam sistem lelang tentu punya kelebihan. Kamu bisa mendapatkan harga kendaraan jauh lebih murah di bawah rata-rata. Kualitas barang pun masih bagus. Selain itu, secara nggak langsung kamu menolong nasabah yang nggak bisa melunasi utangnya di bank.

 

Tentu cara membeli kendaraan sistem lelang berbeda dengan membeli kendaraan secara kredit atau lunas di shoroom-shoroom. Ada mekanisme legalitas yang harus kamu tempuh. Setidaknya, inilah beberapa tahapan yang harus kamu tempuh.

 

Artikel Terkait: Perhatikan Ini Sebelum Membeli Mobil

  1. Alasan Kamu Harus Mempertimbangkan Membeli Mobil Bekas
  2. Perhatikan 5 Dokumen Penting Ini saat Membeli Mobil Bekas
  3. Mau Beli Mobil? Yuk, Ikuti 4 Tips Membeli Mobil untuk Perempuan Ini!

 

1. Cek fisik dan dokumen

Proses ini dilakukan sebelum mengikuti lelang. Ya tentu kamu harus tahu, kan, bagaimana kondisi kendaraan yang ingin kamu beli? Nah, pada tahap inilah kamu bisa memastikan kendaraan tersebut masih dalam kualitas yang baik atau sebaliknya.

 

2. Transfer deposit lelang

Jika kamu sudah yakin dengan kondisi fisik dan kelengkapan dokumen, kamu pun bisa berlanjut ke langkah selanjutnya. Dalam sistem lelang, sebelum balai lelang dimulai kamu harus melakukan deposit terlebih dahulu. Jika kamu menang, kamu tinggal melunasi. Namun, jika kamu kalah, kamu bisa mendapatkan kembali depositmu 100%.

 

3. Registrasi ke pihak penyelenggara

Setelah melakukan deposit, langkah yang harus kamu lakukan adalah melakukan registrasi pada penyelenggara. Kamu bisa menunjukkan KTP dan juga bukti transfer. Selanjutnya, kamu pun telah tercatat sebagai peserta dalam balai lelang.

 

4. Ikuti jadwal lelang

Jika sudah teregistrasi, pastikan kamu mengetahui kapan jadwal lelang dilaksanakan. Pastikan kamu hadir dan mengikuti balai lelang. Tentu dalam balai lelang tersebut dihadiri banyak peserta. Nah, sebaiknya kamu memiliki strategi agar bisa menang lelang sesuai dengan kemampuan finansialmu. Pastikan kamu memiliki batas harga maksimal sebelum kamu berangkat ke balai lelang.

 

Artikel Terkait: Membeli dalam Sistem Lelang? Perhatikan Ini!

  1. Ini Dia Strategi Beli Kendaraan Melalui Balai Lelang
  2. Beranikah Kamu Beli Rumah Lelang dengan Harga Murah? Ini 5 Tipsnya agar Tak Terjebak Masalah
  3. Tertarik Beli Kendaraan atau Rumah Lewat Lelang Negara di Internet? Berikut Langkah-Langkahnya!

 

5. Kembalikan NPL jika kalah

Biasanya, pemenang lelang adalah mereka yang menjadi penawar harga tertinggi. Namun, ada baiknya kamu menahan emosi. Jika harganya sudah melebihi batas yang sudah kamu tentukan, jangan lagi menawar dengan harga yang lebih tinggi. Jika deal, mau nggak mau kamu harus melunasi karena sudah mebayar deposit. Sebaliknya, jika kamu kalah kamu berhak mendapatkan uang depositmu kembali.

 

6. Lunasi

Jika kamu tercatat sebagai pemenang lelang, langkah yang selanjutnya kamu tempuh tentunya adalah melunasinya. Biasaya, penyelenggara memberikan kamu waktu tiga hari untuk proses pelunasan pembayaran. Karena ini mer6. upakan sistem lelang, ada baiknya kamu langsung melunasinya, ya.

 

Apakah kamu memiliki niat membeli kendaraan melalui sistem lelang? Jika ya, pastikan kamu sudah memahami langkah-langkah dalam sistem lelang, ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

4

Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett