Beranda > Gaya Hidup > 5 DIY Masker yang Gampang dan Murah untuk Mengatasi Kulit Berminyak

5 DIY Masker yang Gampang dan Murah untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
5 DIY Masker yang Gampang dan Murah untuk Mengatasi Kulit Berminyakwatermark

TUNAIKU.COM – Memiliki wajah bersih dan cantik adalah idaman semua orang. Sayangnya, kondisi ini nggak selalu bisa dimiliki semua orang. Khususnya, mereka yang memiliki wajah berminyak.

 

Selain membuat wajah jadi kusam, kulit berminyak juga memicu beragam masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Nah, kamu yang nggak betah dengan kondisi ini, bisa kok menghilangkan minyak berlebih secara alami. Salah satunya, dengan membuat sendiri masker di rumah.

 

Murah, mudah, dan tanpa efek samping, inilah 5 masker alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

 

Artikel Terkait: Hiburan Menyenangkan

  1. 10 Rekomendasi Lagu Inspiratif Pembangkit Semangat dari Tokoh Sukses Dunia
  2. 10 Makanan Indonesia ini Jadi Favoritnya Bule, Lho!
  3. Maksimalkan Hobi Bercocok Tanammu dengan ‘Bertani’ di Rumah

 

1. Masker Lemon dan Yoghurt

Bahan:

  • Lemon 2 sendok makan
  • Yoghurt tawar 2 sendok makan

 

Cara membuat:

Campur lemon dan yoghurt dalam wadah kecil, lalu aduk hingga rata. Setelah menyerupai pasta, kamu bisa langsung mengaplikasikan masker di kulit muka. Jangan lupa, bersihkan wajah terlebih dulu, ya.

 

Agar merata, kamu bisa menggunakan kuas masker. Nah, diamkan selama 5 hingga 10 menit atau hingga masker kering. Basuh dengan air hangat dan gunakan masker ini seminggu sekali, ya.

 

Manfaat:

Masker lemon dan yoghurt memiliki banyak manfaat, di antaranya menetralkan dan mengendalikan sekresi minyak di wajah. Selain itu, kandungan asam laktat dalam yoghurt dapat membersihkan sel kulit mati dan minyak berlebih penyebebab jerawat.

 

2. Masker lemon dan baking soda

Bahan:

  • Baking soda 2 sendok makan
  • Lemon 1 sendok makan

 

Cara membuat:

Campurkan baking soda dengan air lemon di dalam mangkuk kecil. Aduk dan tunggu beberapa saat hingga baking soda mulai menggelembung. Setelah itu oleskan masker tersebut pada kulit wajah menggunakan kuas.

 

Jika memiliki kulit yang sensitif, kamu bisa mengetes terlebih dulu masker ini di bagian kulit lain. Oh ya, setelah mengoleskan masker di seluruh wajah, kamu juga perlu menggosok area T wajah dengan gerakan melingkar yang lambat. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 menit dan basuh wajahmu dengan air dingin. Nah, untuk hasil maksimal, jangan lupa gunakan pelembap, ya.

 

Manfaat:

Baking soda sangat baik untuk menjaga kelembapan wajah. Jika dikombinasikan dengna lemon, keduanya mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah. Namun, jangan gunakan masker lebih dari satu kali per minggu ya. Bisa-bisa, wajahmu tambah kering, deh…

 

3. Masker Lemon dan Kunyit

Bahan:

  • Tepung 2 sendok makan
  • Susu seperempat cangkir
  • Kunyit bubuk setengah sendok teh
  • Lemon setengah sendok teh

 

Cara membuat:

Campur semua bahan dalam satu mangkuk. Jika memungkinkan, gunakan blender untuk mendapatkan hasil masker yang halus. Oleskan pada wajah dengan menggunakan kuas.

 

Biarkan masker tersebut selama 20 menit hingga mengering. Setelah itu kamu bisa membasuhnya dengan air kemudian mengoleskan pelembap di wajah. Gunakan masker ini cukup satu kali dalam seminggu, ya!

 

Manfaat:

Masker ini berfungsi sebagai scrub alami untuk kulit berminyak. Bukan hanya mampu membersihkan kotoran dari pori-pori, kombinasi seluruh bahan juga berfungsi sebagai pembersih, antibakteri, hingga mengendalikan minyak berlebih.

 

4. Masker Tomat dan Madu

Bahan:

  • Tomat 1 sendok makan
  • Madu 1 sendok makan

 

Cara membuat:

Haluskan tomat terlebih dahulu kemudian campurkan 1 sendok makan tomat dengan madu. Aduk tomat dan madu hingga menjadi pasta.

 

Oleskan pasta tomat tersebut pada wajah terutama di area T. Biarkan selama 15 menit sebelum kamu membilasnya dengan air bersih. Kamu bisa menggunakan masker tomat dan madu ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

 

Manfaat:

Kandungan astringen alami pada tomat membuatnya dapat melarutkan minyak sekaligus memperkecil ukuran pori-pori kulitmu. Selain itu madu juga mampu menjaga kulit tetap terhidrasi. Kamu bisa banget pakai masker ini untuk atasi masalah kulit berminyakmu. Solusi yang mudah dan murah, bukan?

 

Artikel Terkait: Karier dan Perempuan

  1. 5 Pekerjaan yang Dikuasai Pria Kini Perempuan Juga Menngelutinya, lho!
  2. 7 Tips Menjaga Hubungan Ketika Penghasilan Istri Lebih Besar dari Suami
  3. Beautypreneur, Menjadi Pengusaha di Bidang Kecantikan  

 

5. Masker Telur dan Yoghurt

Bahan:

  • Telur 1 butir
  • Yoghurt tawar 1 sendok makan

 

Cara membuat:

Sebelumnya kamu perlu memisahkan putih telur dan kuningnya. Setelah itu campurkan putih telur dengan yoghurt tawar dan blender hingga halus. Setelah masker telur dan yoghurt sudah jadi, kamu bisa mengoleskannya pada wajahmu dengan olesan yang tebal.

 

Biarkan sekitar 15 menit hingga kulitmu terasa kencang. Setelah itu kamu bisa membilasnya dengan air hangat dan mengoleskan pelembap pada wajah.

 

Manfaat:

Masker ini sangat bermanfaat untuk membersihkan pori-pori wajahmu. Yoghurt dapat mengurangi produksi sebum di wajahmu dan putih telur dapat membantu mengecilkan pori-pori.

 

Kamu bisa menggunakan masker ini seminggu sekali. Selain bebas dari minyak, kamu juga akan memperoleh wajah yang kencang dan sehat, lho!

 

Nah, itu dia 5 masker buatan sendiri untuk mengatasi kulit berminyak. Ingin pilih yang mana? Perhatikan juga dosis pemakaian maskernya, jangan sampai salah ataupun berlebihan. Selamat mencobanya di rumah!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!

 

CTA

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett