Beranda > Gaya Hidup > Jurus Ampuh Lindungi Anak dari Kejahatan Siber

Jurus Ampuh Lindungi Anak dari Kejahatan Siber

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Jurus Ampuh Lindungi Anak dari Kejahatan Siberwatermark

TUNAIKU.COM – Perkembangan teknologi membawa banyak sekali pergeseran. Terutama, pengguna gadget yang nggak terbatas pada orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Kendati memberikan banyak kemudahan, penggunaan gadget sering kali kurang dimanfaatkan secara efisien. Hal ini nggak jarang terjadi di kalangan anak-anak yang secara bebas diizinkan orang tuanya menggunakan gadget.

 

Sama halnya di dunia nyata, dunia maya juga nggak terlepas dari tindak kejahatan. Kamu tentu sudah pernah mendengar berbagai berita kejahatan siber yang menimpa anak beberapa tahun belakangan. Walaupun, anak-anak zaman sekarang bisa dengan cepat mempelajari penggunaan gadget, logika berpikir anak secara umum masih berkembang. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk tetap mengawasi anak dalam menggunakan telepon pintar.
Sebagai gambaran, berikut beberapa kiat lindungi anak dari kejahatan siber!

 

Artikel Terkait: Informasi Penting untuk Ibu Hamil

  1. Hal-hal yang Perlu Kamu Prioritaskan Saat Istri Sedang Hamil
  2. Intip Biaya Persalinan di 5 Rumah Sakit di Surabaya
  3. Siapkan Perlengkapan Berikut Ini untuk Sambut Kelahiran Si Kecil (Part 1)

 

1. Ajari anak mengatur media sosialnya
Anak-anak yang menggunakan gadget cukup akrab dengan yang namanya media sosial. Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digandrungi oleh anak-anak. Meskipun dalam pengaturan Facebook sendiri sudah membatasi usia user, tetapi nggak jarang anak-anak yang kemudian memanipulasi data, supaya bisa memiliki akun Facebook.

 

Kalau kamu merasa khawatir, jangan langsung melarang anak untuk mengaksesnya. Beritahukan kepada anak, cara memproteksi akun Facebooknya dan jangan berikan password-nya kepada orang lain. Selain itu, ajarkan anak cara memposting status dan upload foto yang baik dan wajar.

 

2. Ceritakan dampak negatif menggunakan media sosial
Bukan bermaksud untuk menakut-nakuti anak, tetapi di sini kamu dianjurkan sekali untuk mengajarkan anak agar tetap waspada. Ceritakan beberapa contoh kasus kriminal yang disebabkan oleh penyalahgunaan media sosial. Harapannya, anak bisa lebih hati-hati dan mau mengontrol diri.

 

3. Batasi waktu pemakaian gadget
Kamu bisa mulai menyusun jam pemakaian gadget pada anak. Terapkan waktu, tempat, dan aktivitas yang diizinkan. Kalau anak memaksa ingin menggunakan, kamu harus temani mereka.

 

Namun, kamu harus tetap hati-hati dalam menerapkan aturan. Jangan sampai anak terkekang. Semakin kamu melarang, anak bisa semakin berontak dan melanggar aturan yang kamu buat.

4. Beri pesan agar tidak mudah percaya dengan orang asing

Beri tahu anak, untuk berhati-hati dengan orang asing, termasuk di dunia maya. Sebaik apa pun sikap orang tersebut, ajarkan anak untuk nggak mudah menanggapi sikap baik orang lain. Selain itu, ajak anak untuk memahami bahwa enggak semua orang di dunia maya bersikap jujur.

 

Artikel Terkait: Rumah Semakin Menarik dan Bikin Betah dengan Tips Berikut!

  1. 7 Toko yang Menjual Beragam Furnitur Antik untuk Dekorasi Rumahmu
  2. 6 Jenis Tanaman Hias yang Tengah Tren dan Mempercantik Rumah
  3. 7 Tips Bikin Dekorasi Rumah Cantik Bergaya Floral, Intip Yuk!


5. Bangun komunikasi yang baik dan terbuka

Berperanlah sebagai orang tua yang menjadi rumah bagi anak. Jadilah teman bermain, teman belajar, dan teman bercerita untuk anak. Biasakan anak untuk bersikap terbuka dengan hal-hal yang dialaminya setiap hari, baik di rumah maupun di luar rumah. Jangan lupa juga, dorong anak untuk mengajak teman-temannya bermain di rumah. Dengan ini, kamu bisa lebih mengenal teman-teman anakmu.
Pesatnya era digital ini menjadi tantangan besar bagi orang tua. Hal yang bisa kita lakukan adalah mengajak anak untuk menghadapinya dengan cerdas.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

CTABARU1

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett