Beranda > Gaya Hidup > Jomblo dan Merasa Susah Dapat Pacar? 16 Tipe Kepribadian Ini Jawabannya

Jomblo dan Merasa Susah Dapat Pacar? 16 Tipe Kepribadian Ini Jawabannya

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
Jomblo dan Merasa Susah Dapat Pacar? 16 Tipe Kepribadian Ini Jawabannyawatermark

TUNAIKU.COM  – Kamu pernah mendengar teori kepribadian Myers-Briggs nggak? Itu lho, salah satu metode tes persepsi psikologis yang membagi manusia menjadi 16 tipe kepribadian. Metode ini diciptakan Katherine Cook Briggs dan putrinya, Isabel Briggs Myers berdasarkan teori Carl Jung dalam buku Psychological Types.

Dari awal ditemukan hingga saat ini, tipe kepribadian Myers-Briggs umum digunakan saat tes psikologi untuk masuk kerja, pengembangan karir, atau sekadar  untuk pengembangan diri dan memahami karakter orang lain.

 

Artikel terkait: jomblo happy!

  1. Mending Jomblo Aja Deh, Daripada Punya Pasangan Seperti Ini!
  2. Ternyata Menjadi Jomblo Bisa Membuat Kamu Lebih Sukses!
  3. Mending Jomblo Aja Deh, Daripada Punya Pasangan Seperti Ini!

 

Oh iya, kamu sudah pernah ikutan tes kepribadian ini belum? Jika belum, coba cek dengan menjawab kuesionernya di sini :

 

https://www.16personalities.com/free-personality-test

 

Nah, setiap tipe kepribadian  itu tentu punya sifat baik dan buruk, kan. Kalau sifat baiknya menonjol, it’s fun. Tapi, kalau ternyata yang lebih dominan itu sifat buruknya, wah, bisa jadi kamu jomblo gara-gara ini! Wah, iseng-iseng nih,  yuk kita lihat ulasan dari thoughtcatalog.com berikut ini mengenai alasan kamu jomblo ditinjau dari bad traits kepribadian Myers-Briggs-mu.

 

1. ENTP

“Kamu tuh pengen bener terus.” Pacaran itu tahu kapan harus keras kepala, kapan harus ngalah. Sayangnya, kamu si ENTP cenderung  nggak bisa membedakan antara sekadar teguh pendirian atau emang ngeyel sampai kamu ngedapetin apa yang kamu mau.

 

2. INFP

“Kamu berharap terlalu tinggi.”You dream big. Sayangnya, ini berarti kamu  juga berharap orang akan mencapai standarmu atau melakukan sesuatu yang kamu harapkan, tanpa mempertimbangkan hal itu masuk akal atau nggaknya.

 

3. INFJ

“Kamu terlalu tertutup.” Sebagai seorang INFJ, memang sih kamu cenderung introvert. Nggak terlalu nyaman terbuka  dan berbagi. Tapi ya nggak bisa begini terus kalau kamu sedang menjalin hubungan jangka panjang. Harus ada komunikasi dua-arah supaya masing-masing tahu apa yang dimau.

 

4. ESFJ

“Kamu terlalu memikirkan diri sendiri.”Yup. Kayaknya kamu berpikir bahwa the world revolves around you. Padahal, nggak. Ngobrol apapun, ujung-ujungnya akan membahas dirimu, lagi dan lagi. Padahal, pacaran itu nggak boleh fokus dengan kamu dan apa yang kamu perlu saja. Seolah-olah orang lain nggak penting. Termasuk kepentingan pacarmu juga nggak penting.

 

5. ISTJ

“Kamu terlalu ‘tegang’”Seperti April Kepner di tiga episode pertama Grey’s Anatomy. Basically, kamu  orangnya serius dan formal. Tapi ya seharusnya jangan gitu-gitu amat. Sesekali lebih rileks dan terbuka dong. Jangan terlalu membatasi diri dan patuh aturan, karena bisa jadi itu bikin orang takut PDKT sama kamu.

 

6. ESTP

“Kamu nggak menganggap pasanganmu sebagai (salah satu) prioritas.”Pacar memang bukan prioritas pertama. Tapi, bukan berarti kamu letakkan di urutan terakhir juga, kan. Bisa kok mengejar karir sembari menyeimbangkan kehidupan asmaramu. Jangan sampai bikin pacarmu melontarkan pertanyaan: “Aku ini penting nggak sih di mata kamu?”

 

7. INTP

“Kamu terlalu menyombongkan kecerdasanmu.”Ada batas antara menjadi orang cerdas dan menyombongkan diri. Tone down. Pacarmu tahu kok kamu memang cerdas tanpa kamu harus selalu memperlihatkannya setiap saat. Obrolan makan siang remeh-temen seputar ramainya PKL di jalanan, nggak harus berujung menjadi bahasan kebijakan tata ruang kota.

 

8. ESTJ

“Kamu terlalu takut kehilangan rasa mandiri.” Kamu orangnya blak-blakan dan terkadang nggak sensitif. Nggak suka kalau ada yang menghalangimu untuk ngomong apa yang ada dipikiranmu sekarang. Makanya, kamu takut kalau kelak pacarmu bakal dikit-dikit melarang. Makanya, jadi males deh.

 

9. INTJ

“Kamu suka ‘ngetes’.”Bisa dibilang kamu sedikit paranoid karena nggak mau buang-buang waktu dengan orang yang salah. Sebelum kejadian ‘tersakiti’, kamu jadi sering ‘ngetes’ pasanganmu. Ngetes setia atau nggak. Ngetes serius atau nggak. Semacam itulah. Siapa coba yang suka dites gitu?

 

10. ENFP

“Kamu egois.”Mungkin kamu nggak merasa. Tapi, bisa dibilang tipe ENFP adalah orang-orang yang cenderung self-centered. Kamu pintar sih bikin orang merasa diperhatikan. Tapi mereka bisa melihat bahwa seringkali kamu nggak tulus. Semata-mata untuk membuktikan bahwa kamu itu orang yang baik.

 

11. ISFJ

“Kamu terlalu lemah.”Ada perbedaan antara memang santai, going with the flow dengan terpaksa nurut jadinya kamu diam saja. Boleh-boleh saja terkadang memilih mundur teratur. Tapi nggak bisa setiap saat begitu. Kapan bisa jadiannya kalau gitu?

 

12. ENTJ

“Kamu bossy, terlalu mengontrol.”Yup. Kamu tahu apa yang kamu mau. Dan terkadang terlalu memaksakan kehendak kepada pasanganmu. Sekali lagi, relationship haruslah dua-arah. Nggak bisa kamu memaksan pasanganmu menuruti semua yang kamu inginkan tanpa ada pertanyaan.

 

13. ISTP

“Kamu pada dasarnya nggak suka pacaran.” ISTP itu lihai multi-tasking. Tapi, untuk urusan bisa pacaran sekaligus berani komitmen, itu lain cerita. Jadinya, alih-alih pacaran, kamu lebih memilih untuk jomblo aja deh sampai ketemu jodoh.

 

14. ENFJ

“Seleramu buruk.” Memang sih, ENFJ itu empatinya tinggi. Kamu selalu berusaha mencari sisi baik setiap orang. Bisa jadi pacarmu tipe orang emosional, tapi kamu menganggap dia cuma butuh seseorang untuk menenangkannya. Bahkan saat teman-temanmu udah ngasih tahu, kamu tetap jalan terus.

15. ISFP

“Kamu nggak bisa kompromi.” Hanya karena pacarmu punya pendapat yang berbeda denganmu, bukan berarti mereka salah lho. Orang-orang nggak harus setuju denganmu. Dan kamu nggak selalu benar. Belajar kompromi, dong.

 

16. ESFP

“Kamu nggak bisa diandalkan.” ESFP adalah tipe orang yang menikmati jadi pusat perhatian. Dan sejujurnya, suka bikin orang tertawa juga. Dengan kata lain, entertainer. Sayangnya, di satu sisi, ESFP seringkali  lalai saat pasangan sedang butuh-butuhnya. Dengan kata lain, kamu jomblo karena nggak bisa diandalkan.

 

Yup. Kira-kira begitu deh alasan kenapa kamu jomblo berdasarkan tipe kepribadian Myers-Briggs. Oh iya, ngomong-ngomong saya adalah seorang ENTP. Tapi, saya punya pacar kok. Hehe. Kalau kamu gimana? Kira-kira benar nggak sih ulasan di artikel kali ini?

 

Jangan lewatkan satu informasi lagi! Untukmu yang sedang butuh bantuan dana segar, percayakan pada Tunaiku. Salah satu produk perbankan Amar Bank yang menawarkan kemudahan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Prosesnya cepat dan mudah pula.

 

Artikel terkait: punya pasangan pun tetap happy!

  1. 10 Ide Kencan Romantis Buat Pasangan Super Sibuk
  2. 5 Cara Menjalin Komunikasi dengan Pasangan di Sela Kesibukan
  3. Ide Nge-date Lawas Namun Manis yang Masih Bisa Kamu Coba

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

KTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett