Beranda > Gaya Hidup > 5 Tempat Seru untuk Liburan Glamping di Sekitar Yogyakarta

5 Tempat Seru untuk Liburan Glamping di Sekitar Yogyakarta

Artikel ini ditulis oleh:
5 Tempat Seru untuk Liburan Glamping di Sekitar Yogyakartawatermark

TUNAIKU.COM – Teman-teman, apa kalian pernah glamping di Yogyakarta? Kalau iya, pernah ke mana saja? Saya punya sedikit cerita seru saat liburan di Yogyakarta. Pada waktu itu saya tidak punya teman untuk diajak glamping. Jadinya saya pergi sendiri, nikmatin sendiri, dan bayar biayanya sendiri. Lengkap sudah. Ini dia 5 tempat di Yogyakarta yang saya maksud tadi.

1. Senolewah

Tempat ini jadi salah satu tujuan saya untuk glamping. Soalnya cukup luas dan biayanya sangat murah, sekitar 200 ribu saja. Konsepnya memang tidak mewah-mewah amat. Lebih terkesan seperti camping ground. Hanya saja untuk tenda dan fasilitas lainnya sudah disediakan oleh pengelola tempat wisata ini.

 

Lokasi tempat glamping ini berada di Desa Senolewah, Cangkringan, Sleman. Pada tahun 2009 dulu, kata warga sekitar, daerah ini pernah dijadikan sebagai area Java Summer Camp dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Sejak saat itu, nama Senolewah bak roket yang terus meluncur di kencang di langit. Banyak wisatawan menghabiskan waktu di sini.

 

Artikel terkait : Coba nikmati pengalaman seru glamping di beberapa kota ini!

  1. Rekomendasi 5 Tempat Glamping yang Seru di Sekitar Jakarta
  2. 4 Rekomendasi Tempat Hits untuk Liburan Glamping di Sekitar Bali
  3. Rekomendasi 5 Tempat untuk Liburan Glamping di Sekitar Bandung

2. Agromina Wisata Karangsari

Lokasi untuk glamping ini berada di Desa Wisata Karangsari, Sleman. Biayanya murah sekali kalau kamu tahu. Hanya 100 ribu Rupiah, kamu sudah bisa menikmati fasilitas yang ada. Memangnya apa saja fasilitasnya? Ada arena outbound, pemancingan, ikut praktik pertanian, memetik buah dan sayuran, sampai kuliner berbalut budaya.

Seru sekali. Sampai-sampai saya lupa waktu dan ketagihan menjajal area glamping lain di Yogyakarta. Dibandingkan dengan Bali, tarifnya murah sekali. Pas untuk dompet mahasiswa waktu itu. Orang-orangnya juga sangat ramah. Kami sering mengobrolkan apa saja. Meskipun berganti orang, rating keramahan warga Sleman bisa dinilai 8 dari total 10.

3. Pantai Pok Tunggal

Sama seperti lokasi lainnya, liburan glamping di sekitar Yogyakarta ini hanya 120 ribu Rupiah. Itu sudah termasuk tenda, matras, api unggun, kamar mandi, dan juga kamar tidur dalam tenda. Murah memang, tetapi pemandangannya sangat premium. Tidak kalah dengan yang ada di Bali, Jakarta, ataupun Bandung.

Untuk mencapai area glamping ini, kamu harus menuju Desa Tepus (Gunung Kidul) lebih dulu. Letaknya persis di sebelah timur Pantai Indrayanti yang dikenal dengan nama Pulang Syawal. Salah satu spot yang paling menarik bagi saya itu tebingnya yang luar biasa eksotik. Masih banyak pohon yang turut menghijaukan panorama Pantai Pok Tunggal.

4. Girikaton

Siapa sangka jika Girikaton masih satu lokasi dengan Agromina. Hanya saja berada di Jalan Kaliurang, Pakem. Orang-orangnya juga sama ramahnya. Luas area glamping ini sekitar 3 hektare. Sayangnya saat itu sebagian besar pengunjung adalah kaum muda-mudi yang berpasangan. Saya merasa tersisih karena mencoba bahagia di antara mereka.

Andaikan saat itu saya sudah menikah dan punya istri, pasti sudah saya ajak ke tempat itu. Biar mereka tahu kalau pacaran setelah menikah itu lebih romantis dan jujur apa adanya. Tapi saya buru-buru mengalihkan perhatian ke arah sana. Ke arah Gunung Merapi itu. Dari Girikaton, wajah Gunung Merapi sangat jelas. Itulah yang bikin saya tertarik.

5. Pantai Ngrumput

Ada dua kawasan yang saya senangi di dunia ini, yaitu pantai dan gunung. Lembah juga termasuk. Oleh karena itu, saya memilih Pantai Ngrumput ini untuk aktivitas glamping di Jogja. Hanya dengan bekal uang 200 ribu Rupiah, kita sudah bisa sewa tenda, api unggun, dan lainnya sambil menikmati keindahan pasir putih sejauh mata memandang.

Tentu tidak berlebihan kalau suatu hari tempat-tempat yang saya kunjungi itu akan semewah di Bali. Asalkan pemerintah terus meningkatkan pembangunan dan terus meningkatkan kualitas objek wisatanya, bukan tidak mustahil harapan saya akan terkabul. Kalau kamu belum pernah liburan ke Yogyakarta, buruan diserbu mumpung belum mahal.

Artikel terkait : Yuk, liburan seru bareng keluarga ke Yogyakarta, ini pilihan destinasinya!

  1. 6 Hotel Instagramable di Yogyakarta yang cocok untuk Liburan Tahun Baru
  2. Ingin Liburan ke Yogyakarta?Ini Rekomendasi 7 Hotel Pilihan yang Pas untuk Keluarga!
  3. 9 Rekomendasi Hotel Instagramble di Yogyakarta yang Nyaman

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

1

TUNAIKU

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett