Beranda > Gaya Hidup > Bermacam Jenis Visa dan Ragam Kegunaannya

Bermacam Jenis Visa dan Ragam Kegunaannya

TUNAIKU
Bermacam Jenis Visa dan Ragam Kegunaannyawatermark

TUNAIKU.COM – Kedudukan visa sangat penting buat kamu yang mau mengadakan perjalanan ke luar negeri. Oleh karena itu, penting juga mengetahui jenis-jenis visa yang sudah beredar selama ini biar nggak salah paham. Berdasarkan pengalaman saya, ada delapan jenis visa yang wajib kamu ketahui sebelum berangkat ke luar negeri. Yuk kita simak satu persatu jenisnya, agar nggak salah menggunakan visa dan pengajuan visamu nggak ditolak.

 

Artikel terkait: Cara membuat visa dan hal menarik tentang visa

  1. Ingin Pergi ke Luar Negeri? Berikut Ini Tips dan Cara Membuat Visa
  2. Mau Buat Visa? Siapkan Dokumen-dokumen untuk Berikut, Yuk!
  3. 9 Negara Ini Bisa Kita Kunjungi Tanpa Visa, Lho!

 

1. Visa untuk kunjungan wisata

Visa jenis ini yang paling sering digunakan oleh wisatawan domestik maupun asing. Rata-rata orang ke luar negeri memang mau mengunjungi tempat wisata karena kebanyakan nggak punya saudara di sana. Tanpa berbekal visa jenis ini maka keinginanmu untuk liburan ke luar negeri nggak akan berjalan lancar.

 

2. Visa untuk kunjungan sementara dengan tujuan bisnis

Setiap visa yang dibuat itu berdasarkan keinginan kamu. Seperti halnya dengan visa jenis ini. Biasanya, orang yang membuat visa ini karena ditugaskan oleh pihak perusahaan untuk melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Misalnya untuk kegiatan seminar di luar negeri atau pengecekan stok dari perusahaan induk. Total hari selama kunjungan juga sangat terbatas, biasanya hanya beberapa hari saja.

2

3. Visa untuk transit

Visa ini dibuat dengan tujuan menginap sementara di negara transit. Baru kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ke negara tujuan. Jenis visa ini nggak memperbolehkan kamu menginap di sembarang tempat, namun harus berada di area bandara. Ketentuan ini nggak bisa kamu nego-nego lagi dan coba-coba untuk booking hotel di area yang jauh dari bandara, karena kalau terlalu jauh, pasti pengajuan visamu ditolak.

 

4. Visa untuk kebutuhan sekolah di luar negeri

Selain untuk liburan ke tempat wisata, visa jenis ini juga lumayan sering diajukan oleh pelajar dari Indonesia. Visa jenis ini mutlak harus dimiliki oleh pelajar yang mau meneruskan sekolah di luar negeri. Bisa lewat jalur exchange, beasiswa, maupun program reguler yang melibatkan biaya pribadi.

 

5. Visa on arrival

Berbeda dengan visa yang disebutkan sebelumnya, visa jenis ini bisa kamu buat ketika sudah berada di negara tujuan. Pembuatannya bisa di pelabuhan, bandara, kedutaan, maupun di perbatasan negara. Satu hal yang perlu kamu ingat dan ketahui adalah, untuk membuat visa ini kamu harus tahu terlebih dulu apakah negara tujuanmu memberlakukan visa on arrival untuk turis asal Indonesia atau tidak.

 

6. Visa exit

Jenis visa ini digunakan oleh warga yang mau meninggalkan Tanah Air. Tapi sebagai konsekuensinya, diterbitkan pula visa yang melarang untuk kembali ke Tanah Air. Jadi, kamu nggak akan bisa menikmati udara Tanah Air lagi ketika memiliki visa ini di tangan. Mayoritas jenis visa ini dimiliki oleh seorang kriminal yang sudah nggak dianggap oleh negara lagi.

 

7. Visa untuk bekerja di luar negeri

Sebelum bekerja ke negara lain, kamu harus izin dulu dengan mengajukan jenis visa ini. Visa kerja itu dikategorikan berdasarkan durasi pekerjaan di negara tujuan. Kalau kamu mengajukan visa berdasarkan kontrak kerja, sebelum masa aktifnya habis maka kamu harus pulang. Kalau nggak memenuhi panggilan, nanti kamu nggak bisa pulang ke Tanah Air lagi.

 

Artikel terkait: Mau jalan ke Eropa atau paspormu hilang? Ini solusinya!

  1. Pengin ke Eropa? Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tembus Mengurus Visa Schengen
  2. Ingin Berlibur ke Luar Negeri? Ketahui 6 Jenis Pengajuan Visa Ini
  3. Tenang dan Jangan Panik Jika Paspormu Hilang di Luar Negeri, Ini Solusinya

 

4. Visa diplomatik

Jenis visa diplomatik hanya bisa dipakai oleh para anggota diplomat negara. Paspor hitam biasanya dipergunakan oleh staf Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang akan bertugas ke luar negeri dan beberapa posisi di pemerintahan. Misalnya saja untuk diplomat, duta besar, atau pimpinan DPR.

 

Nah, setelah mengetahui ada beberapa jenis visa, kita jadi tahu lebih banyak tentang perizinan ke negara luar. Coba kalau nggak tahu jenisnya, pada waktu ditanya oleh petugas kedutaan, pasti lebih banyak bengong-nya. Kemudian nggak tahu harus ngapain di sana. Jangan bilang “pokoknya visa,” ya, namun harus jelas apa tujuanmu ke luar negeri.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett