Beranda > Gaya Hidup > Intip Fitur-Fitur Whatsapp Business, Aplikasi Wajib Bagi Online Shop!

Intip Fitur-Fitur Whatsapp Business, Aplikasi Wajib Bagi Online Shop!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Intip Fitur-Fitur Whatsapp Business, Aplikasi Wajib Bagi Online Shop!watermark

TUNAIKU.COM – Kabar gembira buat kamu para pelaku UMKM. Aplikasi pesan khusus untuk bisnis dari WhatsApp, WhatsApp Business, akhirnya resmi diluncurkan. Indonesia menjadi satu dari lima negara beruntung yang pertama kali mencicipi aplikasi ini di platform Android.

 

Sebagai aplikasi chatting yang ditujukan untuk bisnis skala kecil, WhatsApp Business punya sejumlah fitur tambahan yang nggak dimiliki oleh WhatsApp orisinal. Nah, apa aja sih keunggulannya? Yuk, langsung intip saja, yuk!

 

1. Profil bisnismu langsung dapat dilihat oleh pelanggan

Di profil akunmu, yang saya sebut sebagai landing page, kamu bisa mencantumkan berbagai informasi yang terkait dengan bisnismu. Antara lain seperti kategori usaha, nama dan deskripsi tokomu, alamat, jam operasional, alamat email, serta website resmi. Kalau informasinya lengkap, bisnismu bakal tampak profesional meski skalanya kecil.

 

Oh iya, pikirkan masak-masak sebelum memasukkan nama akun. Soalnya, nama akun bisnismu nggak bisa diubah.

 

Artikel terkait: Aplikasi yang memudahkan hidupmu

  1. 5 Aplikasi Perekam Panggilan Telepon. Wajib Ada di Ponsel Android Kamu Nih!
  2. 10 Aplikasi Musik Streaming Pilihan yang Bikin Hari Lebih Berwarna
  3. Jangan Manual, Nih Ada Aplikasi yang Bikin Hitung-Hitungan Patungan Dengan Teman Jadi Lebih Mudah

 

2. Bisa pakai telepon kantor atau rumah

WhatsApp Business nggak cuma bisa memanfaatkan nomor seluler. Kamu juga bisa menambahkan nomor telepon rumah atau kantor, lho. Tapi, nomor telepon yang dipakai nggak bisa sembarangan, harus melalui proses verifikasi terlebih dulu untuk memastikan bahwa nomor tersebut adalah milik bisnis terkait.Setelah verifikasi sukses, kamu akan memperoleh tanda lencana centang hijau, yang artinya bisnismu sudah terverifikasi.

 

Penggunaan nomor telepon fixed line itu opsional. Kamu bisa menggunakan nomor seluler saja. Tapi, harap diingat, kamu nggak bisa menggunakan satu nomor seluler yang sama untuk akun pribadi dan bisnis secara bersamaan. Hanya bisa salah satu.

 

3. Balas cepat

Konsumen yang berbeda kerap menanyakan hal yang sama. Nah, fitur quick-reply pada WA Business ini memungkinkanmu untuk membalas pertanyaan-pertanyaan umum maupun pesan yang biasa kamu kirimkan. Jadi, nggak perlu repot-repot ngetik satu-satu atau copas.

 

4. Membalas pesan secara otomatis

Ada kalanya kamu sedang dalam kondisi nggak sempat membalas pesan dari pelanggan. Nah, pada posisi away semacam ini, kamu bisa mengatur fitur balas pesan otomatis. Fitur ini berguna banget ketika kamu sedang libur atau berada di luar jam operasional. Selain itu, ada pula fitur untuk menyapa pelanggan yang mengirim pesan baru, lho. Praktis, ‘kan?

 

2

 

5. Statistik pesan

Statistik menjadi fitur yang kini wajib dimiliki akun-akun bisnis di media sosial. Nah, WA Business juga punya fitur ini, lho. Kamu bisa melihat analisis dari data-data penting yang terekam selama berinteraksi dengan pelanggan, seperti jumlah pelanggan yang berkunjung, jumlah pesan yang berhasil terkirim, diterima, dan dibaca.

 

Artikel terkait: Ide bisnis yang menguntungkan

  1. 8 Ide Bisnis Rumahan Untuk Stay at home Mom. Yuk, Dicoba!
  2. 14 Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Beromzet Puluhan Juta Rupiah
  3. Nggak Ada Salahnya Siapkan Usaha yang Cocok Untuk Pensiun Nanti. Ini Pilihannya

 

6. Label

Ini fitur baru yang nggak ada dalam versi beta. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengorganisir dan mencari pesan dan pelanggan dengan cepat.

 

Itulah sejumlah fitur dari aplikasi WhatsApp Business yang saya himpun dari berbagai sumber. Yang jelas, aplikasi ini bakal berguna banget bagi usaha yang kamu geluti. Kamu bisa unduh langsung aplikasinya di Play Store dan App Store.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett