Beranda > Gaya Hidup > Ini Waktu yang Tepat untuk Menjomlo Setelah Putus

Ini Waktu yang Tepat untuk Menjomlo Setelah Putus

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Ini Waktu yang Tepat untuk Menjomlo Setelah Putuswatermark

TUNAIKU.COM – Putus dari pacar pastinya meninggalkan kesedihan yang cukup mendalam. Kegagalan dalam menjalani hubungan terkadang membuatmu nggak percaya diri untuk membangun hubungan baru lagi dengan orang lain. Selain itu, kamu pun juga cukup lelah menghadapi berbagai persoalan dengan pasangan yang sempat dihadapi bersama sebelumnya.

 

Apakah kamu sedang berada di situasi yang sama? Apabila demikian, mungkin selanjutnya kamu berpikir untuk jangan terburu-buru dulu untuk menjalani hubungan lagi. Selagi muda, kamu bisa membiarkan hati dan pikiranmu untuk beristirahat, dengan menjomblo untuk sementara waktu. Entah sampai kapan akan menjomlo, kamu mungkin hanya ingin mengikuti kata hatimu.

 

Namun, apakah ini menjadi keputusan yang tepat setelah putus? Di sisi lain, kamu merasa bersalah jika nggak membuka hati untuk orang lain. Kamu pun bertanya-tanya, apakah menghabiskan banyak waktu sendirian akan membuat hidup menjadi lebih baik?

 

Daripada bingung, lebih baik kamu pelajari beberapa pendapat dari para ahli. Kira-kira berapa lama kamu perlu menjomblo setelah gagal menjalani hubungan? Berikut penjelasan dari para ahli yang telah pernah dituliskan oleh Elite Daily.

 

Artikel Terkait: Pahami Kondisi Hubungan dan Cara Atasinya Berdasarkan Hal-hal Tertentu!

  1. Kenali 5 Bahasa Cinta Ini, Kamu Termasuk yang Mana?
  2. Kata Zodiak, Cowok Akan Tertarik dan Ingin Mendekati Cewek yang Seperti Ini
  3. Kata Ahli Fengsui, Ini 5 Cara Bikin Kualitas Hubungan dengan Pasangan Meningkat

 

1. Mencoba keluar dari masa lalu

Setelah putus, sangat wajar apabila kamu merasa trauma dan sedih. Maka dari itu, mencari sesuatu hal yang baru memang perlu dilakukan. Seperti yang pernah dikatakan oleh Susan Winter, seorang penulis best selling, kamu membutuhkan waktu yang cukup untuk mengembalikan ketenangan dan kesehatan jiwa. Kalau kita masih cukup terluka dengan situasimu saat berakhirnya hubungan, belum saatnya membangun hubungan baru.

 

Nggak ada ketentuan baku mengenai seberapa lama harus menjomblo. Semua tergantung oleh perasaanmu saat ini. Tenangkan diri, sampai hati benar-benar move on. Pastikan kamu punya motivasi yang masuk akal dalam mengambil langkah.

 

2. Meluangkan waktu untuk menyembuhkan hati

Saat hati sedang terluka, sering kali tebersit untuk mencari pasangan baru yang lebih baik dari mantan pacar. Namun, ini hanya akan bersifat sementara saja. Winter berpendapat bahwa mencari orang baru hanya untuk pelampiasan dari masa lalu kita yang penuh luka, hanya akan menambah persoalan lagi dalam hubungan yang baru. Kamu mungkin akan merasa insecure dalam menjalani hubungan. Ini seperti kita menjalani hubungan tanpa tujuan.

 

Martinez, yang juga seorang ahli lebih menyarankanmu untuk menjomblo sementara waktu. Manfaatkan waktu menjomblo tersebut untuk banyak belajar dari masa lalu dan memperbaiki diri. Apa pun akan berubah jika kamu belajar dari pengalaman. Kamu perlu meyakinkan diri bahwa sudah memberikan waktu yang cukup bagi diri sendiri untuk berefleksi, bagaimana hal tersebut akan berdampak pada pribadi kita kedepannya. Cara ini bisa menjadi jalan bagimu menuju hubungan berikutnya yang lebih sukses.

 

Artikel Terkait: Beberapa Informasi Pos Pernikahan Ini Berikan Rekomendasi Menarik!

  1. 9 Inspirasi Mahkota Untuk yang Berhijab, Ini Pilihan Terbaiknya
  2. 6 Inspirasi Gaun Bridesmaid yang Sedang Tren di Tahun 2018
  3. 9 Pilihan Gaya Dekorasi Mobil Pernikahan yang Keren dan Curi Perhatian

 

3. Bagaimana mengetahui waktu yang tepat buat move on?

Nggak ada batasan untuk menjomblo sampai kapan. Namun, ada berbagai indikasi bahwa kamu sudah move on dari hubungan sebelumnya. Winter sendiri berpendapat, bahwa move on itu berhasil saat kamu sudah nggak memikirkan masa lalumu dalam jangka waktu yang cukup lama. Ketika suatu hari bertemu mantan dan kamu sudah memiliki emosi yang stabil meghadapinya, artinya kamu sudah benar-benar meninggalkan masa lalumu.

 

Sementara Martinez memberikan saran lain. Terkadang kamu mengambil kesimpulan sendiri kalau sudah move on. Maka dari itu, nggak ada salahnya kamu berbagi kisah dengan sahabatmu mengenai masalahmu ini. Dengan begitu kamu lebih bisa memastikan diri sudah berhasil move on atau belum. Apa pun itu, bersikaplah percaya diri dan manfaatkan waktumu sabaik mungkin.

 

Jangan larut dalam kesedihan terlalu lama. Yuk, bangkit dan jalani kehidupan selanjutnya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU2 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett