Beranda > Gaya Hidup > Ini Dia Tips Rawat Mobil yang Sudah Berusia 5 Tahun

Ini Dia Tips Rawat Mobil yang Sudah Berusia 5 Tahun

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Ini Dia Tips Rawat Mobil yang Sudah Berusia 5 Tahunwatermark

TUNAIKU.COM – Mengendarai mobil baru selalu menyenangkan dan nyaman. Mesinnya masih berfungsi baik dan komponen lain yang mendukung pun nggak perlu kamu khawatirkan. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, performa mobil tentu berkurang. Ibarat manusia yang bertambah tua, mobil belum tentu sekuat dan senyaman saat pertama kali beli.

 

Saat melalui usia lima tahun, mobil sudah tentu membutuhkan perawatan yang lebih banyak. Tujuannya agar performanya tetap baik. Karena itu kamu harus memerhatikan komponen mobilsecara keseluruhan. Nggak bisa setengah-setengah atau sebagian saja. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan saat merawat mobil yang sudah berusia 5 tahun.

 

1. Perhatikan usia ban

Saat mobilmu sudah berusia 5 tahun, ban adalah salah satu komponen yang harus kamu periksa secara rutin. Kamu bisa mengetahui usia ban dari ketebalan serta tekanan pada ban. Ini penting agar kamu keselamatan dan kenyamanan kamu terjamin di jalan raya. Kamu bisa menghindari kecelakaan dan ban bocor saat sedang berkendara.

 

2. Rutin ganti oli

Kamu juga harus rutin mengganti oli mobil. Tujuannya adalah mencegah kerusakan mesin dan menjaga keawetan dan kenyamanan saat berkendara. Kamu bisa mengganti oli setiap 6 bulan sekali.

 

Artikel Terkait: Penghasilan tambahan lewat fotografi.

  1. Food Blogger: Dari Hobi Foto Makanan Jadi Pekerjaan
  2. Kamu Ibu yang Hobi Fotografi? Yuk Lakukan 5 Hal Kreatif Ini!
  3. 5 Rekomendasi Apps untuk Instagram Feed yang Lebih Estetis

 

3. Pastikan knalpot nggak tersumbat

Knalpot juga harus kamu perhatikan, terutama salurannya. Komponen ini nggak boleh tersumbat. Gas buangan mobil harus berjalan lancar supaya aliran udara bisa mengalir dengan baik.

 

4. Periksa minyak pelumas secara teratur

Bentuk perawatan mobil lain yang harus kamu lakukan secara teratur adalah mengecek minyak pelumas. Periksa dengan teliti, mulai dari rem anti-beku, power streering, mesin cuci pelarut, dan cairan transmisi. Fungsinya agar komponen kendaraan kamu tetap terjaga dan berfungsi dengan maksimal.

 

5. Fungsi lampu mobil

Lampu adalam komponen paling penting saat berlalu lintas di jalan raya. Baik siang maupun malam hari. Karena itu, kamu wajib untuk memeriksa fungsi lampu dengan teratur. Segera periksa lampu mobil kamu. Bila rusak, maka sudah saatnya kamu menggantinya.

 

6. Baterai dan kabel

Pemeriksaan baterai dan kabel mesin mobil sangat penting kamu lakukan. Baik mobil baru maupun mobil berusia lima tahun ke atas. Bersihkanlah secara berkala. Bila perlu, kamu juga bisa posting baterai itu. Jangan melewatkan baterai yang berkarat atau mengalami korosi. Cek juga cairan baterai.

 

7. Wiper

Selalu pastikan wiper mobil kamu berfungsi dengan baik. Komponen ini penting unuk menjaga penglihatan kamu lewat kaca depan dengan membuatnya bersih dan bening. Kamu pun jadi lebih aman dan nyaman saat mengendarai mobil.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminana, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, perawatan mobil, mobil usia 5 tahun, perawatan rutin mobil

 

8. Sabuk mesin

Sabuk mesin baik di kursi supir maupun penumpang harus bisa terikat dengan baik dan benar pada setiap knicks. Pastikan komponen ini bekerja sesuai fungsinya untuk mengantisipasi kejadian atau kerusakan yang nggak diinginkan.

 

9. Kopling maksimal

Untuk merawat kopling, periksalah komponen ini secara rutin. Saat memakai kendaraan, pastikan kamu selalu menggunakan gigi satu sebagai start awal mobil. Kalau kamu memilih gigi di atas gigi satu, kopling justru bakal menerima beban terlalu berat. Akibatnya, kopling pun cepat aus.

 

Artikel Terkait: Kreativitas dalam dunia fotografi.

  1. 10 Ide Foto Keluarga dengan Bayi yang Menarik untuk Dicoba
  2. Hobi Fotografi? Beli Kamera Plus Aksesoris dengan Tunaiku, Pinjaman Sampai Rp20 Juta!
  3. Mau Instagram Feed-mu Kian Artsy? Yuk, Berfoto di Tempat Ini!

 

10. Tuas transmisi

Satu lagi nih yang harus kamu perhatikan dalam rangkaian perawatan mobil kamu yang berusia 5 tahun ke atas. Saat berada di jalan raya dan sedang berhenti di lampu merah, selalu ingat untuk menetralkan tuas transmisinya.

 

Jangan malas untuk memeriksakan kendaraan secara rutin. Mobil yang sudah lumayan usianya memang membutuhkan perawatan yang cukup banyak. Mungkin pengeluaran kamu pun bertambah. Tapi itu sebanding dengan kenyamanan dan keamanan yang kamu dapatkan saat berkendara di jalan raya. Safety must always comes first!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett