Beranda > Gaya Hidup > Ini Biaya yang Dibutuhkan Untuk Menggelar Pesta Pernikahan di Bali!

Ini Biaya yang Dibutuhkan Untuk Menggelar Pesta Pernikahan di Bali!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Ini Biaya yang Dibutuhkan Untuk Menggelar Pesta Pernikahan di Bali!watermark

TUNAIKU.COM – Nikah di lokasi nan eksotis dengan tamu ekslusif plus nuansa yang magis, kayaknya adalah impian banyak calon mempelai zaman now. Saya juga mau banget! Itulah mengapa Bali menjadi salah satu destinasi wedding favorit. Nggak cuma di kalangan artis dan pejabat, tapi juga rakyat jelata.

 

Tapi, biaya pernikahan di Bali ‘kan mahal? Menurut saya, mahal itu relatif, sih. Demi mewujudkan pernikahan impian, kita memang perlu mengerahkan usaha dan dana yang dibutuhkan agar momen sekali seumur hidup ini layak dikenang. Kalau memang sepadan dengan harganya, kenapa nggak?

 

Lantas, sebenarnya berapa sih biaya yang dibutuhkan untuk menggelar pernikahan di Pulau Dewata? Simak pemaparan berikut!

 

Artikel terkait: Mempersiapkan pernikahan

  1. 4 Tips Menghemat Biaya Katering untuk Pernikahan yang Lebih Murah
  2. 4 Tips Mewujudkan Pernikahan Sesuai Kemampuan
  3. 7 Tema Pesta Pernikahan 2018 yang Bisa Kamu Jadikan Inspirasi

1. Akad nikah dan pencatatan sipil

Biar ijab sah, pernikahanmu tentu perlu akad nikah secara agama dan pencatatan sipil. Kalau cuma pemberkatan saja di depan seorang pendeta, kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp5 jutaan saja. Tapi, kalau mau mengadakan akad nikah secara keagamaan dan administrasi pencatatan sipil, siapkan dana sekitar Rp8-12 jutaan.

2. Wedding Organizer

WO bertugas membuat budgeting serta menangani vendor-vendor untuk keperluan pernikahan kamu. Nggak ada salahnya menyewa mereka untuk membantu mengatur pesta pernikahan kamu. Soalnya, menyewa vendor lewat WO sering kali bisa lebih murah dibandingkan mencari sendiri. Selain itu, energi kamu juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal lain. Untuk menyewa WO di Bali, siapkan anggaran mulai dari Rp15 jutaan.

 

3. Tempat pernikahan

Ada sejumlah tempat pernikahan favorit yang bisa kamu pilih di Bali, tergantung konsepnya. Venue yang ditawarkan umumnya berupa kapel, resort, atau vila eksklusif yang berlatar pantai. Oh iya, kapel yang dimaksud di sini bukan tempat ibadah untuk agama tertentu, lho. Ini adalah murni bangunan komersial yang memang ditujukan untuk tempat pernikahan. Biasanya sih, punyanya hotel bintang lima.

 

Beberapa venue menawarkan paket yang mencakup katering, dekor, fotografi, make-up dan lain-lain. Nah, Sebuah resort dengan beberapa kamar untuk anggota keluarga bisa kamu sewa mulai dari Rp35 jutaan.

 

pinjaman tunaiku

 

4. Katering

Soal katering, Bali relatif lebih mahal kota-kota lain pada umumnya, bahkan dari Jakarta. Tapi, kamu bisa menemukan hidangan lokal maupun kelas dunia, lengkap dengan minuman beralkohol untuk dihidangkan ke tamu jika perlu. Untuk hidangan dengan menu lokal, kamu perlu menyiapkan dana sekitar USD30-40, atau mulai dari Rp300 ribu per pax.

 

Untuk katering kelas menengah, standarnya adalah USD50-80. HIdangan western dan bir bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp500 ribu per pax. Sementara, kalau mau jamuan kelas atas yang mewah, relakan bujet antara USD100-150 atau sekitar Rp1-2 juta per pax. Jadi, tamunya tentu harus dibatasi banget kalau kamu ingin menghemat anggaran katering.

 

5. Dekorasi

Dekorasi juga menjadi aspek penting dalam sebuah pesta pernikahan. Memang akan lebih hemat kalau kamu memilih untuk mendekor sendiri, tapi iitu bukan hal mudah. Nah, kalau kamu hendak menyiapkan dekorasi, akan lebih murah jika memilih tukang dekor sekaligus florist. Untuk pos ini, persiapkan bujet mulai dari Rp7,5 jutaan.

 

Artikel terkait: Tips yang harus dibaca calon pengantin

  1. 3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Pengantin Baru dalam Merencanakan Keuangan Rumah Tangga
  2. Sebelum Menikah, Pastikan Mendiskusikan Masalah Keuangan Ini dengan Pasangan
  3. 10 Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan yang Sering Dilakukan Pengantin Baru

6. Fotografi dan Videografi

Nikah di Bali, tentu rugi kalau nggak foto-foto dan bikin video. Nah, agar fotomu tampak keren saat dipamerkan ke handai taulan atau dipajang di Instagram, kamu perlu menyiapkan fotografer yang handal. Untuk itu, sisihkan dana mulai dari Rp 15 jutaan.

Perkiraan biaya pernikahan di Bali

Berikut perkiraan biaya melangsungkan pernikahan di Pulau Dewata:

Akad nikah dan pencatatan sipil            Rp   8.000.000

Wedding organizer                    Rp 15.000.000

Venue                            Rp 35.000.000

Katering 50 tamu dengan menu lokal            Rp 15.000.000

Dekorasi                        Rp   7.500.000

Fotografi dan videografi                Rp 15.000.000

Total                            Rp 95.500.000

 

Perlu dicatat, ini hanyalah perkiraan dengan harga minimum. Realisasinya mungkin bakal berbeda tergantung dari vendor, paket yang dipilih, serta low season atau peak season.

 

Nah, setelah melihat melihat perkiraan nominal biayanya, apakah kamu makin tertarik untuk menikah di Bali?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu di sini sekarang!

 


 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett