Beranda > Gaya Hidup > Ingin Tahu Instagram Sesesorang itu Asli atau Palsu? Ini Dia Caranya!

Ingin Tahu Instagram Sesesorang itu Asli atau Palsu? Ini Dia Caranya!

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Ingin Tahu Instagram Sesesorang itu Asli atau Palsu? Ini Dia Caranya!watermark

TUNAIKU.COM – Belum lama ini saya dibuat bengong saat membuka feed Instagram. Pasalnya, sebuah unggahan dagangan online tiba-tiba muncul, padahal saya nggak pernah follow akun tersebut. Setelah saya membaca sebuah artikel di IDN Times, ternyata itu merupakan salah satu indikasi akun palsu di Instagram.

 

Adanya akun palsu yang masuk ke feed ini bisa disebabkan karena sebelumnya saya mengikuti sebuah akun palsu yang dijual. Pasalnya, saya nggak tahu jika akun tersebut merupakan akun palsu.

 

Tentu kamu nggak ingin mem-follow akun palsu seperti yang pernah saya lakukan? Untuk itu, kamu bisa mengecek keasliannya terlebih dahulu. Berikut 7 cara mengecek keaslian akun Instagram yang bisa kamu coba!

 

Artikel Terkait: Akun Instagram yang Sebaiknya Kamu Ikuti

  1. 5 Akun Instagram Pribadi Pangeran yang Jadi Pusat Perhatian Dunia, Wajib Follow!
  2. Wajib Follow 10 Akun Instagram Makanan Sehat Ini!
  3. Suka Traveling? Pastikan Kamu Follow 10 Akun Traveler Ini di Instagram!

 

1. Tanda resmi

Saat membuka akun Instagram artis atau figur publik, pasti kamu menemukan tanda centang biru di samping kanan nama akun. Itu merupakan tanda bahwa akun tersebut asli. Jadi kalau mau kepo kehidupan artis, pastikan kamu mencari akun yang bercentang biru, ya. Jangan sampai kamu membuka akun palsu dan termakan dengan postingannya yang pasti menipu.

 

2. Gunakan aplikasi

Di Play Store, kamu bisa mengunduh aplikasi yang digunakan untuk mengecek keaslian akun. Cara kerja aplikasi ini adalah melakukan scanning terhadap follower-mu. Dari situ aplikasi tadi akan melihat, mana saja follower-mu yang aktif dan nggak aktif. Sayangnya, ada beberapa aplikasi yang juga scammer. Jadi, pastikan kamu mengunduh aplikasi yang benar.

 

3. Gunakan reverse image di Google

Akun palsu biasanya memuat gambar-gambar yang nggak jelas dalam artian nggak masuk akal. Untuk mengeceknya, kamu bisa mencarinya di reverse photos untuk mengetahui orang yang mengunggah pertama kali. Nah, tanda gambar-gambar nggak jelas adalah berganti-gantinya profile picture dengan orang yang berbeda atau mereka yang sangat atraktif.

 

4. Tag nggak jelas

Akun palsu juga bisa dilihat dari tag-tag-nya. Akun palsu biasanya memuat tag-tag-an nggak jelas, di mana setiap tag yang dilakukan cenderung sama.

 

5. Lihat aktivitasnya

Akun palsu biasanya hanya memiliki jumlah foto yang sedikit. Akun palsu juga biasanya nggak memiliki data lengkap, seperti profile picture, email, nama lengkap, biografi, sampai alamat.

 

Artikel Terkait: Pengaruh Media Sosial untuk Hidupmu

  1. 6 Cara Agar Bisa Sukses Hanya dengan Bermodalkan Instagram
  2. Ingin Tahu Cara Instagram Berantas Foto Bullying?Ini Jawabannya!
  3. 4 Cara Mendapatkan Uang dari Instagram bagi Stay at Home Mom

 

6. Identifikasi spammer

Selain tag yang serupa, akun palsu juga biasanya memuat komentar-komentar yang serupa. Kamu bisa mengecek apakah komennya mengulang pesan dan foto yang sama. Selain itu juga memberikan link ke sebuah situs. Biasanya, isi komentarnya adalah iming-iming hadiah.

 

7. Perhatikan kejanggalan yang lainnya juga

Selain kejanggalan-kejanggalan di atas, perhatikan juga kejanggalan yang lainnya. Misalnya, komentar-komentar yang seragam atau jumlah following terlalu banyak daripada jumlah follower. Nama akun ini juga nggak memiliki akun di media sosial lain. Kejanggalan yang lainnya adalah jumlah like-nya banyak, tapi nggak ada komentar satu pun.

 

Itu dia cara agar kamu tahu mana akun Instagram yang asli dan bukan. Semoga kamu terhindari dari yang namana tipu-tipu di Instagram, ya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU1

Tunaiku

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett