Beranda > Karier Sukses > 6 Cara Agar Bisa Sukses Hanya dengan Bermodalkan Instagram

6 Cara Agar Bisa Sukses Hanya dengan Bermodalkan Instagram

PAULUS RISANGPaulus Risang
6 Cara Agar Bisa Sukses Hanya dengan Bermodalkan Instagramwatermark

TUNAIKU.COM – Perkembangan dunia bisnis atau usaha memang cepat. Sebagai pelaku bisnis atau usaha, mengikuti perkembangan zaman itu hal yang wajib kamu lakukan agar usaha tetap berjalan dan diminati oleh konsumen.

 

Salah satu media sosial yang hampir semua orang punya saat ini adalah Instagram. Sosial media yang satu ini nggak cuma bisa digunakan untuk eksis-eksisan aja lho. Setelah ngobrol dengan beberapa teman yang punya bisnis, ternyata mereka mengaku kalau Instagram telah mendatangkan manfaat yang besar pada penjualan mereka. Nah, mengacu ke pengalaman mereka, agar bisnis yang kamu jalani nggak begitu-begitu saja, kamu perlu dong melebarkan sayap bisnismu ke dunia sosial media, khususnya Instagram. Setelah korek-korek informasi dari salah satu teman yang sukses berbisnis via Instagram, saya simpulkan, ini dia tips suksesnya.

 

1. Buat nama akun yang mudah diingat orang

Membuat nama akun bukanlah perkara mudah. Usahakan untuk membuat nama akun yang unik tapi mudah diingat oleh orang. Meskipun usaha kamu sudah memiliki nama brand sendiri, kamu juga bisa kok menambahkan kata-kata menarik di dalam brand nama akun Instagram bisnis kamu agar lebih mudah diingat orang.

 

2. Susun feed Instagram yang menarik saat dilihat

Feed adalah deretan konten yang muncul di akun Instagram usahamu. Buatlah susunan feed semenarik mungkin agar orang yang mengunjungi akun Instagram kamu menjadi nyaman dan tertarik jadi follower-mu.

 

Kebayang kan kalau kamu lagi buka suatu akun Instagram yang feed-nya berantakan? Tentu kamu akan malas buat berlama-lama melihat isi akun Instagram tersebut, saya juga akan begitu kok.

 

Buatlah konsep feed yang menarik, misalnya susunan feed berpola seperti papan catur yang berbeda warna atau kamu juga bisa mengganti tema warna postingan tiap beberapa minggu sekali.

 

Kamu juga bisa mencari inspirasi feed Instagram yang menarik di internet, karena saat ini sudah banyak sekali orang sharing feed-feed Instagram kreatif yang bisa kamu ikuti.

 

Artikel terkait: Tips sukses yang layak kamu tiru

  1. 5 Tips Sukses A la Rene Suhardono, Yuk Intip dan Buktikan!
  2. 6 Karakter Ini Dapat Membuatmu Sukses dalam Berinvestasi, Apa Saja?
  3. Seringlah Bergaul dengan Jenis Orang Seperti Ini Kalau Mau Sukses

 

3. Posting konten terbaikmu

Kunci sukses dalam dunia Instagram adalah konten yang menarik, kamu harus bisa menyajikan konten menarik dan bermanfaat bagi follower-mu. Nggak harus melulu jualan, kamu bisa sharing tips-tips yang menarik sesuai dengan target market bidang usahamu. Manfaatkan caption untuk memberikan tips yang lebih panjang sehingga bisa menerangkan sekilas tips yang kamu tampilkan di gambar.

 

Perhatikan juga foto yang kamu pakai, usahakan foto yang kamu posting adalah foto yang berkualitas bagus dan sesuai dengan konsep feed yang sudah kamu rencanakan. Saat ini juga sudah banyak aplikasi yang memudahkan kamu untuk mengedit foto hingga mendesain konten feed Instagram lho.

 

4. Gunakan hashtag yang tepat

Orang yang belum mem-follow akun Instagram kamu dan sedang mencari suatu produk biasanya akan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian dan tak jarang Instagram menampilkan hashtag yang relevan dengan apa yang orang cari. Itulah yang harus kamu tambahkan ke dalam setiap postingan Instagram.

 

Pelajari juga hashtag yang saat ini sedang booming dan kamu bisa mencantumkan hashtag tersebut di bawah caption postinganmu agar konten yang kamu buat memiliki peluang lebih besar dilihat oleh calon pembeli produk yang kamu jual.

 

5. Bangun interaksi dengan follower Instagram kamu

Instagram sejatinya memang diciptakan untuk bersosialisasi dan orang Indonesia memang suka sekali bersosialisasi. Manfaatkan hal ini untuk mempertahankan follower yang sudah kamu dapatkan! Bikin konten dengan caption yang mengundang interaksi follower seperti bermain tebak-tebakan atau membuat kuis berhadiah yang bikin follower-mu aktif memberikan like dan berkomentar di Instagram kamu. Jangan lupa untuk menjawab komentar-komentar yang diberikan follower kamu ya.

 

Manfaatkan juga fitur Instagram story dan siaran langsung Instagram untuk berinteraksi lebih dekat lagi dengan para follower kamu.

 

Artikel terkait: Jajal ide bisnis ini, yuk!

  1. 7 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga, Dapatkan Modalnya di Tunaiku
  2. 5 Ide Bisnis Berawal dari Hobi a la Dian Sastro yang Bisa Ditiru
  3. Ini Dia 5 Ide Bisnis Jajanan Sehat yang Bisa Kamu Coba

 

6. Pelajari Instagram Ads

Mungkin kamu pernah melihat konten dari akun yang nggak kamu follow muncul di beranda atau Instagram story kamu? Yap, itu adalah Instagram Ads atau iklan Instagram. Kamu juga bisa lho membuat sendiri iklan untuk usahamu dengan menggunakan Instagram Ads.

 

Meskipun Instagram Ads membutuhkan biaya tambahan, tapi cara ini sangat ampuh untuk menjaring follower dan jangkauan orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk yang kamu jual.

 

Sekarang juga sudah banyak tersebar langkah-langkah melakukan Instagram Ads di internet. Atau, kamu juga bisa mengikuti pelatihan-pelatihan Instagram Ads yang sekarang sudah banyak hadir di setiap daerah.

 

Nah, itu tadi keenam cara mudah agar kamu bisa sukses berbisnis dengan menggunakan Instagram. Yuk terapkan keenam cara ini!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett