Beranda > Gaya Hidup > Ingin Pergi ke Luar Negeri? Berikut ini Tips dan Cara Membuat Visa

Ingin Pergi ke Luar Negeri? Berikut ini Tips dan Cara Membuat Visa

NOBERTA JEANIENoberta Jeanie
Ingin Pergi ke Luar Negeri? Berikut ini Tips dan Cara Membuat Visawatermark

TUNAIKU.COM – Siapa sih yang nggak kepengen pergi jalan-jalan ke luar negeri? Lingkungan dan budaya yang berbeda memang membuat destinasi wisata luar negeri punya daya tarik tersendiri. Nggak heran jika banyak orang rela menabung, bahkan mengeluarkan dana besar untuk merasakan pengalaman baru di negeri orang.

 

Selain dana tentunya berbagai dokumen perjalanan juga perlu dipersiapkan dengan baik. Jangan sampai kamu mengalami kejadian seperti yang teman saya alami belum lama ini. Ada yang karena lupa membawa bukti pembayaran visa dan ukuran pas foto yang benar.

 

Menyiapkan dokumen perjalanan seperti paspor atau (terutama) visa memang gampang-gampang susah. Beberapa persyaratan harus kamu penuhi meski agak repot dan nggak boleh yang ada terlewatkan satu pun.

 

Artikel Terkait: Visa dan Liburan ke Luar Negeri

  1. Mau Buat Visa? Siapkan Dokumen-dokumen untuk Berikut, Yuk!
  2. Pengin ke Eropa? Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tembus Mengurus Visa Schengen
  3. 9 Negara Ini Bisa Kita Kunjungi Tanpa Visa, Lho!

 

Lalu apa saja sih yang perlu kita siapkan untuk membuat visa? Berikut ini tips dan cara membuat visa.

 

Ketahui jenis visa apa yang kamu butuhkan

Ada berbagai macam jenis visa yang tersedia. Jenis visa tersebut digolongkan sesuai dengan tujuanmu mengunjungi negara yang bersangkutan. Apakah untuk liburan, bekerja atau karena pertukaran pelajar? Oleh karena itu, jangan asal bikin visa ya. Pilihlah yang sesuai dengan keperluanmu di negara tersebut. Oh ya, berikut ini ada daftar jenis visa yang bisa kamu lihat lebih dulu.  

  •         Visa kunjungan sementara untuk kunjungan keluarga / Relatives permits
  •         Visa kunjungan sementara untuk tujuan wisata / Tourist Visa
  •         Visa kunjungan sementara untuk tujuan bisnis / Business Visa
  •         Visa Kerja / Work Visa
  •         Visa Transit
  •         Visa Belajar / Study permits
  •         Visa Pertukaran Pelajar / Exchange permits
  •         Visa On Arrival (visa yang dibuat di bandara negara tujuan)
  •         Visa Diplomatik (visa yang dimiliki oleh diplomat, baik yang sementara maupun yang bekerja dalam jangka waktu tertentu)
  •         Exit Visa (visa yang dimiliki oleh WNA yang harus keluar dari satu negara setelah

     menjalani hukuman penjara, atau dimiliki oleh warga negara yang hendak

     meninggalkan negara asalnya menuju negara baru)

  •         Visa Khusus Pegawai Internasional / Corporate permits
  •         Visa Khusus Bisnis / Business Permits

Siapkan Dana

Pembuatan visa bukan berarti tanpa biaya. Ada sejumlah biaya administrasi yang perlu kamu penuhi sebelum visamu diproses. Nah, jumlahnya kurang lebih sekitar ratusan ribu hingga jutaan rupiah, sesuai dengan jenis visa yang dibuat. Oh ya, jika sudah membayar di bank yang ditunjuk, jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayarannya, ya.

 

Isi Formulir Pendaftaran

Sebelum visamu diproses, kamu harus mengisi formulir pendaftaran lebih dulu. Tenang saja, prosesnya nggak ribet, kok, karena hampir semua kedutaan sudah menyediakan formulir online. Jadi kamu hanya perlu mengisi formulir  dengan data yang benar dan lengkap, ya.

 

Persiapkan pula berbagai dokumen yang dibutuhkan

Jika ingin proses pembuatan visamu berjalan lancar maka, kamu perlu mempersiapkan dengan baik beberapa dokumen di bawah ini lebih dulu.

 

  • Paspor

Paspor digunakan sebagai tanda pengenalmu di luar negeri. Oleh karena itu, nggak heran jika memiliki paspor adalah syarat wajib bagi kamu yang ingin membuat visa. Oh ya, jangan lupa pastikan masa berlakunya paspormu, ya sebelum mendaftar.

 

  • Pas Foto

Ini nih, yang bikin teman saya bolak-balik ke kedutaan. Kamu harus benar-benar memastikan pas foto yang dilampirkan adalah yang terbaru dan memperlihatkan wajahmu dengan jelas. Pastikan juga latarnyanya berwarna putih dan bukan merah atau biru seperti pas foto kebanyakan.

 

  • Bukti Keuangan

Ketika ingin membuat visa kamu akan diminta untuk memperlihatkan bukti keuanganmu. Buktinya bisa berupa slip kerja atau fotokopi buku tabungan. Gunanya adalah untuk menunjukkan jika kamu memiliki biaya hidup yang cukup ketika berada di negeri orang.

 

  • Surat Keterangan Kerja atau Sekolah

Untuk mempermudahmu dalam membuat visa, maka lampirkanlah surat keterangan bekerjamu, jika kamu ke luar negeri untuk urusan pekerjaan. Nah, bagi kamu yang tujuannya ingin bersekolah, maka sertakan keterangan bersekolah yang dimiliki.

 

Artikel Terkait: Kiat Menabung dan Liburan Hemat ke Luar Negeri

  1. Millennials, Ini Kiat Menabung Agar Rencana Traveling-mu Lekas Terwujud!
  2. Satu Minggu Liburan Murah ke Jepang di Bawah Rp10 juta
  3. Panduan Liburan Hemat di Singapura yang Harus Dicoba

Jadwalkan wawancara dan jangan lupa membawa lengkap semua dokumen yang dibutuhkan

Pada saat mengisi formulir secara online, kamu akan diminta untuk menjadwalkan wawancara. Nah, di sinilah kamu akan diminta untuk melampirkan bukti pembayaran. Jika belum membayar, maka kamu tidak bisa mendaftarkan wawancaramu. Setelah berhasil, maka kamu hanya perlu mengunjungi kedutaan dan melakukan wawancara. Jangan lupa untuk membawa serta semua dokumen penting yang sudah kamu siapkan, ya.  

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, cara membuat visa, visa ke luar negeri, tips membuat visa

 

 

 

 

Itu dia tips dan langkah-langkah yang perlu kamu perhatikan ketika akan membuat visa. Jika visa kamu disetujui dan telah selesai dibuat, maka akan langsung diantarkan ke lokasi yang kamu tulis saat pendaftaran. Semoga informasi di atas membantu, ya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett