SWARAJatuh cinta begitu indahnya. Begitu sebaris lirik dari penyanyi lawas Titiek Puspa. Tapi, apakah jatuh cinta tetap indah kalau kamu naksir dengan cowok introvert? Pasalnya, tipe orang introvert itu misterius dan sudah ditebak. Saat mendekatinya, bisa jadi kamu lebih banyak elus dada dibandingkan senyum kasmaran.  

Banyak yang bilang, kalau orang introvert itu susah didapatkan. Sifatnya yang pendiam, senang sendiri, dan nggak suka berkumpul dengan banyak orang adalah tantangan tersendiri. Tapi di mana ada tantangan, di situ ada jalan. Kamu tetap memiliki kesempatan meraih cinta si dia, asal kamu memperhatikan beberapa hal.  

1. Menjadi pendengar 

Meski pendiam, orang introvert juga ingin didengar ketika mereka berbicara. Kamu bisa menunjukkan apresiasi dengan mendengarkan serta membalas ucapannya. Biarkan ia berbicara tanpa diinterupsi. Hal ini bakal bikin dia merasa dihargai olehmu. 

2. Memberi ruang 

Saat menyukai orang introvert, kamu harus memahami sifat alaminya yang senang dengan kesendirian. Karena itu, jangan memaksakan ingin terus bersama dia. Dia malah akan tertekan. Berikan ia ruang dan waktu untuk recharge. 

3. Menghadapinya dengan sabar

Saat mendekati atau berhubungan dengan seorang introvert, kesabaran sangat dibutuhkan dalam prosesnya. Sebab, orang introvert itu butuh waktu lebih lama untuk terbuka. 

Artikel Terkait: Zodiak dan cinta, apa betul berhubungan? 

  1. 5 Alasan Kenapa Sagitarius Bisa Jadi Pacar Idamanmu
  2. 5 Karakter Wanita Leo yang Akan Membuat Para Suami Bahagia
  3. Ingin Miliki Hubungan yang Serius? 5 Zodiak ini Adalah Orang yang Tepat!

 

4. Jujur dan apa adanya

Jika ingin mendapatkan hati seorang introvert, kamu harus jujur dan apa adanya. Biasanya mereka lebih sensitif mendeteksi orang yang suka bohong dan pura-pura. Jangan pakai pencitraan. Dia akan menjauh kalau kamu begitu. 

5. Tunjukkan rasa penasaranmu

Siapapun akan senang ketika ditanyakan hal tentang dirinya. Cara ini bisa kamu lakukan dengan gebetan introvertmu. Tanyakan hal-hal kepadanya. Selain dapat mengenalnya lebih jauh, gebetanmu juga akan merasa diperhatikan dan dipedulikan. Tapi jangan sampai meneror atau menginterogasi ya. 

6. Dilarang mengatur!

Ketika dekat dengan orang introvert, jangan sekali-kali mengatur apa yang harus dia lakukan. Karakter ini nggak begitu suka melakukan banyak hal. Dia lebih senang merenungkan pengalaman. Karena itu jangan memaksa dia kesana-kemari. Bisa-bisa energinya terkuras habis 

7. Menyukai keheningan

Karena suka merenung, otomatis introvert senang dengan keheningan. Terkadang, percakapan yang panjang membuat mereka lelah. Karena itu, saat melihatnya diam, biarkan saja. Saat itu dia mungkin ingin sedang recharge

Artikel Terkait: Tantangan dalam hubungan cinta. 

  1. 7 Cara Hindari Rasa Cemburu yang Berlebihan
  2. Gara-Gara Gadget Cinta Mulai Menghilang, Ini Tips Atasinya
  3. Pacaran Lama Lalu Putus, Move on dengan 8 Langkah Berikut ini

8. Harus gigih

Proses mendapatkan hati orang introvert memang butuh waktu lama. Tapi bukan berarti kesempatanmu nggak ada. Jangan menyerah. Tunjukkan kegigihanmu. Ketika dia mulai jatuh hati, dia akan setia banget. 

Nah, kalau kamu sudah mendekatinya, tentu kamu ingin tahu apakah dia mulai menyukaimu. Supaya nggak penasaran, ada beberapa ciri-ciri yang bisa kamu perhatikan: 

  • Memulai pembicaraan dan interaksi denganmu
  • Selalu ada di sekitar kamu, serta menanyakan tentang kamu  
  • Menjadi terbuka dengan menceritakan hal pribadi kepadamu 
  • Menunjukkan perhatian lebih 
  • Menjaga kontak dan rajin mengajak bertemu 
  • Membantu tanpa diminta 
  • Rela keluar dari zona nyaman demi kamu 
  • Jadi cerewet, saat ngobrol, dia berbagi pendapat dan masukan kepadamu

 

Naksir dan mendekati seseorang yang introvert memang banyak tantangannya. Tapi, jika menurutmu dia layak diperjuangkan, maka kamu harus bersabar dan gigih. Nikmati setiap prosesnya.