SWARA – Saat ini gadget menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan, termasuk dalam hubungan percintaan. Saat terpisah jauh dari pasangan, gadget dan media sosial menjadi pelipur lara untuk berhubungan. 

Namun, gadget juga bisa berdampak negatif bagi kelangsungan hubungan. Media sosial, contohnya, bisa jadi sumber pertengkaran dan keretakan hubungan dengan si dia. Pada kasus yang parah, kamu atau pasangan bahkan mengetahui update kehidupan satu sama lain melalui media sosial. Ketika kencan, pandangan fokus ke ponsel ketimbang ngobrol dari hati ke hati dengan pasangan. 

Lalu, apakah hubunganmu dengan pasangan sudah diblokir oleh ponsel? Berikut tanda-tandanya. 

1. Susah lepas dari gadget, bahkan saat kencan

Waktu makan malam cenderung menjadi quality time dengan pasangan setelah seharian sibuk dengan pekerjaan atau kuliah. Sialnya, karena kamu sudah ketagihan main medsos, perhatian justru tertuju pada ponsel. Alih-alih berkomunikasi dengan pasangan, kamu malah asik menonton IG Story di Instagram atau membalas chat/DM orang lain. 

Artikel Terkait: Perceraian bukan akhir dari segalanya.

  1. Song Joong Ki dan Song Hye Kyo, Menikah dan Bercerainya Serba Dadakan!
  2. 5 Pelajaran yang Dapat Kamu Petik Ketika Orang Tua Bercerai
  3. 10 Film Hollywood Tentang Perceraian yang Menyentuh Hati

2. Nggak menyimak 

Ketika perhatian tertuju ke layar ponsel, otomatis kamu nggak menyimak perkataan atau cerita pasangan. “Tadi kamu bilang apa?” adalah pertanyaan rutin kamu ke pasangan kala menghabiskan waktu bersama. Padahal pasangan barangkali sedang butuh didengar. Hal ini tentu saja nggak sehat untuk komunikasi kalian berdua. 

3. Sibuk update di media sosial

Saat kencan, kamu sibuk bermain media sosial tentang kencan itu sendiri. Selfie di Instagram hingga membuat update di Snapchat menjadi wajib. Sebenarnya nggak salah, tapi harusnya ini nggak menjadi prioritas saat kencan. Perhatian kamu harusnya tertuju pada pasangan. 

4. Bertengkar karena handphone 

Ketika pasangan mulai mengeluhkan kebiasaanmu bermain gadget atau ponsel, maka ada sesuatu yang salah dengan cara kalian menghabiskan waktu bersama. Ini tandanya dia sudah mulai nggak dihargai dan nggak nyaman dengan cara kamu memperlakukan waktu bersama pasangan. 

Supaya hubungan kandas, maka penting buat kamu untuk melakukan hal berikut. 

1. Membatasi penggunaan ponsel

Membatasi penggunaan ponsel otomatis akan mengurangi waktu bermain medsos. Hal ini akan mengalihkan fokus kepada pasangan. Saran ini penting untuk menjaga romantisme dalam hubungan. Selain baik bagi pasangan, pembatasan penggunaan ponsel juga baik untuk kesehatan mental dan mood kamu sendiri. 

2. Berhati-hati dalam  mengunggah status 

Studi yang diterbitkan oleh Psychology of Popular Media Culture mengungkap bahwa “kenyataan” yang terpampang di media sosial tidaklah nyata. Malah cenderung berlebihan, termasuk dalam kemesraan yang diumbar. Bisa saja kemesraan itu berbanding terbalik dengan tingkat kepuasan yang sebenarnya rendah.

Walau nggak semua aktivitas medsos buruk bagi hubungan, kamu tetap perlu berhati-hati. Memposting konten di Facebook, misalnya, dapat menaikkan perasaan dekat dengan pasangan. Namun, rahasianya terletak pada kesamaan pandangan dengan pasangan. 

3. Menetapkan standar 

Nggak semua pasangan memiliki pola komunikasi yang sama. Ada yang berhubungan terus-menerus, dan ada pula yang jarang mengirim kabar. Nggak ada yang salah, asalkan keduanya telah sepakat dengan pola tersebut. Standar ini harus disetujui oleh kedua belah pihak, dan harus dijalankan dengan konsisten. 

Artikel Terkait: Cara jitu mendapat pasangan idaman. 

  1. 5 Alasan Kenapa Sagitarius Bisa Jadi Pacar Idamanmu
  2. 5 Karakter Wanita Leo yang Akan Membuat Para Suami Bahagia
  3. Ingin Miliki Hubungan yang Serius? 5 Zodiak ini Adalah Orang yang Tepat!

4. Berhati-hati dengan selingkuh mikro 

Selingkuh itu nggak selalu tidur atau kencan dengan orang lain. Selingkuh juga terjadi dalam skala kecil, seperti perilaku menggoda atau selingkuh micro. Dalam dunia digital, hal ini nggak ada batasnya. Ciri-cirinya bisa kalau kamu sengaja menyembunyikan aktivitaskan sosial dari pasangan ataupun punya akun kedua yang nggak diketahui pasangan. Hati-hati kamu sudah masuk dalam kategori selingkuh mikro. 

Memang susah lepas dari gadget, apalagi sudah menjadi bagian nggak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, kamu harus menetapkan prioritas. Gadget memang penting, tapi hubungan yang sehat harus menjadi prioritas.