SWARA – Pacaran lama bertahun-tahun bukan jaminan hubungan awet. Faktanya, di luar sana sudah banyak contoh pacaran belasan tahun tapi akhirnya kandas juga. Sebaliknya, sosok yang baru ditemui sebulan dua bulan malah langsung serius dan menuju pelaminan. 

 

 

Hidup memang penuh misteri. Tapi, kira-kira apa saja yang menyebabkan hubungan lama bisa kandas? Well, sebenarnya ada banyak yang bisa menyulap rasa nyaman bertahun-tahun itu menjadi nggak nyaman dalam sekejap. Perbedaan keyakinan, adanya orang ketiga, belum adanya keseriusan, nggak sesuai visi misi, terhalang restu orangtua, LDR, masing-masing mulai berubah dan nyaman dengan lingkungan baru, dan penyebab-penyebab lainnya bisa mengakibatkan hubungan berakhir. 

 

Apa pun penyebabnya, kamu bisa menjadikan kandasnya hubungan ini sebagai koreksi untuk memperbaiki hubungan selanjutnya. Tapi, langkah pertama yang harus kamu lakukan tentu saja adalah move on. Yap, move on dari hubungan yang sudah bertahun-tahun itu nggak gampang, lho. Tapi, seenggaknya ada 8 langkah di bawah ini yang bisa membantumu:

 

1. Off dari media sosial

Saya juga pernah mengalami kekecewaan mendalam. Rasa kecewa pada satu orang rasanya membuat saya kecewa pada dunia dan seisinya. Mungkin terdengar berlebihan, tapi itulah yang saya rasakan. Saya pun menarik diri, termasuk off dari media sosial. 

 

Setelah itu, saya lebih banyak menghabiskan waktu dengan diri sendiri. Kadang menyendiri dan berkotemplasi itu membuat diri lebih mengerti tentang hidup. Saya mulai off di Instagram, termasuk menghapus semua postingan dalam feed. Kala itu seakan saya nggak ingin tahu apa pun yang terjadi di dunia, termasuk kehidupan barunya. Centang dua biru pada aplikasi WhatsApp mulai saya matikan termasuk last seen sampai memblokir orang pun saya lakukan. Mungkin terkesan kekanakan dan berlebihan. Tapi jika hal itu membuat kita lebih tenang, nggak berdosa kan jika dilakukan?  

 

Artikel terkait: Suka bermedia sosial? Coba baca ini

  1. Tambah Wawasan dan Kemampuan lewat Kursus Online Media Sosial
  2. Sulli Eks f(x) Meninggal: Bahayanya Cyber Bullying di Media Sosial
  3. 5 Tips Maksimalkan Media Sosial Untuk Karier

 

2. Menangis itu wajar

Ada yang bilang kalau menangis itu berarti lemah. Menurut saya sih nggak, ya. Justru dengan menangis itu bikin hati jadi plong. Yang nggak boleh itu kalau kamu terus berlarut dengan masalah. Jadi menangis boleh saja untuk sekali dua kali dan tiga kali. Tapi setelah itu, harus bangkit lagi. Jangan sampai kamu menangis hari demi hari bahkan ndoprok di bawah shower berminggu-minggu, ya.

 

3. Terima kenyataan

Dalam hidup memang ada beberapa hal yang nggak bisa kita paksakan. Kandasnya suatu hubungan pastilah memiliki sebab. Jika sudah berkaitan dengan perbedaan keyakinan, terhalang restu orangtua, dan sebab musabab yang susah, ya sudah. Kita hanya bisa menerima kenyataan. Ketahuilah, terkadang dengan menerima kenyataan pun bisa membuat kita lebih tenang.

 

4. Maafkan dirimu dan yang menyakitimu

Mungkin kamu jadi merasa bodoh karena selama ini telah bertahan dalam hubungan yang nggak pasti. Kadang juga merasa semuanya nggak berguna, terbuang sia-sia. Wah jadi kaya lirik lagunya Killing Me Inside yang berjudul Biarlah, ya. Tapi ya sudah, mau bagaimana lagi? Kita nggak bisa kembali ke masa lalu untuk membalikkan cerita. Maafkan saja dirimu dan dia yang sudah menyakiti. Menyalahkan diri sendiri dan dendam nggak akan membuat tenang.

 

5. Curhat dengan orang terdekat

Mungkin kamu memang memiliki teman dan sahabat yang banyak. Namun, saya yakin hanya beberapa saja yang benar-benar tepat dan bisa mengerti duduk permasalahanmu. Pilihlah dari mereka yang benar-benar mengerti kamu. Berceritalah sampai merasa bebanmu jadi lebih berkurang. Sahabatmu mungkin saja akan membantu mencarikan solusi.

 

6. Sibukkan diri dengan kegiatan positif

Kesibukan akan membuat orang lupa dengan masalah yang tengah dihadapi. Nah, ada baiknya kamu memiliki kesibukan yang tentu saja positif dan produktif. Dengan demikian, lama-lama kamu pun akan bisa move on dengan sendirinya. 

 

7. Liburan 

Perasaan sedih bisa terlupakan jika kamu melakukan hal-hal yang bisa membuat bahagia. Kalau saya sendiri, hal yang bisa membuat saya bahagia salah satunya adalah liburan. Nah, jika ingin move on, ada baiknya mulai sekarang membuat list tempat liburan yang harus dikunjungi.

 

Artikel terkait: Hobi traveling? Coba baca ini

  1. 12 Destinasi Liburan yang Bisa Kamu Pilih untuk Libur Akhir Tahun
  2. 5 Cara Cerdas Liburan Bebas dari Kartu Kredit
  3. Pengin Liburan Tapi Nggak Punya Uang, Ini Solusinya

8. Olahraga

Beberapa orang memilih berolahraga seperti joging saat menghadapi masalah. Apa yang dirasakan? Badan jadi sehat dan masalah lebih mudah untuk dilupakan. Jika kamu termasuk salah satu orang yang suka berolahraga, yuk dilanjutkan!

 

Well, saya paham betul move on itu nggak gampang. Tapi, sepanjang kita punya niat dan mau mempraktikkan, pastilah pelan-pelan bisa move on. Yuk move on dan sambut kehidupan percintaan yang lebih baik lagi.