SWARA – Banyak yang bilang cemburu adalah bumbu dalam hubungan. Cemburu menjadi tanda kepedulian dan rasa sayang kepada pasangan. Tentunya jika dalam batas wajar. Bila berlebihan, rasa cemburu justru bisa menjadi duri dalam hubungan. Akan tumbuh rasa posesif sehingga berujung pada toxic relationship. 

 

Biar cemburu nggak membutakan mata, ada tujuh cara agar kamu dapat menghindari cemburu berlebihan: 

 

1. Jangan membandingkan hubungan dengan masa lalu 

Setiap orang memiliki masa lalu. Bila kamu pernah dikhianati, barangkali kamu menjadi susah percaya dan berpikir negatif. Namun, alangkah nggak adil kalau kamu membandingkan pasangan yang sekarang dengan yang dulu. Walau kamu ingin melindungi diri, tindakan ini akan membuat pasangan nggak nyaman dan tertekan. Singkirkan ketakutan dan rasa ragu dan cobalah percaya kepada pasangan. Ingat, dia bukan mantan. 

 

2. Refleksi dan memahami alasan kecemburuan 

Saat kamu merasa cemburu, tarik napas dan berpikirlah. Kamu bisa merenungkan alasan di balik kecemburuan yang kamu alami. Biasanya cemburu dipicu oleh kecurigaan serta perubahan sikap pasangan maupun persepsi yang seringkali mengelabui fakta. Hal ini akan membantu kamu untuk mengubah pola pikir dan mengurangi rasa cemburu itu. 

 

Artikel Terkait: Cara mendapat pasangan berdasarkan zodiak. 

  1. 5 Alasan Kenapa Sagitarius Bisa Jadi Pacar Idamanmu
  2. 5 Karakter Wanita Leo yang Akan Membuat Para Suami Bahagia
  3. Ingin Miliki Hubungan yang Serius? 5 Zodiak ini Adalah Orang yang Tepat!

 

3. Stop mengecek media sosial pasangan 

Media sosial juga bisa jadi sumber kecurigaan, karena itu jangan membiasakan diri mengintai media sosial (medsos) pasangan. Apalagi setiap hari. Kalau kamu butuh memeriksa setiap postingan di seluruh kanal medsos pasangan, maka kamu sedang membangun bom waktu dalam hubungan. Sebab, pasangan akan berpikir kamu tidak mempercayainya dan ini akan menjadi sumber pertengkaran kalian. 

 

4. Mengubah sikap

Jika ada sesuatu yang mengganggu pikiran dan berpotensi memicu kecemburuan, ada baiknya kamu terbuka dan membicarakannya dengan pasangan. Ingat, pasangan perlu tahu apa yang ada dalam pikiranmu sehingga kalian bisa mencari solusi bersama. Hal ini juga baik untuk komunikasi dan jadi cara membangun kepercayaan. Kamu juga perlu mengubah sikap jika masih merasa harus menjadi prioritas. 

 

5. Mengambil kendali 

Ketika cemburu, yang tersiksa adalah diri kamu sendiri. Karena itu kamu harus bertanggung jawab kepada diri kamu sendiri dengan mengambil kendali atas perasaanmu. Jangan sampai kamu melimpahkan frustrasi dan menyalahkan pasangan atas sesuatu yang kamu rasakan. 

 

6. Ungkapkan perasaan kepada pasangan 

Ketika cemburu, jangan malu untuk membicarakannya dengan pasangan. Jelaskan kepada pasangan penyebab kecemburuanmu. Ini akan membuat pasangan mengerti. Tapi jangan sampai berantem, ya. Sebaliknya bicarakan baik-baik dan buatlah kompromi atas apa yang boleh dan nggak boleh dilakukan oleh masing-masing orang di dalam hubungan. 

 

Artikel Terkait: Mengenal pasangan lewat zodiak.  

  1. 5 Alasan Kenapa Sagitarius Bisa Jadi Pacar Idamanmu
  2. 5 Karakter Wanita Leo yang Akan Membuat Para Suami Bahagia
  3. Ingin Miliki Hubungan yang Serius? 5 Zodiak ini Adalah Orang yang Tepat!

 

7. Menghadapi ketakutan diri sendiri 

Bila pasangan memiliki pergaulan yang luas, termasuk dengan lawan jenis, mungkin kamu sesekali cemburu. Karena itu kamu juga perlu menghadapi sumber kecemburuan ini. Jadilah orang yang terbuka dan cobalah bergaul dengan lingkar pertemanan pasangan. Dengan begini, kamu dapat mengenal pasangan dan pertemanannya, serta belajar berpikir rasional.

 

Itulah tips untuk menghindari cemburu buta dengan pasangan. Ingat, yang paling penting dalam menjaga hubungan adalah saling percaya. Untuk membangun kepercayaan, maka kamu dan pasangan harus membina komunikasi yang terbuka dan nggak menyimpan rahasia.