SWARA – Sudah nonton Crazy Rich Asian, belum? Salah satu film ter-hits di tahun 2018 ini. Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karangan Kevin Kwan, romantic comedy ini menceritakan dinamika pasangan Nick Young dan Rachel Chu dengan perbedaan status finansial.

 

Suatu hari, mereka berdua memutuskan untuk pulang kampung ke Singapura guna menghadiri pernikahan sahabat Nick. Dan, di sinilah plot utamanya terjadi, di mana Rachel baru tahu bahwasanya keluarga Nick Young itu super-duper kaya di Singapura. Dengan gaya hidup extravagan yang nggak pernah Rachel bayangkan.

 

Sebagai rakyat jelata, Rachel tentu saja terkejut dong. Apalagi saat dia harus berhadapan dengan circle keluarga dan kenalan Nick yang sama-sama crazy rich. Bisa kebayang kan, betapa repotnya Rachel harus terbiasa mencicipi gaya hidup Nick, plus, menguatkan diri dari gunjingan orang tua Nick yang memandang rendah dirinya.

 

Nah, film yang dibintangi Constance Wu dan Henry Golding ini memang kocak dan bikin kita ternganga sih. Namun, dibalik itu sebenarnya ada pelajaran yang bisa kita ambil, yaitu mengetahui kondisi finansial pasangan itu sungguh krusial.

 

Artikel terkait: Rekomendasi film untuk menemai weekend malas

  1. Flashback ke Masa Sekolah dengan 10 Film Remaja Ini
  2. 7 Film Indonesia Ini Pamerkan Pesona Alam, Yuk Nonton dan Keliling Nusantara!
  3. Ini Dia Film Seputar Karier yang Bisa Memotivasimu

 

Karena pasangan berhak tahu kondisi finansialmu agar hubungan kalian berjalan baik

Karena ini film, tentunya sikap Nick yang merahasiakan kekayaan keluarganya dan membiarkan Rachel terkejut-kejut saat harus bersentuhan langsung tanpa ada peringatan, menjadi plot yang menjual.

 

Tapi, coba bayangkan kalau ini terjadi di dunia nyata? Ternyata jadinya nggak lucu, lho. Pasanganmu berhak tahu kondisi finansialmu seperti apa. Apakah tajir melintir, sedang dililit hutang, atau justru sama-sama financially struggle-nya denganmu. Kenapa? Karena ini akan memengaruhi sehat-tidaknya hubungan yang kalian jalani. Bahkan dari hal-hal sederhana seperti, siapa yang bayar makan saat kencan? Kemana kalian bisa jalan-jalan? Pernikahan seperti apa yang kalian inginkan? Dan lain sebagainya.

 

Kalau kamu menganggap, wah enak dong bisa mendapatkan pasangan super-duper kaya seperti Nick Young? Well, belum tentu lho. Kalau kamu nggak kuat mental menghadapi keluarga Nick, seperti mamanya, Eleanor Young, bisa stres juga, kan? Hehe.

 

Karena perbedaan status finansial mempengaruhi kepribadian

Menurut Gaby Dunn, pembawa acara podcast finansial berjudul Bad with Money, setiap orang pasti punya kebiasaan, prioritas, dan cara memandang hidup yang berbeda-beda, yang sangat dipengaruhi dengan status finansial saat ia dibesarkan dan saat ini.

 

Seandainya nih, pasangan kalian adalah orang kaya tapi kalian nggak tahu, dan kalian selalu diajak ke tempat-tempat kencan yang mentereng. Kalian yakin bisa mengimbanginya?  Sekali-dua mungkin masih bisa. Namun, kalau harus selalu, kewalahan banget dong.

 

Karena mengetahui status dan prinsip finansial harus sedini mungkin supaya nggak terjadi culture shock

Rachel baru tahu betapa kayanya Nick saat mengunjungi keluarganya setelah satu tahun berpacaran, dan saat Nick sudah berniat untuk melamarnya. Selama satu tahun itu pula, Nick nggak pernah menyinggung status kekayaannya. Apakah itu hal yang buruk? Yup. Nggak seharusnya Nick melakukan itu. Banyak pakar, baik dari sisi percintaan maupun finansial, menganjurkan para pasangan untuk menyentuh topik keuangan sedini mungkin di hubungan mereka. Tepatnya di bulan keberapa, memang nggak ada patokan khusus. Tergantung dari seberapa serius hubungan yang kalian jalani. Kalau memang dari awal berpacaran sudah ada niatan ke pernikahan, lebih baik obrolin sedikit demi sedikit, bertahap hingga kalian memahami habit masing-masing.

 

Kesimpulannya sih, film Crazy Rich Asian memang menghibur dan bikin kita berangan-angan ada di posisi Rachel Chu. Namun, setelah dipikirkan lebih lanjut, sepertinya nggak enak, deh. Hehe.

 

Jadi, mendingan terapkan asas jujur dan terbuka dengan pasangan untuk masalah finansial.

 

Artikel terkait: Kebiasaan keuangan pasangan

  1. 10 Tanda Kebiasaan Mengatur Keuangan Pasangan Mulai Mengkhawatirkan
  2. Lakukan Cara Ini Agar Kamu Berhenti Bertengkar dengan Pasangan Karena Keuangan
  3. 7 Cara Atasi Masalah Keuangan dalam Hubungan, Salah Satunya Gunakan Aplikasi Kredit Online

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWINNY WITRA MAHARANI