Beranda > Gaya Hidup > Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Kamu Memiliki Furnitur dari Kayu

Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Kamu Memiliki Furnitur dari Kayu

TimotiusTimotius
Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Kamu Memiliki Furnitur dari Kayuwatermark

TUNAIKU.COM – Hingga sekarang, furnitur berbahan dasar kayu masih digemari  banyak orang. Pasalnya, furnitur kayu memberikan suasana sejuk dan alami ke dalam rumah serta bersifat tahan lama. Namun, supaya furnitur kayu tetap awet dan terpelihara, kamu harus merawatnya dengan baik dan benar. Jika kamu salah merawatnya, furnitur kayu milikmu akan menjadi kusam, lapuk, bahkan bisa hancur dan rusak. Jadi bagaimana cara merawat furnitur kayu dengan benar? Simak penuturannya berikut ini!

 

Artikel Terkait: Baru Menempati Rumah Baru? Perhatikan Tips Berikut Ini!

  1. Baru Pindah Rumah? Supaya Lebih Aman dan Nyaman, Yuk Lakukan Hal Ini
  2. Ini Dia Jenis Lantai yang Cocok untuk Hunianmu
  3. Tipe-tipe Cat Rumah dan Tips Aplikasinya

 

1. Letakkan pada tempat kering dan bersuhu normal

Untuk menjaga furnitur kayu tetap awet terpelihara, letakkanlah furnitur tersebut pada tempat kering bersuhu ruangan normal. Jangan meletakkan furnitur kayu di tempat dengan pancaran sinar Matahari langsung. Paparan sinar Matahari yang bersuhu tinggi dapat menyusutkan kayu. Apabila dibiarkan terus, akan terjadi retakan pada lapisan kayu. Jangan pula menaruh furnitur kayu pada tempat lembap, karena hanya akan mempercepat proses oksidasi pada kayu, serta akan menjadi wadah tumbuhnya jamur dan serangga perusak kayu.

 

2. Pindahkan furnitur kayu secara hati-hati

Apakah kamu sering memindahkan furnitur kayu dengan cara menyeret? Hati-hati, cara seperti itu dapat memperpendek usia furnitur. Kayu yang bergesekan dengan lantai dapat mengikis dan menorehkan goresan, sehingga akan membuat struktur kayu mudah hancur.

 

Untuk mengurangi gesekan pada furnitur kayu milikmu, alangkah baiknya jika kamu memindahkan furnitur kayu tersebut dengan cara mengangkatnya. Kemudian, untuk menjaga agar bagian bawah furnitur tetap mulus, berikanlah karpet atau keset pada bagian bawahnya.

 

3. Jauhkan furnitur kayu dari tumpahan air ataupun cairan lainnya

Untuk menjaga furnitur kayu tetap tahan lama salah satunya adalah dengan menjauhkannya dari air. Apabila nggak sengaja terkena air, segera lap dan keringkan furnitur tersebut sebelum cairan meresap ke bagian dalam kayu. Keberadaan cairan pada kayu dapat membuatnya cepat lapuk dan rapuh.

 

Jika furniturmu terkena noda minuman lain secara nggak sengaja, ambillah lap, air hangat, dan sabun cuci piring. Kemudian, rendam kain tersebut pada air cucian dan peras lap dengan lembut. Setelahnya, bersihkan noda minuman secara perlahan. Jangan lupa untuk segera mengeringkannya dengan lap kering.

 

Adapun jika kamu memiliki meja makan yang terbuat dari bahan kayu, ada baiknya melapisi bagian atasnya dengan taplak untuk mencegah air masuk ke lapisan kayu. Hal ini berlaku juga bagi furnitur yang sudah dipernis ataupun belum. Ada baiknya jika kamu mempernis setiap perabot kayu di rumahmu untuk memperlambat proses pelapukan atau pembusukan kayu.

 

Artikel Terkait: Yuk, Biasakan Diri untuk Hemat Listrik dan Air!

  1. 4 Hal yang Dapat Dilakukan untuk Hemat Air di Dapur
  2. Apa Saja yang Dapat Dilakukan untuk Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah?
  3. Perangkat Ini yang Sering Bikin Boros Listrik di Rumah, Coba Dicek!

 

4. Bersihkan furnitur kayu sesering mungkin

Dalam membersihkan furnitur kayu, janganlah lupa untuk membersihkannya sampai ke celah-celah kecil. Terlebih, untuk mencegah berkumpulnya jamur dan debu. Gunakanlah kuas kecil atau sikat gigi untuk membersihkan bagian yang sulit dibersihkan dengan lap tangan. Selain itu, jangan lupa untuk menyemprotkan cairan pelapis furnitur atau biasa disebut pledge minimal sebulan sekali. Pledge ini berguna untuk menjaga agar furnitur kayu tetap kuat dan mengilat. Cara menggunakannya adalah dengan menyemprotkannya pada furnitur kayu kemudian lap dengan kain hingga kering.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

Tunaiku, KTA

 

Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett