SWARA – Rasanya sungguh menjengkelkan ketika akun email atau Facebook terkena spam. Spam adalah aktivitas dari pihak ketiga yang mengirim konten nggak diinginkan secara bertubi-tubi.

Bayangkan saja, ada pihak ketiga yang memakai akunmu tanpa izin untuk mengirim link atau konten yang nggak diinginkan ke orang lain. Takutnya, spam ini berisi konten-konten negatif seperti adu domba, iklan, maupun konten pornogarfi.Pasti mengganggu banget,kan? Bagaimana jadinya kalau sampai spam itu dikirim ke email atasan?

 

Nggak perlu parno dulu, ya, karena ada cara untuk menanganinya. Kamu bisa memulihkan agar spam nggak lagi menyerang akunmu. Dikutip dari Omklik.com, ini beberapa cara untuk mengatasinya.

 

1. Mengatasi Facebook yang terkena spam

Saya sering menjumpai teman-teman kampus sampai dosen yang terkena spam di Facebook. Akun yang sudah terinfeksi spam ini mengirim konten nggak jelas ke jaringan pertemanan Facebook.

 

Parahnya, ada satu akun dosen yang mengirim konten nggak jelas ke akun saya, he-he. Sejak saat itu, jadi awkward banget, tuh. Belajar dari sini, saya jadi hati-hati lagi kalau pasang aplikasi dan klik link.  

 

Artikel Terkait: Informasi Menarik Terkait Touring

  1. Para ‘Riders’, Ini 8 Hal Penting Persiapan Motor untuk Touring
  2. 5 Peralatan Wajib Bawa dalam Motor saat Ingin Touring
  3. Percantik Motor Klasik dengan Bujet Minim, Ini 5 Bengkel yang Direkomendasi

 

Daripada berlarut-larut, kamu bisa melakukan pengaturan aplikasi pada Facebook untuk mengatasinya. Pertama, setelah masuk ke akun Facebook, buka Pengaturan Aplikasi. Cek kembali pada pengaturan aplikasi apakah terdapat aplikasi yang mencurigakan. Jika ada, segera hapus aplikasi tersebut dari akun Facebook. Caranya, dengan klik ikon (x), kemudian Hapus.

 

2. Mengatasi adware pada Facebook

Ada satu lagi spam yang perlu kamu kenali yaitu Adware. Adware ini biasanya terinstal  secara nggak sengaja. Cirinya adalah konten iklan cenderung aneh dan sering berputar secara otomatis. Nggak perlu khawatir, kamu pun bisa menghilangkan Adware pada browser, kok.

Misalnya, nih, kamu pakai Google Chrome. Kamu tinggal klik Setting dan Extensions. Lalu, klik Tools>Add-ons>Ekstensi untuk Mozilla Firefox.

3. Mengatasi spam pada email

Suatu hari, saya dapat email dari klien. Karena kurang teliti, saya mengklik link yang ternyata berupa spam. Sejak saat itu, saya selalu dapat email spam, sehari lebih dari tiga email yang masuk. Biar hal ini nggak terjadi padamu, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut.

Pertama, ketika dapat email mencurigakan, jangan langsung klik link. Bisa saja email tersebut adalah spam. Kedua, jika sudah menerima email spam, segera tandai dan pindahkah email tersebut ke folder Spam. Ketiga, dengan mematikan image agar spammer nggak bisa melacak akunmu. Pasalnya, ketika image terbuka, spammer akan memberikan tanda kalau emailmu sedang aktif.

 

4. Mengaktifkan fitur keamanan email dan Facebook

Jika ingin akun Facebook dan email tetap aman, kamu bisa memanfaatkan fitur keamanan, lho. Di antaranya adalah fitur peringatan login via SMS, persetujuan masuk Facebook, hingga  Kontak Terpercaya. 

Dengan mengaktifkan peringatan login via SMS, kamu bakal tahu siapa saja yang login ke akunmu. Karena nantinya bakal ada notifikasi via SMS. Sama juga dengan akun email, biasanya akan ada notifikasi via SMS, ketika ada login di perangkat yang baru. 

Lebih aman lagi, kalau kamu memakai keamanan persetujuan masuk akun dengan mengirimkan kode via SMS. Jadi, orang lain dijamin nggak bisa masuk akun karena kode dikirim ke nomor ponselmu.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Kendaraan Hemat Bahan Bakar

  1. 5 Motor Bebek Ini Dikenal Paling Irit Bensin! Apa Saja?
  2. Rekomendasi 10 Motor Hemat Bensin yang Nggak Bikin Boros
  3. Yuk, Intip 10 Rekomendasi Mobil Irit Bensin Berikut!

 

Terakhir, sangat disarankan untuk memakai fitur Kontak Terpercaya. Fitur ini akan berfungsi kalau akunmu di-hack dan nggak bisa lagi masuk akun. Maka, kamu bisa masuk via kontak terpercaya (teman) yang sudah didaftarkan. Nggak perlu khawatir lagi deh kalau kehilangan akses ke akun.

Dengan mencoba beberapa langkah di atas, akun Facebook dan email-mu bisa terbebas dari spam. Semoga akunmu bisa berfungsi seperti sedia kala.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


DEWI AYU NURJANAHDEWI AYU NURJANAH