Beranda > Gaya Hidup > Cara Mengecek dan Mengganti Oli Mobil Sendiri di Rumah

Cara Mengecek dan Mengganti Oli Mobil Sendiri di Rumah

TUNAIKU
Cara Mengecek dan Mengganti Oli Mobil Sendiri di Rumahwatermark

TUNAIKU.COM – Apakah aktivitas mengecek oli mobil sudah jadi kebiasaanmu sehari-hari? Kalau belum, segera terapkan. Soalnya oli itu memiliki peranan yang sangat-sangat penting. Tanpa harus ke bengkel, sebetulnya kamu bisa mengecek dan ganti oli mobil sendiri di rumah. Caranya persis seperti yang saya tuliskan di bawah ini. Coba satu per satu.

 

Artikel Terkait: Cara Merawat Kendaraan

  1. 8 Cara Merawat Kendaraan di Cuaca Panas , Wajib Diperhatikan!
  2. Ini Dia Tips Rawat Mobil yang Sudah Berusia 5 Tahun
  3. Rawat Motor 4 Tak dengan Mudah, Ini Tipsnya!

1. Pakai tongkat celup untuk mengukur level oli

Untuk tongkat celupnya pakai yang biasa digunakan oleh mekanik di bengkel-bengkel. Bukan pakai besi, baja, ataupun kayu sembarangan. Tiap tongkat celup punya ukuran sendiri dalam hal memutuskan oli sudah waktunya diganti atau belum. Caranya dengan mencelupkan tongkat itu sampai seluruh bagiannya. Jangan lupa bawa kain putih yang bersih dari noda.

 

Periksa. Apakah oli berada di bawah garis ADD atau masih di atasnya. Kalau berada di bawah, sudah waktunya kamu ganti olinya. Oli yang digunakan harus sesuai dengan standar mobil milikmu. Setelah diganti, cek kembali dengan alat yang sama. Apabila kondisi level oli sudah di garis full, berarti beres. Kalau belum diganti masih full, jangan buru-buru ganti.

 

2. Tarik tongkat celup di bagian mesin depan

Mobil apa pun biasanya memiliki tongkat celup sendiri. Tanpa harus beli. Tapi andaikata tongkatnya rusak, ganti saja langsung. Hanya saja, kadang-kadang titik tongkat celupnya beda-beda tiap mobil. Tergantung produsennya. Secara umum berada di mesin mobil bagian depan. Kalau masih bingung soal letak tongkat celupnya, periksa kembali buku manual milikmu.

 

Di bagian mesin, ada beberapa tongkat celup yang difungsikan berbeda-beda. Ada yang berada di transmisi, ada pula yang di bagian oli. Nah, kamu tarik yang kedua. Jangan sampai salah. Cara menariknya dengan sedikit disentak. Baru kemudian bersihkan bagian itu dengan lap bersih.

 

3. Buka dulu kap mesin mobilnya

Cara ini seharusnya berada di awal pembahasan. Tentu saja ketika kamu mau mengecek dan mengganti oli mobil dalam waktu yang berkelanjutan. Berdasarkan pengalaman saya, paling pas itu buka kap ketika mesin mobil belum dinyalakan. Andaikata kamu telanjur menyalakan, diamkan dulu. Kira-kira selama 10 menitan.

 

Soalnya kalau kap masih dalam keadaan panas, oli mesin masih bekerja. Kondisinya masih panas. Harap saat mengangkat kap mobil itu dibuka lebar-lebar. Biar udara dari luar mudah mendinginkan mesinnya. Jadi, ketika tongkat celup oli ditarik, kamu nggak kepanasan. Selain itu, pemeriksaan maupun penggantian olinya juga lebih bebas.

 

4. Buang saja oli bekasnya

Ketika sudah dipastikan oli mau diganti, bagian oli bekasnya harus dibuang. Jangan sampai antara oli bekas dengan oli baru nyampur. Hasilnya nanti nggak beda jauh dengan BBM oplosan. Kinerja mesin jadi kurang maksimal. Zat kimia yang terdapat pada oli bekas itu sangat membahayakan mesin mobilmu.

 

Oli bekas yang ditelantarkan di jalan-jalan juga akan membahayakan orang lewat. Bayangkan saja, ketika pejalan kaki lewat, mereka menghirup udara yang tercampur oli bekas. Oleh karena itu, tempatkan dulu oli bekas yang sudah diganti ke dalam wadah rapat-rapat. Kemudian baru dibuang ke tempat khusus. Setelah itu, baru saringan olinya dibersihkan.

 

Artikel Terkait: Tips Merawat Motor

  1. Tips Rawat Motor Matic Supaya Awet Terus!
  2. Lakukan 5 Cara Ini untuk Menjaga Motor Sport agar Awet
  3. 9 Cara Merawat Kendaraan di Musim Hujan yang Mudah Diterapkan

 

5. Ketahui Cara Mengganti Oli yang Benar

Saat mengganti oli mobil juga perlu cara khusus. Nggak asal tuang saja. Di buku panduan mobil biasanya ada. Periksa kembali, apakah ada komponen mobil yang bikin oli menetes-netes atau nggak. Jangan lupa kencangkan penutup oli biar nggak menguap ke mana-mana saat mesin dinyalakan. Nyalakan indikator tekanan olinya, jangan lupa juga.

 

Dengan mengecek oli mobil secara rutin, maka kemungkinan mesin rusak jadi minim. Kalau kamu saja rajin pakai, maka harus rajin merawatnya juga. Biar adil. Bagaimana pun bentuknya mobilmu, begitu-begitu, kan, masih sering digunakan. Kamu mau melihat mobilmu berumur panjang, kan?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!  

2 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett