Beranda > Gaya Hidup > Rawat Motor 4 Tak dengan Mudah, Ini Tipsnya!

Rawat Motor 4 Tak dengan Mudah, Ini Tipsnya!

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Rawat Motor 4 Tak dengan Mudah, Ini Tipsnya!watermark

TUNAIKU.COM – Memiliki kendaraan tak terlepas dari perawatan. Ya, kamu harus merawat motor atau mobil kamu secara berkala bila ingin kendaraan itu awet dan berfungsi dengan baik.

 

Nah, buat kamu yang memiliki motor 4 tak, ada beberapa tips yang bermanfaat buat kamu untuk merawat motor. Simak baik-baik ya!

 

1. Memeriksa busi sepeda motor

Secara berkala, lakukan pengecekan terhadap busi. Kalau memungkinkan, lakukan setiap sebelum kamu berkendara agar mesin berfungsi lancar. Lihat apakah busi masih layak pakai atau harus diganti dengan yang baru. Oh iya, sebelum mengganti, pastikan motor kamu sudah mencapai jarak 12.000 km ya. Tujuannya agar pembakaran mesin tetap optimal.


Artikel Terkait: Aplikasi berguna untuk ponsel pintarmu.

  1. 5 Aplikasi yang Bisa Bikin Pekerjaanmu Semakin Terkoordinir
  2. Agar Hidup Berjalan Lancar Ini 5 Gadget yang Harus Dimiliki Perempuan Bekerja
  3. 4 Aplikasi Smartphone Wajib untukmu yang Super Sibuk

 

2. Pengecekan filter karburator

Filter karburator ada dua jenis yakni basah dan kering. Filter karburator basah bisa dibersihkan dengan bensin saja lalu kamu bisa lumasi dengan oli. Biasanya jenis ini dimiliki oleh motor keluaran 1990-2000a. Sementara itu, filter karburator kering.

 

3. Setelan rantai dan gir motor

Rantai motor sangat penting untuk keselamatan berkendara. Maka, sebelum berkendara, baik jarak jauh maupun dekat, kamu wajib memeriksa setelannya. Pastikan nggak terlalu kencang atau terlalu kendor. Hal ini wajib kamu lakukan. Sebab, bila rantai motor kendor, bisa putus.

 

Kamu bisa menyetelnya sendiri atau pergi ke bengkel. Perhatikan juga kalau rantai motor sudah kering. Lumasi rantai dengan cairan khusus rantai motor. Gantilah rantai motor kamu bila sudah menepuh jarak 25.000 – 35.000 km.

 

4. Pembersihan karburator

Merawat motor 4 Tak juga nggak boleh luput dari membersihkan karburator. Pembersihan karburator bertujuan agar aliran bensin dari tangki nggak tersumbat menuju mesin pembakaran. Kamu bisa membersihkan bagian pilot dan juga mesin utama motor. Bila motor kamu keluaran 1990-2000an, maka kamu bisa menyetel angin motor tipe manual. Tutup baut setelan angin, lalu buka perlahan melawan arah jarum jam.

 

5. Memeriksa air aki dan atau aki

Secara umum, kamu bisa memeriksakan motor 4 tak dengan aki kering keluaran tahun 2000 setiap tiga tahun sekali. Hal ini wajib kamu lakukan untuk menjamin sistem kelistrikan motor berjalan maksimal.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman online, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, motor, motor 4 tak, cara merawat motor, tips merawat motor

 

6. Menggunakan suku cadang asli

Merawat motor 4 tak atau jenis lainnya, sebisa mungkin, hindari penggunaan suku cadang palsu. Walau harganya lebih mahal, suku cadang asli lebih terjamin dan awet. Selain itu, kamujuga bisa nyaman berkendara karena kemungkinan bermasalah nggak bakal ada.

 

7. Mengganti oli mesin

Saat hendak mengganti oli motor 4 tak, kamu perlu memerhatikan jarak tempuh. Bila jarak tempuh mencapai 200-500 km, maka kamu perlu mengganti oli motor setiap 1,5 bulan. Sedangkan jarak tempuh di atas 500 km memerlukan penggantian oli satu bulan sekali. Namun, bila kamu menempuh jarak 200 km dalam sehari, maka kamu harus mengganti oli lebih sering menjadi dua minggu sekali.

 

8. Memanaskan mesin motor

Sebelum mengendarai motor 4 tak, lebih baik kamu memanaskan mesinnya terlebih dahulu. Hal ini untuk menjamin seluruh komponen mesin motor terlumasi oleh oli untuk menggerakkan komponen di mesin bakar. Nggak perlu lama kok. Kamu cuma butuh waktu 1-2 menit.

 

Artikel Terkait: Memakai laptop sesuai kebutuhan.

  1. Rekomendasi Laptop Untuk Anak Kuliahan Sesuai Dengan Jurusan Kuliah
  2. Aplikasi Wajib Supaya Laptopmu Tetap Optimal Digunakan
  3. Mau Hemat Beli Laptop? Ingat Dulu 5 Hal Berikut

 

Kendaraan seperti motor 4 tak cukup penting dalam mendukung mobilitas sehari-hari. Apakah itu pergi ke kantor atau kuliah ataupun pergi kencan dengan pacar. Kalau motor nggak berfungsi dengan baik, tentu kegiatan kamu bakal berantakan atau nggak sesuai jadwal. Karena itu rajin-rajinlah merawat motor 4 tak yang kamu miliki seperti tips di atas.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett