Beranda > Gaya Hidup > Belum Move On Libur? Ini 5 Tips Libur Hemat Pasca-Lebaran untuk Lanjut Liburan!

Belum Move On Libur? Ini 5 Tips Libur Hemat Pasca-Lebaran untuk Lanjut Liburan!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Belum Move On Libur? Ini 5 Tips Libur Hemat Pasca-Lebaran untuk Lanjut Liburan!watermark

TUNAIKU.COM – Hari Raya Idulfitri merupakan waktu yang ditunggu-tunggu seluruh umat Islam karena akan merayakan hari kemenangan dengan berkumpul bersama keluarga besar dan kerabat yang merantau dari berbagai daerah. Berbagai kegiatan sudah disusun rapi, mulai dari syawalan hingga reunian.

 

Kamu mungkin belum bisa move on dari liburan tetapi sudah harus masuk kantor lagi. Hal ini disebabkan terlalu sibuk dengan keluarga besar sehingga belum mendapatkan waktu berkualitas untuk liburan. Tenang, kamu masih bisa liburan asal hemat dan masih sesuai budget, lho! Liburan nggak harus selalu mewah dan mahal, tapi yang penting kamu bisa menikmati waktu yang berkualitas, sehingga destinasi dekat pun bukan masalah. Nah, berikut ini ada 5 tips liburan hemat pasca-Lebaran yang bisa kamu sontek. Yuk, simak!

 

1. Pilih destinasi yang dekat

Pepatah ‘gajah di pelupuk mata tak tampak, semut di seberang lautan tampak’ benar adanya. Terkadang apa yang ada di dekat kita malah nggak terlihat karena kita sibuk mencari yang ada di jauh sana. Begitu pula dengan destinasi wisata. Cobalah untuk menelusuri tempat wisata yang ada di sekitar kita, akan ada banyak spot menarik yang bisa kamu jelajahi sembari menghabiskan waktu di akhir pekan. Bisa saja kamu akan menemukan tempat wisata baru yang masih belum terjamah dan banyak dikunjungi orang.

 

Kalau punya dana lebih, kamu bisa berwisata di dalam negeri. Nggak perlu naik pesawat, kamu bisa menggunakan kereta api dan bus sebagai alat transportasi. Ada banyak destinasi di Indonesia yang patut dikunjungi.

 

Artikel Terkait: Tips Menjaga Keuangan Ketika Liburan

  1. 5 Cara Ampuh Agar Nggak Bangkrut Usai Liburan
  2. Sering Liburan, Ini Solusi Hemat dan Cerdas saat Staycation
  3. Butuh Dana Liburan? Nih, Cara Ampuh Menjaga Kondisi Keuangamu Tetap Aman!

 

2. Booking lebih awal

Setelah menentukan tujuan wisata, kamu bisa melakukan riset untuk mengetahui harga-harga yang perlu dibayarkan. Misalnya harga penginapan, harga tiket kereta api, harga makanan di sekitar objek wisata, dan harga tiket masuk tempat wisata.

 

Kamu bisa mem-booking penginapan jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga terbaik, karena biasanya kalau pesan mepet akan mendapatkan harga yang lebih mahal. Kalau mencari penginapan lebih awal, kamu memiliki banyak waktu untuk membandingkan antara penginapan satu dengan penginapan lain yang lebih menarik.

 

3. Liburan singkat

Nggak perlu mengambil durasi lama dalam liburan kali ini, kamu bisa backpacker selama dua hari atau tiga hari saja. Susunlah jadwal dengan kegiatan yang cukup padat agar kamu bisa mengunjungi beberapa destinasi sekaligus dalam satu hari. Tetapkan tujuan wisata yang jaraknya agak dekat agar menghemat waktu perjalanan. Berangkatlah pagi-pagi untuk menghindari kemacetan.

 

Liburan singkat ini juga menghemat jatah cutimu, lho! Kamu bisa mengunakan sisa cutimu untuk liburan di akhir tahun nanti. Berlibur bukan sekadar seberapa lama kamu tinggal di sana, tetapi tentang waktu yang berkualitas untuk membuatmu bahagia kembali.

 

4. Hanya datang ke objek wisata bukan untuk wisata kuliner                   

Nggak bisa dimungkiri bahwa wisata kuliner bakal menyedot pengeluaran yang besar. Nah, liburan kali ini kamu harus bersabar karena diniatkan hanya datang ke objek wisata saja, bukan untuk wisata kuliner. Usahakan untuk mencari tempat makan yang murah agar keuanganmu tetap aman selama liburan, ya!

 

Artikel Terkait: Destinasi Wisata Terbaik

  1. Pecinta Kegiatan Outdoor, Kunjungi 6 Wisata Alam di Purwokerto untuk Libur Lebaran
  2. Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019 Menetapkan 10 Destinasi Wisata Halal Unggulan
  3. Wajib Dicoba! 3 Destinasi Wisata yang Disebut Bali Baru

 

5. Nggak beli oleh-oleh

Liburan tanpa membeli cendera mata dan oleh-oleh memang terasa kurang lengkap. Namun, kalau dihitung-hitung biaya untuk membeli oleh-oleh ini cukup banyak, lho. Kamu tetap bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga, tapi usahakan agar jumlahnya nggak terlalu banyak.

 

Jauhkan diri dari sosial media selama liburan agar teman-temanmu nggak nitip oleh-oleh sehingga pengeluaranmu akan membengkak. Nikmati harimu tanpa gadget agar kamu bisa mendapatkan liburan yang berkualitas.

 

Itulah 5 tips libur hemat pasca-Lebaran untuk  melanjutkan liburan. Sangat mudah dilakukan, bukan?

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

 

CTABARU3

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett