Beranda > Gaya Hidup > Wajib Dicoba! 3 Destinasi Wisata yang Disebut Bali Baru

Wajib Dicoba! 3 Destinasi Wisata yang Disebut Bali Baru

dhandyDhandy
Wajib Dicoba! 3 Destinasi Wisata yang Disebut Bali Baruwatermark

TUNAIKU.COM – Semua orang pasti pernah merasakan jenuh dengan aktivitasnya sehari-hari. Mulai dari bangun pagi, berangkat ke tempat kerja, lalu pulang ke rumah di malam hari. Aktivitas tersebut bahkan selalu diulang-ulang selama 5 hari dalam seminggu, kalau nggak ada hari libur ya. Pasti bikin jenuh, kan?

 

Mungkin kamu butuh sebuah refreshment, agar hidupmu tidak terlalu membosankan. Salah satunya adalah liburan. Mungkin ini adalah saat yang tepat untuk kamu rehat sejenak dari segala aktivitasmu untuk berlibur ke suatu tempat. Tapi, kemana ya?

 

Tahukah kamu? Kementerian Pariwisata Republik Indonesia telah mengumumkan sejumlah destinasi prioritas terbaru, yaitu “10 Bali Baru”. Bukan berarti ada 10 Bali tiruan ya, tapi maksudnya adalah pemerintah telah menetapkan 10 destinasi wisata di tempat lain yang dijadikan sebagai agenda prioritas. Hal tersebut bertujuan supaya 10 destinasi itu bisa menjadi primadona seperti Pulau Dewata.

 

Dimana saja sih 10 Bali Baru itu? Antara lain, Danau Toba, Tanjung Kelayang, Pulau Seribu, Candi Borobudur, Mandalika, Gunung Bromo, Wakatobi, Labuan Bajo, dan Morotai.

 

Semua tempat tersebut bisa kamu jadikan sebagai rekomendasi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di tahun 2019 ini. Kali ini, khusus akan membahas 3 dari 10 destinasi prioritas yang sekaligus menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di bidang pariwisata. Setelah baca artikel ini, kamu pasti bakal kepingin datang kesana!

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Tempat Wisata Impian Buat Kamu!

  1. 7 Destinasi Wisata Impian yang Layak Dikunjungi di 2019
  2. 10 Destinasi Wisata Murah Luar Negeri yang Seru Dikunjungi Tahun 2019
  3. Kilas Balik 2018, Ini 10 Tempat Wisata di Indonesia yang Paling Digemari!

 

1. Tanjung Kelayang

 

kelayang

Tanjung kelayang adalah pantai yang terletak di Tanjung Pandan, Bangka Belitung. Pantai ini terletak di Kecamatan Sijuk sekitar 27 kilometer dari Kota Tanjung Pandan. Pantai yang terletak di pesisir Sumatera ini memiliki ciri khas yaitu terdapat batu granit raksasa yang mirip dengan kepala burung garuda.

 

Salah satu keistimewaannya adalah pantai Tanjung Kelayang ini juga ditetapkan pemerintah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di bidang pariwisata. KEK Tanjung Kelayang dengan lahan seluas 324,4 hektare merupakan KEK ke-9 yang ditetapkan pemerintah sampai tahun 2016. Selain itu, pantai ini setiap tahun juga menjadi tempat singgah kapal-kapal Yacht yang mengikuti Rally Sail di Indonesia.

 

kelayang1

Nama kelayang sendiri diambil dari salah satu jenis burung di Pulau Belitung. Jangan salah, pantai Tanjung Kelayang berbeda dengan pantai yang ada di film Laskar Pelangi, yaitu pantai Tanjung Tinggi. Meskipun letak kedua pantai tersebut tidak terlalu jauh jaraknya.

 

Pantai Tanjung Kelayang memiliki laut yang berair biru kehijauan, bergelombang tenang dengan pasir pantai yang putih dan halus. Karena itu, pantai ini juga menjadi tempat berenang yang menyenangkan dan cukup aman. Perlu dicoba nih!

 

2. Mandalika

 

mandalika

Mandalika adalah suatu kawasan wisata yang terletak di bagian selatan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mandalika menawarkan wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau. Seperti yang dilansir dari Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus Republik Indonesia, Mandalika ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata pada tahun 2014.

 

Mandalika berasal dari nama seorang tokoh legenda, yaitu Putri Mandalika yang dikenal dengan parasnya yang cantik. Menariknya adalah setiap tahun terdapat acara perayaan Upacara Bau Nyale, yaitu ritual mencari cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Perayaan ini merupakan budaya unik dan mampu menarik wisatawan baik lokal maupun internasional.

 

Kawasan wisata Mandalika masih menawarkan suasana alam asli yang belum banyak terjamah. Wilayah ini memiliki hamparan pasir putih nan lembut di seluruh pesisir pantainya yang luas. Ada beberapa pantai yang termasuk dalam kawasan wisata Mandalika, antara lain Pantai Kuta Mandalika, Pantai Seger, Pantai Serenting, Putri Nyale, Pantai Tanjung Aan dan Pantai Gerupuk.

 

Satu fakta terbaru adalah, Mandalika akan membuat sebuah sirkuit yang akan digunakan sebagai tempat digelarnya MotoGP pada tahun 2021. Sirkuit Mandalika akan menggelar MotoGP selama 3 tahun sesuai kesepakatan dengan promotor MotoGP. Wah keren ya!

 

Artikel Terkait: Buat Kamu Pecinta Otomotif, Coba Baca Ini!

  1. Referensi Pameran Otomotif di Jakarta Ajang Banjir Diskon
  2. Benarkah Menyalakan AC Saat Mobil Baru Hidup Dapat Mengeluarkan Zat Beracun?
  3. Ini Alasan Kamu Nggak Boleh Memanaskan Mobil Terlalu Lama

 

3. Morotai

 

Air-Terjun-Leo-leo

Morotai adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Maluku Utara. Pulau ini terletak di sisi terluar timur laut Indonesia yang dekat dengan negara-negara ASEAN dan Asia Timur. Pulau ini memiliki luas area sebesar 1.101,76 Ha.

 

Pulau Morotai menawarkan wisata bahari dengan keindahan pantai dan bawah laut yang luar biasa. Hamparan pasir putih yang halus, air laut yang jernih serta terumbu karang yang indah juga merupakan daya tarik dari Pulau Morotai.

 

mor

Selain itu, Pulau Morotai juga memberikan nuansa sejarah sebagai daya tarik wisatawan. Berada di tengah Samudera Pasifik, Pulau Morotai dahulu merupakan salah satu basis militer pada Perang Dunia II yang kini peninggalan sejarahnya masih bisa kita lihat.

 

Destinasi wisata yang bisa kita kunjungi wilayah Pulau Morotai antara lain, Pulau Sumsum, Pulau Ngelengele, Pulau Dodola, Air terjun Leo-leo, berselancar di Tanjung Sopi, serta Museum Trikota dan Perang Dunia II. Semua destinasi wisata tersebut memiliki pesona pantai yang indah dan nilai sejarah yang beragam. Menarik sekali kan?

 

3 destinasi wisata tadi bisa menjadi referensi kamu untuk pergi berlibur. Tidak ada salahnya untuk menyempatkan waktu untuk menghibur diri sendiri. Toh, kamu juga yang akan menikmatinya! Selamat mencoba, ya!

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett