Beranda > Gaya Hidup > Konsumsi Buah-buahan Ini Supaya Kolesterolmu Turun

Konsumsi Buah-buahan Ini Supaya Kolesterolmu Turun

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
Konsumsi Buah-buahan Ini Supaya Kolesterolmu Turunwatermark

TUNAIKU.COM – Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kolesterol. Salah satunya adalah dengan mengatur pola makan sehat dan mengonsumi buah-buahan penurun kolesterol.

 

Ya, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan segar untuk menurunkan kolesterol secara alami, meski prosesnya berlangsung sedikit lebih lambat dibanding obat penurun kolesterol, namun mengonsumsi buah akan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan karena lebih aman dan tentunya tanpa efek samping.

 

Lantas, buah apa saja yang bisa kamu gunakan untuk menurunkan kolesterol jahat? Berikut akan saya rangkumkan untuk kamu!

 

Artikel terkait: informasi kesehatan lainnya

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pekerja Millenial

Yuk, Lakukan Kegiatan Ini, Tanpa Disadari Seperti Berolahraga!

Ragam Olahraga yang Bisa Pekerja Kantoran Lakukan Sembari Bekerja

 

1. Alpukat

Selama ini ada anggapan kalau alpukat mengandung banyak lemak dan nggak baik untuk kesehatan. Alpukat memang banyak mengandung lemak, yakni sekitar 16 persen. Tapi, lemak yang terdapat dalam alpukat adalah lemak yang menyehatkan, sebab 63% penyusunnya merupakan asam lemak tak jenuh, terutama jenis asam lemak tak jenuh tunggal.

 

Lemak tak jenuh itulah yang kemudian berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri oleh penumpukan kolesterol jahat (LDL – low density lipoprotein).

 

Dengan kata lain, konsumsi buah alpukat justru akan membantumu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

 

Selain sebagai berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, alpukat juga sangat dianjurkan bagi penderita diabetes, sebab mengandung banyak serat dan omega-9. Omega-9 dan serat inilah yang akan menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap rendah.

 

2. Tomat

Selain Alpukat, tomat juga termasuk dalam daftar buah-buahan penurun kolesterol yang paling ampuh. Bahkan, riset dari jurnal Maturitas menyebutkan, tomat yang sudah dimasak hampir sama berkhasiat dengan obat kimia penurun kolesterol seperti statin (obat gangguan jantung).

 

Selain itu, tomat ini nggak memiliki efek samping seperti misalnya lemas, sakit otot, dan bahkan kerusakan saraf, lho.

 

Rahasia khasiat tomat ini terdapat pada senyawa likopen pemberi warna merah pada tomat matang. Likopen merupakan antioksidan penting yang berfungsi untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Selain likopen, di dalam tomat juga terkandung vitamin B dan kalium yang mampu menurunkan kolesterol serta tekanan darah tinggi.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tanpa agunan,pinjaman tanpa jaminan, pinjaman mudah dan cepat, buah penurun kolesterol, amar bank indonesia

3. Jeruk nipis

Buah yang satu ini memang jarang sekali dikonsumsi secara langsung. Tapi tahukah kamu, jeruk nipis juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol karena memiliki kandungan senyawa flavonoid, senyawa ini berkhasiat menurunkan tingkat produksi kolesterol LDL.

 

Dengan kata lain, secara otomatis juga akan mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Selain jeruk nipis, flavonoid ini sebenarnya juga banyak ditemui pada kedelai, tomat, teh, delima, brokoli, serta bawang merah dan bombay.

 

Kamu bisa menikmati jeruk nipis dengan mengirisnya tipis-tipis dan menyeduhnya dalam gelas berisi air panas selama 30 menit. Untuk mendapatkan khasiat terbai, sebaiknya diminum sehari dua kali, pagi dan malam.

 

4. Semangka

Siapa yang nggak kenal buah segar satu ini, selain ampuh menghilangkan dahaga seketika, ternyata semangka juga termasuk dalam keluarga buah-buahan penurun kolesterol, lho. Sebab, semangka juga mengandung likopen, sama halnya dengan tomat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

 

Artiket terkait: Yuk terapkan gaya hidup sehat

  1. Yuk, Perbaiki 5 Hal Ini Agar Tidak Merasa Jompo di Usia Muda
  2. Sebagai Pekerja, Kenapa Kita Merasa Selalu Sibuk dan Tak Punya Waktu untuk Santai?
  3. Ragam Olahraga yang Bisa Pekerja Kantoran Lakukan Sembari Bekerja

 

5. Apel

Kalau buah yang satu ini tentu kamu paling suka. Selain enak, buah ini juga sangat  terkenal menyehatkan. Tahukah kamu? Apel ternyata juga merupakan salah satu buah penurun kolesterol. Kandungan zat beta-glucan yang terdapat di dalamnya berperanan untuk mengontrol produksi kolesterol.

 

Selain itu, apel juga berfungsi sebagai sumber serat larut yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol serta mencegah arteri mengeras. Lebih lanjut, apel juga bisa melindungi tubuh terhadap risiko serangan jantung dan stroke.

 

Selain bisa dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk juga, apel juga bisa dibuat cuka. Secara rutin mengonsumsi cuka apel akan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

 

Nah sebenarnya gampang kan untuk menurunkan kolesterolmu. Selain nikmat, buah-buahan tadi juga menyehatkan dan membantu menurunkan kadar kolesterolmu.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett